Ciptakan Generasi Muda Yang Unggul Dengan Growth Mindset

Ciptakan Generasi Muda Yang Unggul Dengan Growth Mindset

Ketua Karang Taruna Desa Ciburayut pada saat membentuk growth mindset pada anak-anak | Sumber : Dokumentasi Pribadi Belgi Alhuda

#JadiKontributorJadiInspirator #SobatHebatIndonesiaBaik #BerbagiMenginspirasi 

Hey, SohIB! Tentunya kita semua menginginkan agar masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda Indonesia memiliki mentalitas yang unggul dan produktif sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan 'Generasi Emas'.

Untuk mewujudkan itu semua, perlu adanya "Growth Mindset"! SohIB tahu tidak, apa yang dimaksud dengan istilah ini?

Growth Mindset adalah pola pikir berkembang yang ada pada diri manusia, yang dengan adanya hal tersebut, dapat membuat kehidupan menjadi lebih maju atau justru sebaliknya.

Pemikiran ini melihat bakat dan kecerdasan dapat berkembang dari waktu ke waktu. Namun, adapula yang menganggap bahwa kecerdasan dan bakat akan meningkat dengan usaha dan tindakan.

Berikut adalah contoh dari growth mindset:

  1. Semangat belajar terus-menerus.
  2. Percaya diri untuk meningkatkan kecerdasan.
  3. Berusaha lebih keras dalam belajar.
  4. Memiliki rasa percaya diri untuk mengasah penguasaan dan kemampuan.
  5. Mempercayai kegagalan sebagai kemunduran sementara.
  6. Mencari sumber informasi untuk melihat umpan balik.
  7. Bersedia menerima tantangan.
Menanamkan growth mindset dengan melestarikan kearifan lokal | Sumber : Dokumentasi pribadi Belgi Alhuda

Perlu diketahui, salah satu alasan mengapa memiliki growth mindset itu sangat penting, karena hal tersebut dapat mendorong seseorang menjadi lebih kreatif. Gagasan ini dapat membuat seseorang terpacu untuk terus mengembangkan bakat dan prestasi diri untuk menghasilkan karya-karya terbaik.

Seiring berjalannya waktu, dunia akan terus mengalami perubahan. Maka dari itu, kita sebagai manusia dituntut untuk mempunyai pola pikir yang berkembang. Ketika memiliki mindset yang hanya diam di tempat saja, resiko mengambil kegagalan dalam meraih kesejahteraan hidup pun akan semakin meningkat.

Growth Mindset adalah pola pikir atau keyakinan bahwa kemampuan dasar yang dimiliki dapat berkembang dan ditingkatkan melalui dedikasi dan kerja keras. Hal in sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan terbesarnya, entah dalam lingkungan pekerjaan maupun hubungan. 

Cobalah untuk memilih salah satu dari dua pertanyaan di bawah ini untuk mengetahui apakah SohIB memiliki pola pikir berkembang!

  1. Apakah keterampilan dan kemampuan yang SohIB punya saat ini sudah tertanam sejak lahir dan akan bertahan seumur hidup?
  2. Menurutmu keterampilan, kemampuan, dan kecerdasan tidak datang begitu saja atau merupakan sesuatu yang dapat dipelajari atau diusahakan?

Jika menjawab "ya" untuk pertanyaan pertama, maka dapat dikatakan bahwa SohIB memiliki pola pikir tetap. Namun, apabila menjawab "ya" untuk pertanyaan yang kedua, maka secara tidak langsung growth mindset sudah tertanam dalam diri SohIB.

Pola pikir berkembang adalah salah satu hal penting yang harus diterapkan dalam kehidupan. Ketika mempunyai pola pikir seperti ini, SohIB akan jauh lebih dapat menikmati tantangan dan siap menghadapi kenyataan dalam hidup.

Selain itu, growth mindset dapat membuat SohIB lebih menghargai proses.Pemikiran ini juga mempermudah dalam mengembangkan keterampilan baru serta dapat membantu untuk mencapai tujuan hidup.

Sementara bagi orang yang mempunyai fixed mindset, mereka akan mengalami kesulitan dalam mengembangkannya. Mereka akan merasa aman di comfort zone-nya, tidak suka menerima tantangan, dan mudah menyerah. Hal tersebut dikarenakan orang-orang ini melihat upaya yang dilakukan akan tetap sia-sia dan menangkap feedback sebagai sesuatu yang negatif. Meski begitu, bukan berarti pola pikir kita tidak bisa diubah, ya! Selalu ada jalan ketika kamu mau mencoba, kok!

Permainan tradisional dapat mengasah kreativitas dan membentuk growth mindset | Sumber : Dokumentasi pribadi Belgi Alhuda 

Berikut tips yang dapat diterapkan untuk mengembangkan growth mindset!

  1. Kita harus mengakui ketidaksempurnaan yang dimiliki.
  2. Berani menghadapi tantangan.
  3. Memperhatikan pikiran dan ucapan.
  4. Harus berani untuk memulai dan berhenti menunggu persetujuan orang lain.
  5. Memperkuat kelebihan yang dimiliki dan memperbaiki kelemahan.
  6. Dapat menerima kritikan dengan terbuka.
  7. Menghargai sebuah proses.
  8. Dapat belajar dari kesalahan orang lain.

Dengan manfaat serta pentingnya memiliki growth mindset, semoga dapat menjadikan generasi muda Indonesia yang aktif, produktif, dan berdaya saing di tengah derasnya 'pembangunan negeri'. Sehingga, peran, ide, dan gagasannya dapat memberikan kontribusi dan menjadikan generasi muda yang merdeka dengan mentalitas unggul serta pola pikir berkembang.

Semangat!