Ciptakan Cigombong Berkeadaban, DKM Masjid Ta'lim Al-Azhim Gandeng Karang Taruna Kecamatan Cigombong Gelar Peringatan Tahun Baru Hijriah

Ciptakan Cigombong Berkeadaban, DKM Masjid Ta'lim Al-Azhim Gandeng Karang Taruna Kecamatan Cigombong Gelar Peringatan Tahun Baru Hijriah

Foto Bersama Panitia (Dokumentasi Pribadi Belgi Alhuda).

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Cigombong - Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Tahun Baru Hijriah 1 Muharam 1444 H, (DKM) Dewan Kemakmuran Masjid Ta'lim Al-Azhim menggelar Do'a bersama akhir tahun, marawis dan Tausiyah, Jum'at (29/7), di halaman Masjid Ta'lim Al-Azhim, Cigombong - Bogor.

Di temui di sela-sela kegiatan, pengurus DKM Masjid Jami Al-Azhim, Dede M. Isnaeni mengatakan bahwasanya di Masjid Jami Al-Azhim sendiri merupakan kegiatan perdana menggelar kegiatan ini. Pengurus DKM Masjid Jami Al-Azhim, kini memiliki kepengurusan baru yang kurang lebih baru berjalan tiga bulan, semoga kegiatan ini dapat menjadi acuan kami untuk lebih termotivasi kedepannya, baik dari sisi kebersihan masjid, pelayanan kepada para jama'ah masjid atau'pun dalam menggelar kegiatan PHBI dan PHBN lainnya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Karang Taruna Menyediakan Logistik Bagi Para Jemaah
( Dokumentasi Pribadi Belgi Alhuda) 

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dengan berbagai lembaga yang ada di Kecamatan Cigombong, tak lupa, aktivitas ini juga dibantu oleh teman-teman Universitas Pakuan, Universitas Juanda, dan UNISIA yang kebetulan sedang melaksanakan Program KKN di Desa se-Kecamatan Cigombong.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Karang Taruna Kecamatan Cigombong yang telah dapat membantu mensukseskan kegiatan ini, terlebih kami meminta agar membantu mensosialisakan kepada masyarakat yang melakukan kegiatan Pawai agar diarahkan dan mengawal dalam perjalanan agar aman dan memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan, selanjutnya diarahkan untuk datang ke Masjid Ta'lim Al-Azhim agar dapat membersamai Do'a bersama dan mendengarkan Tausiyah," terang Dede di sela wawancaranya.

"Pada dasarnya, di Masjid Ta'lim Al-Azhim sendiri tidak menggelar kegiatan Pawai, akan tetapi kami memfasilitasi tempat bagi masyarakat atau-pun Pondok Pesantren yang ada di Kecamatan Cigombong yang menggelar kegiatan Pawai agar dapat menjadikan Masjid Ta'lim Al-Azhim sebagai titik berkumpul atau titik akhir, sebagaimana fungsi Masjid Ta'lim Al-Azhim yang terbuka untuk umum agar dapat lebih berperan dalam hal keagamaan di tengah-tengah masyarakat dan Masjid Ta'lim Al-Azhim sebagai salah satu sarana keagamaan yang menjadi titik Central yang ada di Kecamatan Cigombong," tambahnya lagi. 

Suasana di Masjid Ta'lim Al-Azhim
(Dokumentasi Pribadi Belgi Alhuda) 

Ditemui di tempat yang sama, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cigombong, Rudy Hendarsyah mengucapkan terima kasih kepada DKM Masjid Ta'lim Al-Azhim karena telah menggelar kegiatan ini dan dapat melibatkan Karang Taruna Kecamatan Cigombong. Kerjasama ini dapat menjadi langkah untuk menjalin sinergitas dan kolaborasi di bidang Kerohanian, tak hanya itu dengan keterlibatan berbagai lembaga dapat menjadikan Kecamatan Cigombong yang dapat memberikan kontribusi yang nyata demi terwujudnya upaya Kesejahteraan Sosial di masyarakat. 

Dalam kesempatannya, beliau berharap kepada para Jama'ah yang akan hadir agar selalu memperhatikan protokol kesehatan dan menjaga ketertiban agar tidak sampai mengganggu lalu lintas umum demi menjaga Kecamatan Cigombong yang kita cintai ini.

DKM Masjid Ta'lim Al-Azhim dan Karang Taruna dalam kegiatan rapat pemantapan kegiatan
(Dokumentasi Pribadi Belgi Alhuda) 

Senada dengan Ketua Karang Taruna, Mulyadi atau yang biasa disapa Kang Yayak, selaku Divisi Kerohanian dan Pembinaan Mental Karang Taruna Kecamatan Cigombong, mengucapkan terima kasih kepada Pengurus DKM Masjid Ta'lim Al-Azhim, karena telah melibatkan kami untuk ambil bagian dan dilibatkan sebagai Panitia untuk ambil perananan di Hari Besar Keagamaan ini. 

Semoga kedepan dapat terus menjalin komunikasi dan hubungan baik, terlebih dari bidang Kerohanian agar dapat bersama-sama memberikan dampak terhadap Masyarakat khususnya dalam bidang pembinaan mental, baik itu Tausiyah / siraman rohani atau-pun kita dapat menggelar kegiatan mengaji bersama dengan memanfaatkan Masjid Ta'lim Al-Azhim yang menjadi kebanggaan Warga Cigombong ini.

Mulyadi menanggapi bahwa Memperingati Hari Tahun Baru Hijriah merupakan wujud syukur dan kegembiraan umat muslim dalam menghormati sejarah Umat Islam, "Mari kita sambut dengan sukacita atas kebesaran Allah SWT yang telah menurunkan Nabi Muhammad SAW ke muka bumi dalam memberikan pengajaran agama bagi umat muslim, jadikan kegiatan perayaan ini sebagai suatu bentuk rasa syukur dan sebagai bagian pengingat agar kita tidak melupakan sejarah Islam."

Di samping itu, Bapak Raden Erwin Irawan Somantri, selaku Camat Cigombong, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kecamatan Cigombong mendukung kegiatan positif dikalangan masyarakat, terlebih kegiatan keagamaan dan jadikan kegiatan perayaan ini sebagai wujud syukur kita akan nikmat Iman dan nikmat Islam.

Tak lupa, beliau berpesan agar selalu memperhatikan protokol kesehatan, adapun kegiatan keagamaan ini seiring-sejalan dengan upaya mendukung visi Pemerintah Kabupaten Bogor dengan Pancakarsa, yakni Karsa Bogor Berkeadaban.

Camat Cigombong pada saat memberikan sambutan (Dokumentasi Pribadi Belgi Alhuda) 

"Selain itu, bapak camat juga memberikan beberapa hadiah bagi para jama'ah yang dapat menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan, sebagai bagian dari challenge dan upaya menghibur warga masyarakat Cigombong yang hadir," tutup Belgi.