4 Challenge Produktif di Tahun Baru, Berani Terima Tantangan?

4 Challenge Produktif di Tahun Baru, Berani Terima Tantangan?

Siap menantang diri dengan 4 hal keren yang satu ini? | Sumber: Unsplash (Juan Jose)

Masih dalam suasana tahun baru, tentunya SohIB sudah mulai mempersiapkan diri dengan menyusun rencana apa saja yang ingin diwujudkan dan dilakukan pada tahun 2023, bukan? Membuat resolusi memang terbilang jauh lebih mudah ketimbang menjaga diri agar senantiasa konsisten untuk meraihnya dan mendapatkan hasil terbaik.

Namun, apabila kamu masih ingin mencari tantangan seru nan produktif di 2023 ke depan, yuk, simak dulu artikel berikut ini! 4 challenge menarik di bawah ini cukup populer di masa lalu. Kamu bisa ikuti kembali dan siapa tahu, dapat menjadi new habit yang baik untuk dipertahankan. Ingat, nggak semua challenge yang pernah viral itu hanya sebatas hiburan dan tidak bermanfaat! So, are you ready?

Baca juga: Kebiasan Baik yang Menunjang Skill Menulis

#NoMakeUpChallenge

#NoMakeUpChallenge menjadi sangat viral sekitar tahun 2016-2017 dan sudah diikuti lebih dari 80 juta orang, khususnya wanita di dunia. Dalam tantangan ini, kamu harus berani tampil di keseharian, apa adanya tanpa menggunakan make up apapun di wajahmu.

Challenge tersebut menyiratkan pesan bahwa kita harus bersyukur dengan pemberian Tuhan dan setiap orang akan selalu cantik, meski tanpa polesan riasan sekalipun. Banyak yang merasa lebih percaya diri dan mencintai diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan tantangan yang biasanya berlangsung untuk satu hari sampai satu minggu tersebut. 

#30dayswritingchallenge

Tantangan yang satu ini sempat ramai di Instagram yang notabene merupakan media sosial yang menampilkan foto, video, dan tulisan. #30dayswritingchallenge mengajak para challenger untuk menulis selama 30 hari berturut-turut atau satu bulan lamanya dengan template tema tulisan yang sudah disediakan.

Sebagai contoh, di hari pertama harus menulis dengan isi deskripsi diri, hari kedua tentang tempat favorit, hari ketiga adalah pengalaman yang tidak terlupakan, dan masih banyak lagi. Intinya, kamu sama saja sedang dibiasakan untuk journaling.

Kegiatan menulis memang disebut-sebut menjadi aktivitas produktif yang direkomendasikan dan bahkan menjadi kebiasaan para orang sukses. Dengan journaling, kamu nggak hanya akan merasa lebih jujur dalam mengungkapkan perasaan lewat tulisan, tetapi juga mengasah kemampuan menulis.

Btw, meskipun terdengar mudah, nyatanya banyak orang yang gagal dalam menjaga konsistensinya ketika menulis selama satu bulan setiap hari. Namun, bagi yang telah berhasil menyelesaikan misi, biasanya akan terus melanjutkan kebiasaan journaling tersebut sebagai new habit.

#30DaysOfHappiness

Banyak di antara kita yang apabila ditanya hal apa yang menyenangkan, akan merasa kesulitan mencari jawabannya setelah menyebutkan beberapa poin saja. Banyak juga yang bilang, semakin dewasa seseorang, maka akan semakin sulit untuk menemukan sesuatu yang membahagiakan. Sebab, usia-usia tersebut dianggap “sudah berhenti” mencari kesenangan dan lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan.

Seperti namanya, di sini kita akan diberikan tantangan untuk melakukan 30 hal yang membuat kita bahagia selama 30 hari. Tujuan dibuatnya challenge tersebut adalah agar pengikutnya merasa lebih bersyukur, termotivasi, bahagia, dan berpikir positif dalam menjalani kehidupan.

#30DaysOfHappiness juga mempunyai daftar panjang dengan 30 kegiatan yang akan kita lakukan setiap hari demi mencari kesenangan dan pemahaman diri. Tentunya, kamu akan semakin produktif juga! Aktivitasnya seru-seru banget, lo, seperti mendengarkan lagu kesukaan, menanam tanaman, membelikan hadiah untuk orang yang disayangi, dan 15 menit berolahraga. Tertarik mencoba?

Baca juga: 6 Faktor Kebahagiaan Karyawan, Bener Nggak?

Gerakan 10.000 Langkah Setiap Hari

Jika SohIB memperhatikan, sebuah iklan susu komersial di televisi pernah mengadakan program jalan kaki 10.000 langkah bersama. Rupanya, ajakan tersebut menjadi “sihir” tersendiri bagi mereka yang ingin menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Kita diminta untuk mengurangi aktivitas yang lebih banyak duduk atau berbaring dan lebih aktif berjalan kaki setiap harinya. Banyak pakar kesehatan yang menyarankan masyarakat untuk jalan kaki minimal sebanyak 5000-6000 langkah selama 24 jam.

Namun, apabila kamu berhasil menerapkan gerak aktif hingga mencapai lebih dari standar yang disarankan, harapannya upaya tersebut akan menghasilkan lebih banyak manfaat. Catatan penting yang dapat kamu ingat adalah sesuaikan dengan kemampuan diri dan jangan memaksa apabila belum kuat.

Berjalan kaki selama 30 menit bisa membakar kalori lebih dari 100 Kkal, tergantung usia, berat badan, dan intensitas berjalannya. Akan tetapi, efek baik lainnya yang bisa dirasakan adalah tubuh menjadi lebih bugar, pikiran fresh, melancarkan sirkulasi darah, dan menambah kekuatan otot.

So, dari keempat challenge di atas, mana nih, yang paling menginspirasimu dan ingin segera diikuti? Komentar di bawah ya, jika kamu sudah punya pengalaman dengan tantangan-tantangan tersebut!

Baca juga: Mengenal Mindfulness, Agar Hidup Lebih Positif!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)