Cara Update PeduliLindungi ke SATUSEHAT Mobile

Cara Update PeduliLindungi ke SATUSEHAT Mobile

Tampak depan dashboard utama SATUSEHAT | Sumber: Dokumentasi SohIB

Seiring dengan dilonggarkannya peraturan-peraturan pemerintah terhadap pandemi COVID-19 yang telah mereda, aplikasi PeduliLindungi kini secara resmi mengganti namanya menjadi SATUSEHAT. Pengumuman ini sudah disebarluaskan mulai 1 Maret 2023. Adapun manfaatnya nanti akan menjadi semakin luas di berbagai bidang kesehatan lainnya.

Sebagai informasi, di masa pandemi COVID-19 kemarin, pemerintah Indonesia meluncurkan aplikasi PeduliLindungi dalam rangka melacak dan menghentikan penyebaran virus corona di tengah masyarakat. Di dalamnya, kita bisa mendapatkan sertifikat vaksin (bagi yang sudah divaksin), status keamanan terhadap COVID-19 pada kota yang dituju, hingga informasi hasil tes (swab dan antigen) yang kita lakukan.

Cara Membuat KTP Digital, Mudah dan Cepat

Cara Meng-update PeduliLindungi Versi Terbaru

Jika SohIB membuka aplikasi PeduliLindungi versi lama, prosesnya akan terhenti sampai di bagian depan saja, yakni tulisan PeduliLindungi, logo-logo institut yang menaungi, dan berlayar putih. Itu artinya, kamu harus segera memperbarui perangkat lunak tersebut agar dapat membuka dashboard utama dan memanfaatkan layanannya. Berikut adalah langkahnya!

  1. Pastikan SohIB telah memiliki layanan PeduliLindungi pada smartphone bersistem IOS atau Android. Namun, apabila sudah terlanjur dihapus, kamu bisa segera menemukannya di Google Play atau App Store;
  2. Bukalah Google Play atau App Store, ketikkan kata kunci “PeduliLindungi” atau “SATUSEHAT”. Keduanya sama-sama akan merujuk pada aplikasi terbarunya, yakni SATUSEHAT;
  3. Klik tombol “Update” untuk yang memperbarui software dan “Download” bagi yang akan mengunduh baru;
  4. Setelah ter-install, buka aplikasi SATUSEHAT;
  5. Masuk ke dalam akun menggunakan nomor HP atau e-mail yang biasa kamu gunakan ketika masuk ke PeduliLindungi;
  6. Centang bagian Term and Condition;
  7. Aplikasi SATUSEHAT sudah bisa digunakan.

Sebagai catatan, perangkat lunak yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan RI ini akan meminta persetujuan kita untuk bisa mengakses lokasimu setiap aplikasi ini sedang digunakan.

4 Penyebab PHK menurut Peraturan Pemerintah Terbaru, Sudah Tahu?

Apa yang Baru di SATUSEHAT?

Secara tampilan, software ini bisa dikatakan sangat segar dan lebih simpel, guys. Didominasi warna putih, hijau toska, dan biru, SATUSEHAT didesain lebih menarik dan mudah digunakan bagi pengguna awam sekalipun.

Pada bagian layar utama, kamu akan menjumpai kolom untuk check-in di ruang publik. Kemudian, di bawahnya, terdapat 5 pilihan fitur utama, yakni Resume Medis, Vaksin dan Imunisasi, Hasil Tes COVID-19, Cari Rawat Inap, dan Pelayanan Kesehatan. Lihat detailnya, yuk!

Resume Medis

Di sini, SohIB bisa mendapatkan informasi penting seputar semua hasil tes yang sudah kita lakukan di fasilitas kesehatan terintegrasi, pemantauan penanganan di faskes, dan mengetahui penanganan lanjutan dari rekam medis kita.

Btw, kamu dapat melihat daftar fasilitas kesehatan terdekat di jangkauan lokasimu dengan menekan tulisan “Lihat Daftar Fasilitas Kesehatan” berwarna biru di kolom paling bawah. Namun, untuk memunculkan informasi detailnya, SohIB harus sudah memiliki akun pada portal FASKES SATUSEHAT, ya!

Vaksin dan Imunisasi

Fitur kedua ini akan menampilkan riwayat dan sertifikat vaksin COVID dan non-COVID, pengecekan tiket vaksin, vaksin non-Indonesia, dan verifikasi sertifikat vaksin COVID-19 dengan format EU.

Hasil Tes COVID-19

Memaparkan riwayat hasil tes COVID-19 yang sudah kita lakukan. SohIB harus memastikan bahwa tempat kamu mengambil sampel adalah lab yang sudah berafiliasi dengan Kemenkes.

Cari Rawat Inap

Fitur ini akan sangat berguna bagi kamu yang perlu membutuhkan informasi mengenai ketersediaan kamar rawat inap di seluruh Indonesia. Tempat tidur disediakan dalam dua jenis, yakni COVID-19 dan Non COVID-19. Kemudian, kita harus mengisi provinsi dan kabupaten/ kota mana yang akan dituju.

Nantinya, setelah pencarian selesai, data akan menampilkan tabel yang berisi nama rumah sakit, alamatnya, kelas perawatan, nama ruangan, jumlah bed yang kosong, dan keterangan kapan informasi ini di-update.

Pelayanan Kesehatan

Mau mencari daftar pelayanan fasilitas kesehatan? Kamu bisa mengandalkan SATUSEHAT. Untuk saat ini, pada fitur kelima tersebut memang baru ada daftar laboratorium pemeriksa PCR dan Antigen. Namun, jangan khawatir, sebab aplikasi ini dalam tahap pengembangan dan akan terus dilengkapi layanannya sampai lengkap.

Cara Klaim BPJS Kesehatan untuk Kacamata, Berikut Panduannya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)