Begini Cara Tetap Produktif di Hari Minggu

Begini Cara Tetap Produktif di Hari Minggu

Sunday Reset | Sumber: Pexels.com @rahulpandit

Beberapa waktu lalu, konten “Sunday Reset” menjadi tren di media sosial TikTok. Video berdurasi singkat tersebut sempat mencuri perhatian sekitar 579 juta pengguna dengan backsound lagu Etta James yang berjudul “Sunday Kind of Love”.

Konsep “Sunday Reset” terbentuk dari persepsi menyiapkan diri agar semakin produktif di hari-hari kerja dengan tidak terganggu oleh aktivitas lain yang belum sempat dikerjakan. Dengan meluangkan waktu di hari libur, SohIB dapat lebih fokus dan tenang untuk bekerja maupun bersekolah.

Dilansir dari Nesswell.com, Dr. Zoe Shaw selaku psikoterapi berlisensi mengatakan ada empat hal yang bisa dilakukan sebagai aktivitas Sunday Reset, sebagaimana berikut ini:

  1. Menjernihkan pikiran dan tubuh dengan melakukan journaling, menargetkan apa yang ingin dicapai selama seminggu, dan olahraga pagi seperti berjalan kaki.
  2. Membersihkan lingkungan sekitar yang berawal dari mengamati kamar perlu disapu, meja kerja yang perlu dirapikan, dan rak buku yang perlu disusun ulang.
  3. Berlaku baik pada diri sendiri dengan merawat diri seperti spa, sauna, dan menipedi agar memperoleh kenyamanan di luar hari biasa.
  4. Merelaksasikan pikiran dengan membaca buku, mendengarkan musik, melukis pemandangan, dan melakukan hobi lainnya.
Piknik untuk relaksasi | Sumber: unsplash.com @svitlana

Sebenarnya, tidak ada aktivitas spesifik yang harus dilakukan di hari Minggu. Akan tetapi, SohIB dapat melakukan beberapa kegiatan yang tidak sempat dilakukan di hari biasa. Berikut rekomendasi aktivitas yang mungkin terlewat di hari biasa dan bisa dikerjakan saat hari Minggu atau hari libur!

1. Berolahraga

Alasan-alasan klasik seperti lembur atau terlalu lelah terkadang mengurangi porsi olahraga di hari biasa. Nah, di waktu libur seperti ini, kamu bisa mengisinya dengan berolahraga, seperti workout, boxing, yoga, pilates, jogging, dan sebagainya.

Aktivitas sederhana ini bermanfaat untuk meningkatkan hormon endorfin dan mengurangi stres karena pekerjaan. SohIB akan merasakan perbedaan luar biasa setelah terbiasa melakukannya.

2. Membeli Persediaan

Persediaan yang dimaksud tidak hanya makanan berupa snack, melainkan juga perlengkapan kebersihan seperti detergen, pewangi, pengharum, kamper, dan sebagainya.

SohIB dapat membeli persediaan tersebut di supermarket, swalayan, atau warung favorit. Persediaan yang telah terpenuhi dapat membantu SohIB lebih fokus pada pekerjaan tanpa perlu sering keluar jika ada yang habis.

3. Perawatan Diri

Self-love bisa dilakukan setiap hari Minggu atau saat hari libur lainnya. Dalam aktivitas perawatan diri ini, biasanya SohIB bisa menghabiskannya dengan berendam di air hangat, membaca buku favorit, atau memakai masker wajah. Dijamin, tubuh akan terasa lebih segar dan siap menghadapi tantangan di keesokan hari.

4. Beres-Beres

Melihat perabot di rumah tersusun rapi ternyata manjur untuk menenangkan pikiran lo, SohIB! Mulailah dari mengganti seprai kasur, mencuci atau memasukkan baju kotor ke penatu, menyapu dan mengepel lantai, serta menaruh barang-barang di tempat seharusnya. Poin plusnya, SohIB bisa saja menemukan barang yang hilang. Kamar pun menjadi bersih dan rapi.

Beres-beres | pexels.com @monstera

5. Buat Rencana Mingguan

Luangkan waktu untuk menyusun beberapa rencana mingguan secara mendetail. SohIB bisa menuliskan beberapa niatan, target, dan prioritas yang digambarkan pada skema proses pencapaian. Buat juga perencanaan untuk beberapa kegiatan yang selanjutnya ingin dicapai.

6. Tidur Lebih Awal

Setelah melakukan berbagai aktivitas di hari Minggu, alangkah baiknya jika kita juga mempunyai jam tidur yang berkualitas. Untuk orang dewasa, biasanya memerlukan durasi istirahat selama 7 hingga 8 jam.

Beristirahat dengan meredupkan lampu dan menjauhkan diri dari kegiatan bermain smartphone selama 2 jam sebelum tidur justru akan membantu kita untuk mencapai jam tidur yang maksimal.

Rekomendasi aktivitas di atas dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dan perencanaan SohIB. Sangat simple, kan? Inti dari konten Sunday Reset adalah mengajak dan me-remind publik untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri dalam menghadapi hari-hari esok.

Alasan Sunday Reset Perlu Dijajal

Membuat perencanaan | pexels.com @karolinagrabowska

Beberapa aktivitas tersebut juga mencantumkan beberapa manfaat Sunday Reset secara tersirat. Biar lebih afdol dan bersemangat menambahkan Sunday Reset di aktivitas mingguanmu, simak beberapa alasan kenapa kamu harus menerapkannya di bawah ini!

Meningkatkan Produktivitas Selama Seminggu

Dilansir dari The Wellnest, sebuah studi menemukan bahwa tingginya tingkat stres dipicu oleh rendahnya tingkat produktivitas. Ahli klinis berlisensi, Nancy Mramor, PhD mengatakan bahwa mempunyai pikiran jernih dan tenang akan lebih produktif menjalani keseharian. Misalnya, jika SohIB sudah punya baju bersih, maka hati akan merasa tenang dan punya banyak waktu menyiapkan hal lain.

Lebih Fokus pada Hal Penting

Melanjutkan contoh di atas, kita juga bisa leih fokus ke urusan yang diprioritaskan, seperti urusan kesehatan dan target pribadi. Seperti kata Dr. Mramor, pikiran yang tidak teralihkan pada pekerjaan rumah tangga menjadi kesempatan spesial untuk mengembangkan diri, fokus bekerja, bersosialisasi, dan membangun relasi.

Mengatasi Kegiatan Menunda-nunda

Ternyata, Sunday Reset juga mampu mengurangi keinginan untuk menunda-nunda pekerjaan, lo! Bagaimana tidak? Dr. Mramor menjelaskan bahwa penundaan merupakan respons stres dan juga bentuk dari penolakan yang menjadi biang kemalasan.

Daripada ditumpuk hingga deadline tiba, lebih baik tugasmu diselesaikan segera diselesaikan daripada membuat lebih cemas dan jatah libur berkurang.

Memperbaiki Waktu Tidur

Nggak sampai di situ aja, Sunday Reset sebenarnya bisa membenahi kembali waktu tidur yang abnormal. Jelas saja, pekerjaan yang menumpuk memicu pikiran menjadi lebih berat dan kalut, sehingga tidak bisa berpikir jernih. Dengan aktivitas Sunday Reset, pikiran terkait pekerjaan rumah tangga lebih terkendali dan tidur makin nyenyak.

Mendorong Diri untuk Mengonsumsi Makanan Sehat

Gaya hidup sehat bisa diterapkan dengan membeli beberapa persediaan makanan sehat pada hari Minggu. Sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang bagus demi memenuhi kebutuhan asupan serat. Plusnya lagi, SohIB dapat menghemat waktu dan tenaga untuk bolak-balik membeli makanan di luar.

Makanan Sehat | Sumber: Usplash.com @brookelark

Menyeimbangkan Kehidupan Sehari-hari

Seperti yang sudah dikatakan di awal, tidak ada salahnya mencoba aktivitas Sunday Reset dengan menyesuaikan kebutuhan SohIB. Aktivitas Sunday Reset juga berguna untuk memberikan space atau break pada diri sendiri dari penatnya pekerjaan. Alangkah baiknya bekerja sambil tetap menikmati waktu senggang dalam menyeimbangkan kebutuhan bagi diri sendiri.

Yuk, awali produktivitasmu secara perlahan dan konsisten! Jangan lupa untuk selalu check akun media sosial Indonesia Baik untuk memenuhi keingintahuan dan memperluas wawasan melalui artikel dari SohIB dan kontributor SohIB.