7 Cara Menjadi Penulis Artikel untuk Pemula, Nggak Cuma Rajin Baca!

7 Cara Menjadi Penulis Artikel untuk Pemula, Nggak Cuma Rajin Baca!

Cara Menjadi Penulis Artikel untuk Pemula | Sumber: Pexels (Buro Millennial)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #MiniBootcampSohIB

Untuk menjadi penulis, kamu tidak bisa hanya mengandalkan keahlian merangkai kata atau hobi membaca buku saja. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, khususnya bagi penulis artikel di sebuah website.

Penulis artikel cukup berbeda dengan novelis ataupun cerpenis. Penulis yang satu ini cenderung membuat tulisan yang relatif singkat, yakni sebanyak 500–1.000 kata per artikel. Hal itu menyesuaikan kebiasaan pembaca di internet yang ingin menemukan informasi secara cepat.

Nah, bagi SohIB yang tertarik menekuni karier ini, penting banget untuk menyimak tujuh cara menjadi penulis artikel untuk pemula di bawah ini. Penasaran? Langsung lanjut baca untuk menemukan informasinya!

1. Bangun Blog Pribadi

Cara Menjadi Penulis Artikel Menulis Blog Pribadi
Kamu bisa mengunggah berbagai macam karya tulismu di blog pribadi. | Sumber: Unsplash (Kenny Eliason)

Cara menjadi penulis artikel pertama adalah dengan membuat blog pribadi. Dahulu, diary sering dijadikan wadah untuk menyalurkan pendapat. Di era modern saat ini, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada sebuah blog.

Bagi seorang penulis, blog pribadi sudah seperti sebuah identitas. Di sana, kamu bisa menampilkan berbagai macam artikel yang pernah kamu tulis. Tidak harus menggunakan domain berbayar, kamu bisa mencoba Blogspot atau WordPress secara gratis.

2. Bekali Diri dengan Ilmu SEO

Menulis artikel di website dan keahlian SEO adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Bagi yang belum tahu, SEO (Search Engine Optimization) secara sederhana dapat dimaknai sebagai teknik mengoptimalkan situs web supaya mudah ditemukan di mesin pencari, seperti Google.

Pastinya, kamu nggak mau, 'kan, sudah capek-capek menulis, tetapi tidak ada yang membaca artikelmu? Untuk itulah, walaupun bukan sebuah kewajiban, pemahaman dalam SEO menjadi nilai plus bagi seorang penulis artikel.

3. Aktif Menjadi Kontributor

Aktif Menjadi Kontributor
Menjadi kontributor membantu artikelmu dibaca banyak orang. | Sumber: Pexels (Andrea Piacquadio)

Cara menjadi penulis artikel selanjutnya ialah dengan mengusahakan diri untuk menulis di berbagai platform. Dengan kata lain, kamu bisa mengirimkan beberapa artikelmu ke media online, seperti sohib.indonesiabaik.id.

Selain mengasah keterampilan, menjadi kontributor di sebuah media juga membantu karyamu dibaca lebih banyak orang. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melibatkan diri dalam program magang yang diselenggarakan perusahaan tertentu.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Kerangka Tulisan Artikel

4. Jangan Ragu untuk Mengikuti Tren

Kemudahan teknologi saat ini sejalan dengan pergerakan arus informasi yang begitu cepat. Tiap detiknya, berita baru ter-update dan topik pun silih-berganti menjadi trending. Nggak heran jika orang zaman sekarang ada yang terkena FOMO alias Fear of Missing Out.

Sederhananya, FOMO adalah rasa takut, bahkan cemas, jika ketinggalan momen terbaru. Sebagai seorang penulis artikel, kamu harus senantiasa mengikuti berita terkini. Pasalnya, hal-hal seperti tren dan kejadian viral bisa dijadikan ide untuk menulis artikel yang menarik.

5. Jalin Relasi Sesama Penulis

Jalin Relasi dengan Sesama Penulis
"Curi" pengetahuan tentang kepenulisan dari penulis lain! | Sumber: Pexels (fauxels)

Tidak ada yang namanya penulis terbaik di dunia ini. Pada dasarnya, setiap manusia adalah pembelajar. Jangan pernah puas dengan pencapaian yang diperoleh.

Oleh karena itu, pastikan untuk bergabung dengan komunitas yang dapat membantu mengembangkan skill menulismu, seperti komunitas SohIB. Tujuannya adalah supaya kamu bisa saling berbagi pengetahuan serta menerima kritik dan saran dari penulis lain.

6. Kumpulkan Penghargaan Sebanyak-banyaknya!

Ikut perlombaan menulis? Kenapa tidak? Namun, jangan pikirkan piala sebagai tujuan utamamu. Ikutilah lomba-lomba menulis dengan tujuan untuk mengasah kemampuan.

Apabila kamu berhasil memenangkan sebuah kompetisi, berbanggalah karena itu artinya tulisanmu memang layak untuk dibaca. Namun, jangan lantas berhenti dan merasa puas, ya! Kembangkan terus potensimu dan ikuti lomba-lomba menulis lainnya.

7. Selalu Merasa Haus Pengetahuan

Cara Menjadi Penulis Artikel Selalu Merasa Haus Pengetahuan
Terus belajar merupakan mindset seorang penulis. | Sumber: Pexels (Ivan Samkov)

Cara menjadi penulis artikel terakhir adalah dengan menjadi seseorang yang haus pengetahuan. Jadikan belajar sebagai mindset yang tertanam dalam pikiranmu. Dalam hal ini, SohIB bisa mengikuti webinar, kelas, atau mini bootcamp untuk belajar lebih dalam tentang dunia kepenulisan.

Bukan hanya mendapatkan ilmu, kamu juga bisa menggali pengalaman dari mentor-mentor berpengalaman. Intinya, jangan ragu mengeluarkan modal beberapa ratus ribu untuk mempelajari sesuatu jika memang dibutuhkan, ya!

Baca Juga: Kebiasaan Baik yang Menunjang Skill Menulis

Nah, itulah tujuh cara menjadi penulis artikel untuk pemula yang bisa kamu praktikkan. Bagi kamu yang memang bercita-cita sebagai penulis artikel, yuk, persiapkan bekal dari sekarang!

Masih ada banyak artikel lain tentang skill development yang bisa kamu temukan di sohib.indonesiabaik.id. Jangan ragu juga untuk menjadi kontributor SohIB karena ada berbagai macam hadiah menarik yang menantimu!

Editor: Fria Sumitro