Cara Mengecek Jadwal Imsakiyah Ramadan 2023, Aplikasi Terbaru Kemenag

Cara Mengecek Jadwal Imsakiyah Ramadan 2023, Aplikasi Terbaru Kemenag

Tampilan depan website Kemenag untuk mengecek jadwal imsakiyah tahun ini | Sumber: Dokumentasi SohIB

Memasuki bulan suci Ramadan, masyarakat mulai menyesuaikan diri lagi demi kelancaran puasa tahun ini. Salah satunya adalah rutin mengecek jadwal imsakiyah. Berasal dari bahasa Arab, “imsak” memiliki arti waktu permulaan bagi umat muslim untuk berhenti makan dari sahur hingga masuk masa subuh. Namun, jika SohIB lihat, di Indonesia sendiri, jadwal imsakiyah yang biasa disebarkan sudah dilengkapi dengan jam berbuka dan jadwal sholat.

Adapun untuk waktunya juga disesuaikan dengan wilayah masing-masing. Sebab, negara kita memiliki tiga perbedaan zona, yaitu WIB, WIT, dan WITA. Setiap daerah pun, meskipun dalam satu zona, bisa berbeda juga pembagian waktu imsakiyahnya. Oleh sebab itu, jika kamu mencari informasi jadwal imsakiyah Ramadan secara online, jangan lupa untuk teliti memperhatikan lokasi diberlakukannya jam tersebut.

Mau Membuat Paspor Online, Ini Tahapannya!

Sayangnya, nggak banyak portal media atau komunitas yang dengan luas menyebarkan jadwal imsakiyah masing-masing tempat. Ada beberapa daerah yang mungkin sedikit kesulitan mengaksesnya karena bisa jadi terpencil atau informasinya tidak sampai

Nah, saat ini untuk mengecek jadwal imsakiyah sesuai tempat tinggal kita bisa lebih simpel lo, SohIB! Sebab, kamu sudah bisa mengecek dan mengunduhnya secara online melalui situs resmi Kementerian Agama (Kemenag). Selama kamu memiliki gadget seperti laptop, smartphone, atau pc yang sudah ada internetnya, caranya gampang banget, kok!

Cara Mengecek Jadwal Imsakiyah Ramadan 2023

Cara mengecek jadwal imsakiyah ramadhan 2023
Cara mengecek jadwal imsakiyah ramadhan 2023 | Sumber: Indonesia Baik
  1. Kunjungi situs bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah;
  2. Pada menu "Jadwal Imsakiyah", pilihlah PROVINSI dan KABUPATEN/ KOTA tempat kamu tinggal;
  3. Pilih tahun "1444 H/2023 M" yang tersedia di menu TAHUN;
  4. Selanjutnya, klik tanda search atau cari;
  5. Tunggulah beberapa saat hingga jadwal Imsakiyah yang kamu cari sudah muncul;
  6. Scroll layar ke bawah untuk melihat jadwal selengkapnya;
  7. Informasi yang tersedia meliputi waktu sholat, imsak, dan terbitnya matahari. Semuanya sudah lengkap hingga 30 hari ke depan.

Cara Download Jadwal Imsakiyah Ramadan 2023

  1. Silahkan SohIB mengunjungi laman bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah;
  2. Pada menu "Jadwal Imsakiyah" pilih PROVINSI dan KABUPATEN/ KOTA tempat kamu tinggal;
  3. Pilih tahun "1444 H/2023 M" pada menu TAHUN;
  4. Jika sudah, klik tanda search atau cari;
  5. Tunggu beberapa saat hingga jadwal Imsakiyah yang kamu maksud sudah muncul;
  6. Kemudian klik tanda unduh di samping kanan search. Sebagai informasi, file unduhan akan berbentuk Microsoft Excel, sehingga pastikan kamu telah memiliki aplikasi ini pada gadget yang digunakan;
  7. Kamu dapat mencari hasil unduhannya dari folder download.
Mudahnya Mendaftar EFIN Online!

Sunnah Puasa yang Dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW

Puasa tahun ini rasanya sangat berbeda. Sebab, inilah kali pertama kita benar-benar lebih dilonggarkan perihal protokol kesehatan setelah berjibaku dengan pandemi COVID-19 selama hampir 3 tahun lamanya. Nah SohIB, apakah kamu sudah tahu sunnah ketika berpuasa apa saja yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW? Jika dilakukan akan berbuah pahala, lo!

Dilansir dari situs resmi Kementerian Agama, inilah daftarnya!

Melakukan Sahur

Tahukah kamu, jika sunnahnya sahur ini menjadi pembeda puasa umat muslim dengan yang terdahulu? Arti dari sahur adalah makan dan minum sebelum seseorang mulai berpuasa pada hari itu. Batas kita boleh makan adalah sebelum jam imsak telah tiba atau menjelang sholat subuh. Diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Anas bin Malik, bahwa Nabi Muhammad pernah berkata sahur itu adalah barakah.

Berbuka Puasa

Kebalikan dari sahur yang intinya memulai makan sebelum ibadah puasa, maka berbuka adalah waktu di mana kita sudah diperbolehkan kembali untuk makan dan minum setelah seharian ‘menahan lapar’, yaitu di petang hari ketika memasuki sholat maghrib. Di dalam poin ini, terdapat beberapa amalan yang menghasilkan pahala apabila kamu lakukan, SohIB.

  1. Menyegerakan berbuka puasa,
  2. Berbuka dengan kurma,
  3. Berdoa sebelum ‘membatalkan’ puasa,
  4. Memanjatkan doa umum ketika berbuka, sebab orang berpuasa termasuk ke dalam golongan yang tidak akan tertolak doanya.
Yuk, Buat Tampilan Profilmu Lebih Menarik di LinkedIn!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)