Cara Generasi Milenial Mengatur Keuangan dengan Mudah

Cara Generasi Milenial Mengatur Keuangan dengan Mudah

Cara Generasi MIlenial Mengatur Keuangan dengan Mudah | Sumber : Traveloka

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

SohIB khususnya generasi millenial saat ini sudah tahu belum, mengenai cara mengatur keuangan dengan mudah? Di era society 5.0 mampu mengatur keuangan pribadi sangatlah penting. Apalagi, bagi generasi milenial yang berusia kisaran 20-30 tahun, memiliki gaya hidup cenderung boros dan jarang yang bisa menabung untuk masa depannya, seperti investasi.

Dilansir melalui website akseleran.co.id generasi milenial tidak mempunyai cara atau strategi dalam mengelola keuangannya dengan baik. Hal ini menyebabkan generasi milenial sulit untuk menghargai proses yang mana mereka cenderung berfoya-foya dengan uang pemberian orang tua. Meski demikian, tentu tidak semua generasi milenial mempunyai sifat yang buruk dalam mengatur keuangannya.

Namun, tahukah SohIB jika generasi milenial, terutama diri kita pribadi, bisa mengatur keuangan dengan mudah. Sebelum masuk cara generasi milenial dalam memanajemen waktu dengan baik, marilah kita simak penjelasan mengenai pengelolaan keuangan di bawah ini.

Apa itu Pengelolaan Keuangan?

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, pengelolaan keuangan merupakan upaya untuk mengatur atau mengelola penghasilan dengan tujuan dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan baik serta sebagai upaya mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Sedangkan dilansir melalui website info.populix.co, pengelolaan keuangan adalah upaya individu dalam mengelola keuangan mulai dari perencanaan, perancangan, hingga perlindungan risiko yang terjadi dengan tujuan ekonomi di masa depan lebih stabil. Artinya, pengelolaan keuangan dilakukan oleh tiap individu untuk mencapai pada tahap financial freedom di masa depannya.

Untuk itu, SohIB jangan khawatir dalam mengelola maupun mengatur keuangan khususnya para generasi milenial saat ini. Di bawah ini, ada beberapa cara generasi milenial dalam mengatur keuangan dengan mudah. Apa saja cara tersebut?

Membuat Rencana dan Tujuan Keuangan dengan Jelas

Menulis rencana dan tujuan keuangan | Sumber : gobiz.co.id

Cara pertama yang bisa SohIB lakukan yaitu dengan membuat rencana dan tujuan keuangan dengan jelas. Hal ini akan mempermudah SohIB untuk menentukan rencana keuangan yang baik di masa depan.

Misalnya, kamu mempunyai tujuan untuk membeli rumah sendiri di umur 25 tahun, maka kamu harus pandai dalam mengatur keuangan agar tujuan tersebut bisa berhasil kamu gapai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan karena sudah memiliki rencana dan tujuan yang akan digapai.

Harus Paham Kondisi Keuangan Pribadi

Memahami kondisi keuangan pribadi menjadi salah satu langkah awal yang harus dilakukan oleh generasi milenial. Hal ini dikarenakan dengan memahami kondisi keuangan pribadi, kita bisa mengelola pemasukan dan pengeluaran sesuai dengan penghasilan yang kita dapatkan. Sehingga tidak terjadi minus pengeluaran atau defisit. Selain itu, SohIB bisa mencatat semua pengeluaran yang ada.

Mulai Menabung dan Investasi

Menabunglah dengan cermat | Sumber : Canva

Untuk mengatur keuangan, SohIB bisa mulai menabung dan berinvestasi sejak dini. Apalagi, dalam pengelolaan keuangan berinvestasi dan menabung menjadi suatu hal yang sangat penting. Mulailah menyisihkan sebagian pendapatan di setiap bulan untuk menabung.

Dalam hal ini, SohIB bisa memilik produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial pribadi. Selain itu, SohIB perlu mencari informasi tentang investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan serta jangan tergoda keuntungan yang tinggi dan berinvestasilah pada satu instrumen investasi saja.

Mempunyai Dana Darurat

SohIB wajib mempunyai dana darurat dalam pengelolaan keuangan pribadi. Hal ini dikarenakan jika ada kejadian yang tidak diinginkan, kita bisa mengeluarkan dana darurat tanpa mengeluarkan uang kebutuhan pribadi.

Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Hidup konsumtif bisa menjadi senjata yang buruk di kemudian hari | Sumber : linkumkm (Freepik)

SohIB bisa belajar untuk hidup hemat dan bijak dalam mengelola keuangan. Hindari membeli barang atau jasa yang tidak penting atau membeli barang dengan harga yang terlalu mahal. Hal ini bertujuan agar kamu bisa membeli barang atau jasa sesuai kebutuhan bukan keinginan semata.

Buat Anggaran Bulanan

Buatlah anggaran bulanan yang mencakup pengeluaran tetap seperti sewa, tagihan listrik, air, internet, dan lainnya. Tetapkan juga batas untuk pengeluaran diskresioner seperti makan di luar, belanja, dan hiburan.

Hindari Hutang yang Tidak Perlu

Ilustrasi Hutang | Sumber : Sonora.id ( https://www.abadikini.com/)

Hindari meminjam uang atau membeli barang yang tidak perlu dengan kartu kredit atau pinjaman pribadi. Jika memang memerlukan pinjaman, pastikan untuk memperhitungkan bunga dan biaya lainnya. Hal ini bertujuan agar SohIB terbiasa untuk membeli barang sesuai kemampuan keuangan pribadi.