Ikuti 9 Cara Membuat Essay Ini supaya Tulisanmu Outstanding!

Ikuti 9 Cara Membuat Essay Ini supaya Tulisanmu Outstanding!

Cara Membuat Essay | Sumber: Pixabay (danaos-de)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Essay atau esai adalah salah satu jenis karya tulis yang sangat populer. Bagi pelajar, menulis esai sudah seperti makanan sehari-hari. Bentuk karya tulis ini juga banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan dan kesempatan, mulai dari perlombaan, mendaftar beasiswa, sampai melamar pekerjaan.

Pada dasarnya, apa pun itu karya tulisnya, yang jelas menulis ada sisi seninya. Tidak mudah untuk menuangkan pikiran dalam tulisan, apalagi yang banyak aturannya. Misalnya, aturan seputar tema, jumlah halaman, jumlah kata, dan lain sebagainya, yang tentunya menjadi tantangan tersendiri.

Inilah yang juga akan SohIB hadapi saat membuat esai. Karya tulis ini bisa dibilang unik. Sebab, gaya penulisannya tidak sekaku tulisan ilmiah, tetapi juga nggak blak-blakkan seperti artikel populer.

Lantas, bagaimana cara membuat essay yang baik dan benar serta outstanding? Nah, SohIB bisa mencatat sederet tips berikut ini!

1. Kenali Pihak yang Akan Dituju

Sederhana, tapi sering terlewat. Mengenali pihak yang akan dituju adalah hal yang sangat penting sebelum kamu mulai membuat esai. Kamu bisa melakukan profile research terkait bidang yang menjadi fokus dari pihak tersebut agar karya kamu sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Sebagai contoh, SohIB menulis esai untuk mengikuti kompetisi yang diadakan Fakultas Teknik di Universitas A. Maka, sebaiknya kamu mengangkat isu seputar teknologi dan memberikan gagasan yang bersifat teknis. Sebab, banyak penyelenggara kompetisi maupun beasiswa yang kemungkinan besar akan melihat keselarasan gagasanmu dengan visi dan misi lembaganya.

2. Jangan Menyimpang dari Ketentuan

Cara Membuat Essay: Jangan Menyimpang dari Ketentuan
Untuk menulis esai yang baik, kamu perlu memahami ketentuannya terlebih dahulu. | Sumber: Pixabay (geralt)

Esai bukanlah karya tulis bebas. Ada banyak ketentuan yang mengikat dalam penulisannya. Untuk itu, cara membuat essay yang berikutnya mengharuskanmu untuk memperhatikan ketentuan yang berlaku, mulai dari tema hingga format penulisan.

Kesalahan memahami tema akan membuat keseluruhan tulisanmu salah. Sementara itu, ketidaksesuaian esai dengan format penulisan berpotensi menggagalkan karyamu, apalagi jika pihak yang kamu tuju sangat strict dengan format yang berlaku.

3. Isu yang Membangkitkan Rasa Penasaran

Isu yang hendak SohIB bahas akan menjadi bagian pembuka dalam esai. Ini merupakan momen-momen krusial agar pembaca terus tertarik untuk mengikuti tulisanmu. Solusinya, kamu perlu mengangkat isu yang bisa membangkitkan keingintahuan pembaca. Kita dapat mengacu pada isu terkini atau juga masalah-masalah lain yang jarang dibahas, tetapi penting untuk diselesaikan.

Riset isu bisa SohIB lakukan dengan membaca berita, jurnal penelitian, dan publikasi statistik. Selanjutnya, kamu perlu mengemas pembawaan isu tersebut seolah-olah sangat  mendesak untuk dituntaskan. Ingat, semua yang ditulis harus tetap mengacu pada data yang valid, ya!

Baca Juga: Anak Muda di Tengah Isu Global

4. Gagasan SMART

Menggambarkan gagasan essay dengan metode SMART
Menjelaskan gagasan esai dengan metode SMART. | Sumber: Pixabay (fancycrave1)

Di sinilah kreativitas SohIB akan diuji. Kamu bebas menggunakan imajinasi karena tidak ada tuntutan untuk praktik atau membuat bentuk nyatanya. Namun, esai juga bukanlah karangan fiksi.

Dalam hal ini, kamu harus tetap mengacu pada hasil penelitian dan mempertimbangkan potensi pengaplikasiannya. Untuk itu, SohIB bisa menggunakan metode SMART, yaitu

  • Specific artinya kamu harus menjelaskan gagasan secara detail;
  • Measurable berarti memastikan keberhasilan gagasan tersebut dapat diukur;
  • Achievable dan Relevant mengharuskan gagasanmu bisa diaplikasikan dan masuk akal; dan
  • Time-bound penting untuk memberikan gambaran waktu yang dibutuhkan atau secara bertahap target yang hendak dicapai di masa depan dalam bentuk milestone yang jelas.

5. Judul yang Eye-Catching

Judul adalah sampul tulisanmu. Nasihat "Don’t judge a book by its cover" tidak berlaku dalam menulis esai. Kamu harus membuat judul yang eye-catching alias menarik supaya karyamu bersinar.

Tipsnya, SohIB bisa menuliskan kata kunci gagasan yang ditawarkan atau juga metode yang kamu gunakan. Contohnya adalah seperti yang ada di bawah ini:

(1) Mengurai Solusi Efektif untuk Mengentaskan Masalah Putus Sekolah

(2) Implementasi The IKO Model sebagai Solusi Efektif Pengentasan Masalah Putus Sekolah

Bagaimana, judul kedua terlihat lebih jelas dan menarik, bukan?

6. Perjelas dengan Ilustrasi

Membuat essay dengan ilustrasi gagasan
Gambarkan gagasan dengan ilustrasi dalam esaimu! | Sumber: Freepik (rawpixel.com)

Cara membuat essay yang outstanding berikutnya adalah dengan menyertakan ilustrasi. Memang tak banyak dilakukan, tetapi ilustrasi atau gambaran gagasan akan menjadi nilai plus esaimu. Tidak hanya membuat kamu terlihat well-prepared, ilustrasi juga membantu pembaca memahami gagasan yang kamu berikan.

Ilustrasi di sini bisa berupa prototype, infografis, maupun framework. SohIB dapat memanfaatkan berbagai tools digital untuk membuatnya.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Kerangka Tulisan Artikel

7. Ciptakan Kesan Lewat Closing Statement

Seperti film, tulisanmu harus punya emosi. Jika digambarkan dengan grafik, itu bisa naik dan turun. Tidak hanya berpatokan pada kerangka penutup esai yang biasanya berisi kesimpulan dan rekomendasi, kamu juga perlu menyematkan closing statement yang bisa menggugah ketertarikan pembaca.

Dengan ini, tulisanmu tidak akan dilupakan begitu saja. Untuk dapat menciptakan kesan, SohIB bisa membuat closing statement dalam bentuk kalimat pertanyaan yang mengajak pembaca ikut berpikir atau juga kalimat ajakan yang persuasif.

8. Sempurnakan dengan Feedback

Feedback penting dalam membuat karya essay
Feedback penting dalam membuat karya esai. | Sumber: Pixabay (geralt)

Selanjutnya, penting untuk menguji esai yang telah kamu buat. SohIB bisa meminta orang lain untuk membaca dan memberikan masukan. Karenanya, kamu bisa mengetahui apakah esai tersebut mudah dipahami atau justru tidak.

Se-kece apa pun esai yang SohIB buat, akan sia-sia jika tulisanmu malah sulit untuk dipahami. Selain itu, feedback juga akan membuat tulisan menjadi semakin sempurna, lo!

9. Teliti adalah Kunci

Menulis membutuhkan suasana hati dan fokus yang baik. Jadi, jangan terburu-buru dalam mengerjakan esai. Sebelum dikirim, cek kembali tulisanmu. Kesalahan kecil seperti typo dan ketidaksesuaian format berpotensi menggagalkan jerih payahmu. SohIB bisa memanfaatkan Google Docs untuk mengoreksi ejaan dan typo dengan mudah.

Nah, itulah tadi 9 tips dan cara membuat essay yang bisa kamu praktikkan. Siap membuat karyamu outstanding, kan? Ingat, tidak ada keberhasilan yang instan. Perlu banyak latihan supaya kamu terbiasa menulis.

Selain itu, SohIB juga bisa mengikuti instagram @id_sohib untuk menambah insight seputar kepenulisan, seperti copywriting dan content writing yang tentunya bermanfaat untuk esaimu nanti. Bukan hanya itu, ada banyak informasi workshop yang akan kamu dapatkan melalui akun ini. Tunggu apa lagi, follow sekarang, yuk!

Editor: Fria Sumitro

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Menulis Artikel SEO Friendly, Sudah Tahu?