Intip 5 Cara Mudah Membangun Personal Branding Bagi Penulis

Intip 5 Cara Mudah Membangun Personal Branding Bagi Penulis

Bangun personal branding-mu mulai hari ini! | Sumber: Pexels (Canva Studio)

#SobatHebatIndonesiaBaik #jadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi  

Personal branding mempunyai peran penting bagi semua jenis profesi di era digital seperti sekarang ini. Hal ini juga berlaku untuk profesi penulis. Seorang penulis juga perlu menunjukkan diri ke khalayak umum terkait eksistensinya di dunia kepenulisan.

Personal branding berpengaruh besar terhadap popularitas dan penjualan buku ke depannya. Biasanya orang lebih senang membeli buku dari penulis yang dikenal. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi writer untuk bisa membangun "namanya" dengan kuat.

Salah satu tujuannya agar banyak orang yang mengenalnya, sehingga hasil karyanya diminati pembaca. Oleh karena itu, kamu sebagai penulis wajib mengetahui bagaimana cara membangun personal branding yang baik. Simak penjelasan detailnya dalam uraian berikut ini!

1. Mengenali Potensi Diri

Menurut Impactfulwriting salah satu cara efektif untuk membangun personal branding adalah dengan menunjukkan identitas diri. Artinya, kamu harus memperkenalkan diri sebagai seorang penulis kepada khalayak umum.

Dalam hal ini, SohIB bisa memanfaatkan media sosial yang dimiliki seperti Instagram, WhatsApp, Telegram, Twitter, dan lainnya sebagainya. Namun, sebelumnya kamu harus sudah membuat sebuah karya yang bisa digunakan sebagai sarana membangun brand diri.

Tentukan tujuan spesifik, misalnya kamu ingin dikenal sebagai penulis ber-genre apa? Apakah fiksi atau nonfiksi? Mana yang lebih menarik, horor, fantasi, romance, komedi, atau lain-lain?

Buatlah konten yang menarik dan berkarakter. Sehingga, saat orang lain membuka konten media sosial kamu, maka bisa langsung mengenali karakter dari penulis karyanya.

SohIB harus fokus memperdalam dan mengembangkan kemampuan tersebut. Dengan demikian, akan terbentuk citra yang baik dan kamu akan menjadi seorang penulis yang dianggap unik.

2. Membangun Relasi

Langkah selanjutnya adalah aktif mempromosikan karya di media sosial. Tidak ada salahnya seorang writer melakukan promosi sekaligus menjalin interaksi dengan sesama pengguna untuk menambah relasi.

Di zaman yang serba digital ini, hampir setiap orang memiliki akun media sosial. Dengan demikian, ini juga menjadi peluang besar untuk membangun citra diri. Tidak menutup kemungkinan, karier kamu sebagai penulis semakin banyak diketahui masyarakat luas.

SohIB juga dapat mengolah tulisanmu menjadi sebuah konten yang unik, menarik, dan menunjukkan karakter kamu. Misalnya, mengubah kontennya menjadi berbentuk video atau foto. Jangan lupa untuk membagikannya  di media sosial atau blog agar semakin banyak orang yang merasakan manfaat dari kehadiran karya kamu.

3. Konsisten Menulis

Saat ini banyak platform yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan skill dan personal branding. Bagi penulis fiksi bisa memanfaatkan Wattpad, Fanfiction.net, dan masih banyak lagi.

Lalu, untuk content writer bisa menggunakan platform seperti Wordpress, Blogspot, dan lain-lain. Konsisten menulis akan meningkatkan peluang keberhasilan kamu dalam membangun citra diri.

Buatlah jadwal menulis rutin agar mendorong semangat dalam menghasilkan karya. Tentukan juga jumlah minimal tulisan dan kapan waktu untuk mempublikasikannya di platform yang dipilih. Dengan begitu, schedule-mu lebih tertata dengan baik.

4. Percaya Diri

Menurut yoursay.id seorang penulis itu harus mempunyai rasa percaya diri dengan hasil karyanya. Jika karya yang dibuat belum sesuai dengan ekspektasi target audiens, maka jangan patah semangat. Kamu harus tetap semangat menulis dan belajar lebih giat untuk menghasilkan tulisan yang luar biasa.

5. Bergabung dengan Komunitas

Jangan lupa untuk bergabung ke komunitas maupun organisasi yang bergerak di bidang kepenulisan. Banyak manfaat yang akan dirasakan, selain bisa memperkenalkan karya, kamu juga akan mendapatkan banyak teman yang nantinya dapat diajak untuk bekerja sama.

SohIB juga akan mengenal lebih banyak penulis senior maupun pemula. Adanya komunitas ini bisa menjadi wadah bagi penulis untuk belajar dan memperdalam keahlian. Selain itu, tentu saja, lagi lagi menjadi sarana untuk meningkatkan personal branding.

Kelima cara diatas bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk membangun personal branding sebagai penulis. Tingkatkan rasa percaya diri dan terus semangat menghasilkan karya yang bermanfaat dan menginspirasi dunia.S