Akhir Pekan Tetap Produktif, Lakukan 4 Cara Ini!

Akhir Pekan Tetap Produktif, Lakukan 4 Cara Ini!

Sibukkan diri dengan kegiatan produktif saat weekend, rasakan manfaatnya! | Sumber: Unsplash (Hansjörg Keller)

Menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersantai di akhir pekan, tentu tidak masalah. Pada hakikatnya, weekend memang digunakan untuk kita beristirahat setelah beraktivitas sehari-hari. Apalagi untuk mereka yang memiliki rutinitas padat saat weekday, tentunya momen tersebut sangat dinantikan setiap minggunya.

Meski demikian, ternyata banyak juga, lo, yang berusaha tetap produktif, alih-alih rebahan! Menyibukan diri saat weekend bukan berarti kita tidak menyayangi tubuh dan pikiran, kok. Ada banyak hal baik yang dapat SohIB lakukan agar dapat memiliki me time, sekaligus menjaga produktivitas diri.

Berikut ini adalah 4 cara agar SohIB dapat terus melakukan kegiatan yang produktif di akhir pekan! Apa saja, ya? Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Tetap Bangun Pagi

Sejuknya udara membuat otak berelaksasi
Sejuknya udara membuat otak berelaksasi | Sumber: Unsplash (Bruce Mars)

Yes, bangun pagi merupakan kunci pertama untuk memulai hari yang produktif. Pembiasakan diri ini sangat dianjurkan agar tubuh tetap disiplin dengan ritme kita. Rencanakan apa saja yang akan sohIB lakukan pada hari tersebut. Bila perlu, buatlah to do list dan tempelkan pada tempat yang terlihat.

Jangan lupa berolahraga juga, ya, SohIB! Sudah bangun lebih awal, sayang sekali apabila tidak memberikan kesempatan kepada paru-paru kita untuk merasakan sejuknya udara di pagi hari. Dan tentu saja, olahraga adalah kegiatan yang menyehatkan, bukan? 

Baca juga: 5 Profesi yang Terancam Punah Akibat Teknologi

2. Jaga Jarak dengan Gadget Selama Beberapa Waktu

Bermain gadget memang asyik, tapi jangan lupa batasi, ya! (Unsplash: SCREEN POST)
Bermain gadget memang asyik, tapi jangan lupa batasi, ya! | Sumber: Unsplash (SCREEN POST)

Tidak bisa dipungkiri, telepon genggam merupakan ‘gangguan vital’ untuk siapapun yang sedang merencanakan istirahat. Ingat, jangan sampai akhir pekan SohIB habis dan hanya diisi dengan gadget kita.

Merehatkan organ mata dari radiasi dan mental kita sangat penting, lo! Nikmati 24 jam beristirahat sebelum ‘bertempur kembali’ saat weekday dengan aktivitas yang tidak hanya menyenangkan diri, tetapi juga menenangkan.

Berkreasi bersama keluarga, pergi ke cafe favorit, hingga sesederhana duduk di kamar sembari membaca buku adalah self-healing terbaik selama SohIB enjoy melakukannya.

3. Self Reward

Kapan kamu self reward terakhir kalinya? (Unsplash: Aaron Thomas)
Kapan kamu self reward terakhir kalinya? | Sumber: Unsplash (Aaron Thomas)

Kapan terakhir SohIB memberikan self reward untuk diri sendiri? Meskipun hal ini tidak harus kita lakukan saat sedang berakhir pekan, tetapi tidak ada salahnya kok, untuk ditunaikan pada momen ini.

Banyak orang lupa cara mengapresiasi diri dengan sesuatu yang benar-benar kita sukai. Istilahnya adalah ‘dari, bagi, dan untuk kita’.

Namun, apa hubungannya ya, self reward dengan membuat diri menjadi produktif? Eitss.. jangan salah SohIB! Dengan melakukan hal tersebut, secara tidak langsung kita telah mengisi hari rehat dengan berbagai kegiatan positif yang menyenangkan diri. Sehingga, mungkin hanya ada sedikit sisa waktu untuk dilanjutkan dengan the real of rebahan. So, apa saja self reward ala sohIB?

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Terlaris Tentang Self Development, Suka yang Mana?

4. Jangan Lupa Istirahat, ya!

Weekend tetap produktif, tapi istirahat juga! (Unsplash: Matheus Vinicius)
Weekend tetap produktif, tapi istirahat juga! | Sumber: Unsplash (Matheus Vinicius)

Tentu saja, rehat tetapi produktif bukan berarti melupakan alasan dasar weekend diciptakan! Mengambil waktu istirahat lebih panjang dari hari biasa sah-sah saja, bukan? Rapikan kamar tidur, nyalakan musik kesukaan, bila perlu redupkan lampu agar suasana lebih remang, dan pejamkan mata dalam suasana yang begitu damai.

Jangan pernah pelit memanjakan diri saat weekend, tetapi buatlah tetap fokus pada kegiatan yang positif. Dijamin, tubuh dan pikiran akan tetap prima dan siap menyongsong kembali aktivitas padat di hari esok. Selamat mencoba, ya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id! Sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)