Ternyata Buka Usaha Sendiri Melatih 5 Skills Ini, lo!

Ternyata Buka Usaha Sendiri Melatih 5 Skills Ini, lo!

Buka Usaha Sendiri Bantu Latih Skills Diri - Polina Tankilevitch (Pexels)

SohIB, sekarang banyak banget ya, yang mulai buka usaha sendiri! Mulai dari generasi muda hingga dewasa, mereka mencoba untuk mencari tambahan penghasilan dari berjualan online. Contohnya seperti melayani permintaan desain grafis, jualan makanan, baju, dan masih banyak lagi.

Wah, menarik ya! Apakah kamu juga tertarik untuk ikut berjualan? Karena selain bisa jadi mandiri, kamu juga melatih kemampuan diri. Misalnya adalah keterampilan komunikasi, analisis data, dan manajemen keuangan. Ingin tahu lebih banyak skill yang terlatih dari buka usaha sendiri? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini! 

1. Belajar Pakai Media Sosial Untuk Bisnis

SohIB, tahu gak cara agar tokomu bisa dikenal banyak orang? Ya, tentu lewat media sosial. Menurut Hootsuite, hampir setengah populasi dunia menggunakan media sosial. Itu berarti tokomu bisa menjangkau banyak orang dengan cepat dan mudah melalui Facebook, Instagram, dan media lainnya. 

Namun, kamu juga perlu tahu bahwa ada banyak juga pengusaha lain yang mendekati pelanggan melalui platform tersebut. Oleh sebab itu, kamu harus belajar menggunakan media sosial untuk bisnis agar tokomu bisa menjadi pusat perhatian publik. Seperti belajar membuat video reels atau TikTok dan teknik copywriting.

2. Buka Usaha Sendiri Melatih Kemampuan Analisis Data

Ketika kamu memutuskan untuk berjualan, SohIB harus tahu produk apa yang sedang dibutuhkan oleh target pasar. Untuk mengetahuinya, kamu bisa lakukan analisis data dari hasil riset kompetitor yang kamu dapat. Jadi, kamu bisa membuat perencanaan yang baik berdasarkan analisis yang akurat.

Contohnya, kamu ingin membuka usaha makanan, tapi tidak tahu menu yang paling laku saat ini apa? Kamu bisa mulai dari melakukan riset terhadap beberapa toko online pesaingmu. Biasanya, pada e-commerce tertentu ada keterangan berapa banyak produk yang sudah terjual.

Kemudian, kumpulkan data-data tersebut dan analisislah semuanya. Dari sana, kamu bisa mendapat inspirasi menu untuk jualan dan mengetahui apa yang bisa SohIB tambahkan atau kurangi agar produkmu terlihat berbeda dengan toko yang lain.

3. Asah Kemampuan Manajemen Waktu

Bagi SohIB yang masih sekolah atau sedang bekerja di perusahaan, buka usaha sendiri menjadi tantangan yang cukup berat. Sebab, kamu harus mengatur waktu dengan baik agar tidak ada pekerjaan yang terbengkalai. 

Jika kamu butuh tips agar manajemen waktu tidak berantakan, kamu bisa coba langkah berikut dari Proxis Leadership Center:

  • Buat perencanaan yang jelas.
  • Jangan lupa disiplin waktu!
  • Fokus dengan tugas yang dikerjakan.
  • Berani ambil keputusan.
  • Ingat, jaga kesehatan!

4. Yuk, Latih Keterampilan Komunikasi!

Ketika sedang berjualan, tentu kamu harus berkomunikasi dengan pelanggan. Komunikasi yang kamu lakukan tersebut tidak sama dengan ke teman atau keluargamu, ya! Kamu harus bisa memberi kesan yang baik tentang usahamu dan menarik mereka untuk membeli produk atau jasamu.

Jika SohIB salah dalam menyampaikan informasi kepada pembeli, bisa jadi mereka tidak akan belanja di tokomu. Oleh karena itu, kamu tidak boleh anggap remeh keterampilan komunikasi marketing ini. Dengan buka usaha sendiri, kamu akan dapat pengalaman dalam menghadapi pelanggan melalui teknik komunikasi yang baik. Menarik, bukan?

5. Buka Usaha Sendiri Picu Berpikir Kreatif

Sebenarnya, kemungkinan bisnismu sudah dilakukan oleh orang lain itu sangat besar. Namun, dengan berpikir kreatif kamu bisa membuat sesuatu yang sama tampak berbeda. Apa maksudnya?

Misalnya, SohIB melihat pengusaha lain menjual kue cubit dengan satu rasa. Kamu juga bisa menjual kue cubit, tapi dengan varian rasa yang beragam atau bentuk yang unik. Jadi, konsumen pun melihat produk makananmu seperti baru. 

Selain menerapkan daya kreativitasmu pada produk, kamu juga bisa lakukan pada cara promosi usahamu. Kamu bisa membuat konten yang lucu atau dramatis, sehingga orang-orang tertarik untuk melihatnya. 

Nah, itu dia 5 skills yang akan kamu latih ketika buka usaha sendiri! Beberapa kemampuan tersebut hanya sebagian kecil dari hard skill dan soft skill yang kamu butuhkan untuk menjadi pengusaha ulung.

Apabila SohIB tertarik untuk mengasah keterampilan diri di atas, kamu bisa buka usaha sendiri di aplikasi point of sales Makasi. Di sini, kita bisa buat katalog produk, buka toko online, atur transaksi jual beli, laporan keuangan otomatis, dan masih banyak fitur keren lainnya. Asik banget, 'kan? Yuk, coba GRATIS sekarang aplikasi Makasi di Google Play Store!