Mencapai 1749 Pendaftar, Intip Keseruan Bootcamp Menulis 2023 Bersama SohIB!

Mencapai 1749 Pendaftar, Intip Keseruan Bootcamp Menulis 2023 Bersama SohIB!

Bootcamp SohIB Berkelas 2023 "Creative Writing" | Sumber: Dok. SohIB

Menulis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasai karena dapat mendatangkan banyak manfaat dan peluang, misalnya menjadi seorang penulis handal, jurnalis, dan penerbit. Terlebih lagi, profesi content writer sedang sangat diminati saat ini. Sebab, era digital sedang sangat meluas dan memiliki ‘pasar’ yang tak akan berhenti sejauh ini.

Nah SohIB, salah satu karya tulisan yang dapat dibuat untuk pemula adalah artikel. Artikel merupakan karangan pendek yang membahas tema tertentu untuk menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas. Jenis artikel sendiri ada enam, yaitu artikel deskripsi, artikel argumentasi, artikel narasi, artikel persuasi, artikel eksposisi, dan artikel SEO.

Beberapa waktu lalu, SohIB telah sukses menyelenggarakan Bootcamp Kepenulisan yang bertajuk “Bootcamp SohIB Berkelas: Creative Writing.” Acara tersebut berjalan sejak tanggal 27 Maret - 1 Mei 2023 yang terdiri dari 4 kelas pemaparan materi dan 1 kelas untuk presentasi proyek menulis.

Adapun narasumber yang ditampilkan berjumlah 4 expertist di bidang kepenulisan dari berbagai top company atau institusi di Indonesia, seperti Yuli Nurhanisah (Copywriter Indonesiabaik.id, Kementerian Kominfo), Rosi Oktari (Scriptwriter dan Host Indonesiabaik.id, Kementerian Kominfo),  Zihan Berliana (SEO Writer IDN Media), dan Intan Aulia (SEO Content Writer Ruangguru). Jumlah pendaftarnya sendiri mencapai 1749 orang dari berbagai daerah di Indonesia lo, SohIB. Yuk, simak rangkuman materinya bersama-sama, ya!

Memahami Potensi Karier Sebagai Penulis dan Kode Etik Kepenulisan

SohIB Berkelas
Suasana kelas di Bootcamp SohIB Berkelas | Sumber: Dok. SohIB

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pekerjaan menulis masa kini memiliki scope yang sangat luas. Tak terbatas ‘hanya’ pada menulis di buku atau media cetak lainnya, seorang writer yang hidup di era digitalisasi punya banyak sekali peluang, misalnya menjadi content writer, copywriter, SEO writer, publisher, hingga storyteller.

Jika SohIB tertarik untuk terjun di bidang tulis-menulis, terdapat beberapa bekal yang perlu kamu perhatikan untuk memulai berkarier, yakni:

  1. Menentukan pemilihan diksi.
  2. Perhatikan tanda baca yang baik dan benar.
  3. Gunakan bahasa yang sesuai dengan target membaca.
  4. Perhatikan kohesi dan koherensi antarkalimat maupun antarparagraf.
  5. Pahami kode jurnalistik untuk menghindari pelanggaran, seperti menjaga orisinalitas karya, bertanggung jawab atas tulisannya, mampu memberikan manfaat, dan menjaga kebenaran dari isi karya yang dibuat.

5 Cara Menyusun Kerangka Tulisan yang Baik

Salah satu karya tulisan yang dapat dibuat untuk pemula adalah artikel. Artikel merupakan karangan pendek yang membahas tema tertentu untuk menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas. Jenis artikel ada enam, yaitu artikel deskripsi, artikel argumentasi, artikel narasi, artikel persuasi, artikel eksposisi, dan artikel SEO.

Terdapat 5 cara membuat kerangka tulisan yang baik, di antaranya:

  1. Memahami struktur tulisan: penuhi unsur 5W+1H secara fleksibel, paragraf pembuka yang to the point, membahas satu topik menyeluruh, dan penutup dengan kesimpulan. 
  2. Menentukan kata kunci artikel: cari kata kunci yang berkaitan dengan topik yang akan ditulis dan kembangkan kata kunci menjadi beberapa poin.
  3. Riset dan tulis sumber data terkait kata kunci yang akan digunakan: lakukan penggalian data dari berbagai sumber mengenai kata kunci.
  4. Buat judul yang menarik: judul harus bisa menggambarkan isi artikel dan buatlah jadi menarik di mata pembaca.
  5. Susun poin-poin pembahasan topik sesuai alur.
Kebiasan Baik yang Menunjang Skill Menulis

Menulis dengan Pendekatan Storytelling

SohIB Berkelas
Kelas storytelling bersama kak Rosi Oktari | Sumber: Dok. SohIB

Dari berbagai jenis artikel yang tersebar saat ini, salah satu pendekatan menulis yang bisa SohIB terapkan adalah storytelling. Dipaparkan oleh Rosi Oktari, storytelling itu sangat penting karena dengan bercerita, orang akan mudah dalam menuangkan isi dan pikiran seseorang, sehingga bisa menimbulkan suatu kisah.

Selain itu, storytelling menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama di dalam pekerjaan. Di dalam dunia kerja, storytelling banyak digunakan sebagai alat/media promosi untuk sebuah produk.

“Cerita mempunyai banyak kekuatan, salah satunya adalah bisa menggerakan dan menarik perhatian para pembacanya. Kita tahu bahwa orang-orang tidak terlalu suka cerita yang terkesan menggurui, sehingga kita harus bisa membuat cerita dengan menempatkan audience sebagai orang yang sama dengan kita,“ jelas Rosi dalam sesinya.

Dalam konteks tulisan storytelling, tulisan tipe ini juga lebih bersifat long-lasting. Hal ini karena, melalui tulisan yang dibuat, kita bisa membuat pembaca lebih bahagia dan juga menambahkan wawasan mereka. Harapannya adalah bisa menghasilkan sudut pandang baru bagi pembaca. 

Mengenal Istilah SEO di Dunia Kepenulisan dan Manfaatnya

SEO Content Writing merupakan kegiatan menulis konten atau artikel dengan pendekatan SEO (Search Engine Optimization). Tujuannya adalah agar artikel bisa meningkatkan visibilitas dan brand awareness, sebagai strategi pemasaran jangka panjang karena bersifat evergreen, mendapatkan user sesuai target, meningkat engagement, traffic, dan konversi website.

Cara Kerja SEO di Search Engine

SohIB Berkelas
Salah satu penanya di SohIB Berkelas | Sumber: Dok. SohIB
  1. Penulis telah mempulikasi artikel di website-nya,
  2. Google melakukan crawl, yakni mengumpulkan dan menyimpulkan data,
  3. Sistem akan melakukan index atau mempelajari struktur website,
  4. Google menentukan ranking artikel di search engine dengan algoritma-nya,
  5. Artikel SEO-friendly dengan struktur website yang baik dan memenuhi search intent akan meraih ranking teratas.

SEO sendiri menjadi penting bagi artikel karena Google melakukan pembaruan terkait Google E-A-T, dengan menambahkan huruf ‘E’ untuk mendeskripsikan Experience (pengalaman) menjadi E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, Trust). Ini artinya, Google sangat peduli dengan first hand experience untuk dapat diaplikasikan pada konten tulisan.

Oleh karena itu, penulisan artikel SEO wajib memerhatikan elemen penulisan SEO agar konten yang dihasilkan masuk di halaman pertama mesin pencarian Google. Sehingga karya harus berkualitas, SEO-friendly, dan mudah ditemukan pembaca. 

SEO Tools yang Sering Digunakan Untuk Optimasi Website, Sudah Tahu?

Menulis Artikel SEO Agar Tembus Ranking Teratas di Google

SEO article merupakan bagian dari SEO On Page untuk meningkatkan otoritas dan kredibilitas website. Harap perlu diingat untuk kita senantiasa menulis konten artikel dengan menggunakan kaidah SEO agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari untuk memenuhi kebutuhan user.

Dalam menulis artikel yang SEO, tidak hanya konten yang penting, melainkan konteksnya. Intan Aulia memberikan contoh, jika seseorang mau menulis artikel berkaitan dengan public speaking, pikirkanlah mana yang akan lebih ramai dicari, apakah sejarah public speaking atau cara kita bisa tampil bagus dalam public speaking.

Bagaimana Tips Menjadi SEO Writer?

SohIB Berkelas
Pemaparan finale project menulis di Bootcamp | Sumber: Dok. SohIB
  1. Buatlah artikel baru yang original dan tidak plagiat.
  2. Lakukan research keyword sebelum menulis.
  3. Selalu menerapkan elemen penulisan artikel SEO-friendly dalam penulisan artikel.
  4. Menulis artikel yang relevan, tidak clickbait, dan sesuai dengan judulnya.
  5. Mengikuti algoritma mesin pencari.
  6. Mengikuti tren dan keyword yang berpotensi memiliki minat baca yang tinggi.
  7. Berpikir kreatif.
  8. Memahami format penulisan sesuai dengan EYD.
Mencari Keyword yang Tepat untuk Menulis

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)