Berkarier di Bidang Podcast, Persiapkan 5 Hal Ini!

Berkarier di Bidang Podcast, Persiapkan 5 Hal Ini!

Ilustrasi dua orang sedang berbincang di podcast | Sumber: Unsplash (Kenny Eliason)

Di era teknologi ini, menemukan media hiburan yang menyenangkan tidaklah sesulit dahulu. Bagi SohIB yang lahir tahun 90-an, saluran televisi dan radio di masa lalu bisa jadi sudah cukup membuat kita puas kala itu. Apalagi, tidak banyak yang mampu membeli dan memiliki handphone yang sekarang terbilang sangatlah jadul. Menyadari betapa banyaknya pilihan kanal yang tersedia saat ini, rasanya sangat bersyukur, bukan?

Kanal seperti YouTube dan Clubhouse banyak dimanfaatkan orang sebagai ajang kreativitas berbentuk gambar, audio, infografis, video, hingga tulisan. Nah, di antara yang telah berkembang pesat, podcast merupakan salah satu yang digandrungi banyak kawula muda. Apakah kamu salah satunya?

Baca juga: SohIB Berkelas: Konten & Digital Campaign di Media Sosial

Apa Itu Podcast?

Podcast atau siniar dalam KBBI adalah rekaman berbentuk audio melalui website atau platform digital yang isinya membahas seputar isu atau tema yang sedang berkembang. Bila kita perhatikan, terdapat beberapa jenis podcast yang ada, seperti interview, monolog, multi-host, hingga nonfiction storytelling.

Prospek Karier Podcast di Indonesia

Melansir dari axe.com, data Spotify menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sampai tiga kali lipat untuk pendengar podcast di tahun 2020 dari tahun sebelumnya. Bahkan, sebuah penelitian di Amerika Serikat juga menyatakan bahwa kemungkinan di tahun 2022 ini, audiens podcast akan meloncat tinggi hingga 87%, lo! Keren sekali, ya?

Di Indonesia sendiri, prospek kerja untuk bidang tersebut sangat terbuka lebar, guys. Apalagi, jumlah para podcaster (Sebutan untuk orang yang berprofesi sebagai siniar) belumlah sebanyak YouTuber.

So, untuk kamu yang mungkin ingin berkecimpung di dunia perkontenan digital, ingin mengembangkan hobi, sekaligus mencari penghasilan, boleh banget mencoba yang satu ini. Plus-nya lagi, kita tidak harus menampilkan wajah diri saat siaran berlangsung. Sehingga untuk SohIB yang pemalu, seharusnya hal itu malah membawa keuntungan.

Persiapan Sebelum Menjadi Siniar

Ilustrasi alat-alat yang dibutuhkan untuk podcast
Tahu dengan 5 hal ini, kamu udah siap jadi podcaster! | Sumber: Unsplash (ConvertKit)

Perhatikan 5 hal di bawah ini agar impianmu menjadi penyiar podcast-mu menjadi kenyataan!

1. Cari Tahu Topik Kesukaanmu

Memulai sesuatu dengan yang kita sukai tentunya akan lebih memudahkan, sebab artinya SohIB lebih menguasai tema itu. Cari referensi konten di YouTube atau Spotify dan berpikirlah terbuka terhadap topik-topik tersebut. Siapa tahu, yang tadinya kurang kamu minati justru menjadi yang paling mudah untuk jadi pembahasan.

2. Beri Identitas Podcast-mu!

Salah satu bagian mengasyikkan sebenarnya ada pada poin kedua ini. Menemukan nama atau identitas pada podcast kita memang gampang-gampang susah. Kamu bisa menggunakan kata-kata unik, nama asli, atau mengambil dari sesuatu yang disukai. Sesuaikan juga dengan karakteristik kontenmu nanti.

Contohnya, apabila SohIB ingin memfokuskan konten pada self-healing dengan bahasa yang lebih kekinian, nama-nama seperti “healing talk, your bestie, ayo ngomong” akan terdengar lebih eye-catching. Ingat, nama adalah doa, jadi berikan yang mengandung arti dan harapan yang baik.

Baca juga: Persiapkan Hal Ini Sebelum Jadi Jurnalis!

3. Content Planning

Secara sederhananya, content planning memuat rencana pengembangan konten agar tujuanmu tercapai. Untuk podcast sendiri, kamu bisa menyusun seperti apa tema yang akan dibahas, bagaimana gaya bahasanya, apa jenis podcast yang akan digunakan, di platform mana yang akan kita pakai sebagai medianya, intro yang khas untuk acara, dan target audiensnya.

4. Persiapkan Alat Pendukung

Berbeda dengan vlog yang biasanya memerlukan banyak peralatan untuk shooting, pada podcast sebenarnya dapat dibilang lebih minim alat. Selama kamu minimal punya gadget, ada ruangan yang cukup tenang selama pengambilan suara, dan suaramu terdengar jernih ketika ditayangkan, maka SohIB bisa menjadi siniar sekarang juga!

Namun, apabila kamu ingin berinovasi dengan gambar atau video diri sendiri di depan layar kaca, maka diperlukan atribut dan penataan ruang yang nyaman. Jika nanti podcast-mu sudah berkembang, tak ada salahnya juga untuk melengkapi diri dengan alat-alat yang lebih canggih dan memaksimalkan konten kita, seperti microphone, laptop spek tinggi untuk editing, hingga peredam suara dari luar.

5. Mulai Bersiaran!

Hey, selamat SohIB, akhirnya sudah saatnya kamu melakukan siaran perdanamu! Gugup di awal itu wajar, toh, nantinya kamu akan segera terbiasa dan dapat retake kembali bila ada kesalahan (Semoga nggak, ya!).

Percayakan pada dirimu, jangan menyerah, konsisten, dan nikmati prosesnya. A small step can make a big change! Hari ini mungkin kita ‘hanyalah’ seseorang yang ingin coba-coba menjadi pede dengan menjadi podcaster. Namun siapa tahu, ternyata dua minggu, dua tahun, atau bahkan lebih cepat kamu akan menjadi penyiar konten yang mendunia. Semangat!

Baca juga: 5 Film Netflix Tentang Pengembangan Karier, Ada yang Cerita Nyata, lo!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)