Gas Elpiji Jadi Favorit Masyarakat Indonesia, Berikut Alasannya!

Gas Elpiji Jadi Favorit Masyarakat Indonesia, Berikut Alasannya!

Gas elpiji yang berjenis bright gas | Sumber: Unsplash (Mufid Majnun)

Membeli gas elpiji 3kg sekarang harus menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), lo! Dilansir dari Indonesia Baik, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerbitkan aturan soal pembelian gas LPG 3kg sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor 37.K/MG.01/MEM.M/2023 tentang Petunjuk Teknis Pendistribusian Isi Ulang Liquefied Petroleum Gas Tertentu Tepat Sasaran.

Pengguna Gas Elpiji di Indonesia Tinggi

Penggunaan gas elpiji di Indonesia
Penggunaan gas elpiji di Indonesia | Sumber: Indonesia Baik

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa sebanyak 82,78% rumah tangga di Indonesia didominasi oleh penggunaan bahan bakar gas elpiji untuk memasak. Data tersebut diambil di tahun 2021 lalu. Adapun untuk yang lainnya bisa SohIB lihat rinciannya di bawah ini:

  1. Gal elpiji: 82,78%
  2. Kayu bakar: 11,76%
  3. Minyak tanah: 2,78%
  4. Listrik: 0,76%
  5. Gas kota/ biogas: 0,58%
  6. Tidak memasak: 1,23%

Btw, persentase rumah tangga di Indonesia yang menggunakan gas elpiji untuk memasak di perkotaan juga sangat tinggi nih, SohIB! Ada 88,93% rumah tangga di perkotaan, sedangkan di pedesaan mencapai angka 74,68%.

5 Produk Google yang Bermanfaat Banget, Ini Fungsinya!

Masyarakat Masa Kini Kurang Suka Memasak?

Nah, ada temuan yang menarik, nih. Kenapa ya, ada orang-orang yang justru memilih tidak memasak?

Hal tersebut sebetulnya sudah cukup lazim untuk didengar. Apalagi, dengan berbagai kemudahan masa kini dalam menemukan warung makan, restoran, katering rumahan, hingga layanan cepat antar makanan via daring. Terang saja, makin banyak orang yang lebih menyukai beli makanan di luar ketimbang memasak.

Selain praktis karena dapur jadi tidak kotor, efisiensi waktu, tentunya sesuatu yang instan memang serba cepat. Jangan ditanya bagaimana soal rasanya, ya! Kamu bisa memilih dengan bebas masakan mana saja yang kamu cocok dan merasa enak. Banyak perusahaan makanan dan katering yang bahkan berani menjamin soal kesehatan dan gizi seimbangnya. Harganya pun bersaing!

Manfaat Infused Water yang Menyegarkan, Cara Buatnya Gampang!

Mengapa Banyak yang Suka Menggunakan Gas Elpiji?

Gas LPG terdiri dari beberapa macam, yaitu gas tabung 3kg, 12kg, Bright Gas, Gas LPG Ease, dan gas subsidi. Harganya pun bervariasi, dari yang harga Rp19 ribuan hingga yang ratusan ribu untuk size besar dan jenis gasnya.

Adapun beberapa alasan kenapa orang lebih menyukai gas elpiji dibandingkan dengan bahan bakar lainnya adalah:

Mudah didapatkan

Jika kita melihat situasi sekarang, bahan bakar seperti kayu bakar, minyak tanah, hingga biogas langka kita temui, terutama di daerah perkotaan. Berbeda dengan gas LPG yang notabene sudah tersebar di banyak toko dan supermarket. Sudah begitu, penggunaannya pun praktis dan harganya bisa menyesuaikan kantong.

Media Pembakarannya Lebih Simple

Mau kompor satu tungku atau dua tungku, intinya sangat mudah digunakan untuk hampir segala lini usia (kecuali anak kecil, ya!). Tinggal ceklek, langsung nyala! Pada kompor yang lebih konvensional, mungkin sedikit lebih sulit dipakai dan bentuknya pun kurang estetik jika ditaruh di dapur. Betul tidak?

Hemat

Jika dibandingkan dengan kompor listrik, tentu saja kompor dengan gas LPG bisa dikatakan lebih murah. Dengan harga per tabungnya yang tidak sampai Rp20 ribu saat ini, kamu bisa tetap melakukan kegiatan masak-memasak dengan lancar.

Kita Bisa Mengatur Besar Kecilnya Api

Karena kompor dengan gas LPG punya “keran” pengatur api, kamu bisa meng-adjust seberapa besar atau kecil api yang ingin digunakan untuk memasak. Kalau SohIB melihat di zaman dahulu, kalau tidak terbiasa menggunakan kompor manual, resiko makanan gosong tidaklah kecil. Sebab, kamu tidak bisa mengatur besaran apinya.

5 Kebiasaan Buruk di Pertemanan yang Sering Dilakukan, Please Stop!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)