Bekerja Saat Puasa Anti Lesu, Perhatikan 5 Hal Ini!

Bekerja Saat Puasa Anti Lesu, Perhatikan 5 Hal Ini!

Perlengkapan ibadah ke masjid | Sumber: Unsplash (Rauf Alvi)

Bulan suci Ramadhan tak sampai seminggu lagi akan tiba menghampiri kita kembali. Sudahkah SohIB mempersiapkan diri dalam menyambutnya? Beberapa dari kita mungkin cukup khawatir akan merasa lesu dan lemas selama berpuasa, sebab memiliki aktivitas yang cukup padat.

Padahal, sejatinya puasa itu baik untuk kesehatan, lo! Karena itulah, di samping menyucikan jiwa, seharusnya menahan lapar dan haus membuat kita merasa lebih sehat. Alasannya, tubuh jadi beristirahat sejenak untuk memproses makanan (karena tidak ada asupan yang masuk) dan tubuh lebih terdetoks dari makanan yang kurang sehat dari biasanya.

Hindari Kebiasaan Buruk Ini Saat Bekerja!

Melansir dari Hellosehat, lemas saat puasa umumnya hanya terjadi pada fase awal yakni 3-4 hari pertama. setelah 3-4 hari, tubuh akan beradaptasi. Jadi, sebetulnya tidak ada masalah orang yang berpuasa melakukan kegiatan seperti biasa. SohIB tetap fokus atau konsentrasi kalau sahur dan buka puasanya tepat dan gizinya juga seimbang.

Kali ini, kita akan membahas bersama-sama tentang tips anti lesu saat puasa meskipun sedang bekerja atau beraktivitas lainnya. Are you ready? Let’s go!

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dehidrasi menjadi salah satu gejala paling umum yang dirasakan orang ketika berpuasa. Hal ini dikarenakan tubuh yang biasanya sering mendapat asupan cairan, menjadi tidak sebanyak biasanya. Namun, sebetulnya itu tetap bisa diatasi, selama SohIB telah mencukupi kebutuhan minum selama berbuka dan sahur.

Salah satu strategi yang bagus adalah mencoba pola minum 2-4-2, dengan periode sebagaimana berikut ini:

  1. Dua gelas saat berbuka puasa,
  2. Empat gelas sepanjang malam, 
  3. dan dua gelas saat sahur.

Btw, cairan tubuh nggak semuanya berasal dari air yang kamu minum, tetapi juga bisa berasal dari buah-buahan atau makanan berkuah yang kamu konsumsi. Akan tetapi, tetap saja, kamu harus memperbanyak minum air putih dan hindari yang berkalori tinggi.

Lakukan Olahraga dan Meditasi

Olahraga membuat tubuh menjadi sehat dan bugar selama berpuasa
Olahraga membuat tubuh menjadi sehat dan bugar selama berpuasa | Sumber: Unsplash (Gabin Vallet)

Usahakan untuk tetap aktif selama berpuasa. Jangan izinkan tubuh menjadi lebih manja selama jeda makan. Bahkan, tetap berolahraga sangatlah direkomendasikan. Hanya saja, pilihlah jenis yang lebih ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau yoga. Selain membuat stamina tetap fit, kamu juga tidak akan merasa bosan atau lapar.

Cara Mengolah Makanan Yang Sehat, Sudah Tahu?

Atur Waktu Tidur

Makan sahur memang artinya kita bangun lebih awal untuk makan sesuatu. Namun, bukan berarti SohIB sedang mengurangi jatah tidur. Usahakan untuk menerapkan pola tidur yang lebih teratur, misalnya tidur tak lama selepas shalat isya dan tarawih. Salah satu senjata yang ampuh untuk menghindari diri ingin begadang adalah menjauhi gadget apapun menjelang tidur.

Pilih Makanan yang Bergizi Seimbang

Pilihlah makanan yang bergizi agar tubuh tetap fit
Pilihlah makanan yang bergizi agar tubuh tetap fit | Sumber: Unsplash (Ella Olsson)

Ketika sedang berpuasa, semuanya tampak enak di pelupuk mata. Rasanya ingin segera berbuka dan memakan semua yang ada di depan. Padahal, tentu saja, perut kita tidak bisa banyak menampung makanan yang beraneka macam tersebut dalam satu waktu. Belum lagi kalau didominasi kudapan manis dan berminyak. Terang saja tubuh menjadi lebih mudah haus, lapar, dan lemas. Sebab, kadar gulanya tinggi.

Disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil tapi berkala, kemudian yang bergizi tinggi. Makanlah daging saat sahur agar kenyangnya lebih tahan lama dan perbanyak sayur mayur di saat berbuka.

Kenali Sinyal Tubuhmu

Tubuh kita, hanya diri sendirilah yang mampu memahaminya. Jangan suka mengabaikan apabila terdapat gejala-gejala tak biasa yang terjadi di badan SohIB. Apalagi, memaksakan diri untuk berpuasa itu juga nggak baik, lo! Bila memang sedang kurang sehat dan sekiranya tidak mampu melanjutkan puasamu, berhentilah. Namun, masalah tersebut juga harus segera kamu atasi, jangan malah dibiarkan sampai parah sakitnya.

12 Makanan Paling Viral Tahun 2022, Kamu Pernah Coba?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)