Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 Telah Dibuka, Kejar Peluang Kuliah ke Luar Negeri!

Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 Telah Dibuka, Kejar Peluang Kuliah ke Luar Negeri!

Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 | Unsplash (JESHOOTS.COM)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Halo, SohIB! Siapa di sini yang memiliki cita-cita untuk kuliah di luar negeri? Nah, kabar baik, nih untuk kamu! Saat ini sudah dibuka program beasiswa yang bisa membantu mewujudkan impianmu tersebut, yaitu Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023! Beasiswa ini diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi (BPPT) kepada siswa, pelaku kebudayaan, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan agar dapat meraih gelar pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

Dengan beasiswa ini, kamu dapat meraih pendidikan berkualitas tanpa perlu khawatir tentang biaya kuliah. Agar kamu lebih paham, yuk simak artikel berikut ini sampai habis!

Apa itu Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023?

Beasiswa Pendidikan Indonesia atau BPI adalah beasiswa yang dibuat oleh Kemendikbudristek yang bertujuan untuk mendukung para penerima beasiswa agar dapat meneruskan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Di tahun 2021 dan 2022, lebih dari 6.000 penerima beasiswa yang terbantu dengan program ini. Dari keseluruhan penerima beasiswa tersebut, sebanyak 89,1% di antaranya menempuh studi di dalam negeri dan 10,9% menempuh studi di luar negeri. Keren banget, ya!

Tips Sukses Bekerja di Luar Negeri, Siap-Siap Jadi Warga Dunia!

Kapan Pembukaan Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023?

Kuliah di Luar Negeri
Kuliah di Luar Negeri | Unsplash (Element5 Digital)

Saat ini pendaftaran BPI untuk tujuan perguruan tinggi (PT) sudah dibuka, lo, dengan rincian sebagai berikut:

  • 2 Mei 2023—31 Mei 2023 untuk pendaftaran PT di luar negeri.
  • 2 Mei 2023—30 Juni 2023 untuk pendaftaran PT di dalam negeri. 

Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023?

Setelah kita tahu jadwal pendaftaran BPI, maka selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah bagaimana cara mendaftarnya. Caranya cukup mudah, lo SohIB. Yuk kita intip di bawah ini!

  1. Kunjungi laman resmi dari Beasiswa Pendidikan Indonesia, yaitu https://www.beasiswa.kemdikbud.go.id
  2. Daftarkan diri terlebih dahulu jika kamu belum memiliki akun dan jangan lupa untuk mengisi formulir pendaftaran dengan benar, ya! Setelah itu klik “Daftar”.
  3. Jangan lupa untuk cek email secara berkala untuk aktivasi akun.
  4. Setelah itu coba untuk masuk di halaman https://www.beasiswa.kemdikbud.go.id dan kamu sudah bisa mulai melengkapi segala berkas formulir beasiswa.
  5. Pastikan berkas yang kamu masukkan sudah benar dan file dokumen berukuran maksimal 2 MB.
  6. Segera submit formulir tersebut jika sudah benar. Setelah itu, kamu bisa mencetak Kartu Peserta Beasiswa sebagai bukti bahwa kamu sudah selesai mengisi berkas.
  7. Langkah terakhir adalah SohIB tinggal menunggu informasi pengumuman hasil seleksi, deh.

Jenis Program Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023

Jenis program pembelajaran
Jenis program pembelajaran | Unsplash (fan yang)

Berdasarkan informasi dari beasiswa.kemdikbud.go.id, terdapat 7 progam beasiswa, nih, yang bisa kamu coba baik itu untuk dalam negeri atau luar negeri, antara lain:

  1. Beasiswa Calon Guru SMK D4/(S1)
  2. Beasiswa Pelaku Budaya (S1-S3)
  3. Beasiswa Indonesia Maju (S1-S3)
  4. Beasiswa Perguruan Tinggi Akademik (S2-S3)
  5. Beasiswa Perguruan Tinggi Vokasi (S2-S3)
  6. Beasiswa Pendidik dan Tenaga Kependidikan (S2-S3)
  7. Dosen LPTK/Pendidikan Profesi Guru (S3).

Persyaratan Umum Calon Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023

Jika SohIB tertarik untuk mengikuti BPI ini, pastikan untuk mengetahui beberapa syarat umum berikut ya, yaitu:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), yang dibuktikan dengan kartu identitas yang legal.
  2. Sudah diterima di universitas di dalam atau luar negeri sesuai dengan skema beasiswa yang ditetapkan oleh Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi (BPPT). Bukti berupa LoA Unconditional atau surat penerimaan tanpa syarat yang masih berlaku sampai penandatanganan surat pernyataan sebagai penerima beasiswa.
  3. Jika ada LoA Conditional, BPPT akan menerimanya hanya jika persyaratannya terkait dengan sponsor pendanaan, dokumen fisik ijazah dan transkrip pendidikan sebelumnya, atau persyaratan tambahan yang tidak berisiko mengubah status kelulusan calon mahasiswa di program studi dan universitas tersebut. LoA Conditional harus mencantumkan identitas calon mahasiswa, program studi, universitas, kondisi yang belum terpenuhi, dan periode perkuliahan. LoA Conditional masih berlaku sampai penandatanganan surat pernyataan sebagai penerima beasiswa.
SIM Indonesia Bisa Dipakai di Luar Negeri, Kamu Wajib Tahu 5 Hal Ini!

Syarat Skor TOEFL dan IELTS untuk Pendaftar Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023

Untuk memenuhi syarat pendaftaran, kamu perlu memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku. Sertifikat tersebut harus diterbitkan oleh ETS, PTE Academic, atau IELTS. Skor yang dibutuhkan untuk sertifikat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bagi pendaftar S1, kamu perlu mencapai skor minimal 72 untuk TOEFL IBT, 46 untuk PTE Academic, atau 5,5 untuk IELTS.
  2. Untuk pendaftar S2 dan S3, skor yang dibutuhkan sedikit lebih tinggi. Kamu harus mencapai skor minimal 80 untuk TOEFL IBT, 58 untuk PTE Academic, atau 6,5 untuk IELTS. Ini akan membantu memastikan bahwa kemampuan bahasa Inggrismu sudah mencukupi untuk menyelesaikan program studi yang lebih tinggi.

Nah, itu dia informasi singkat dari Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 yang sedang dibuka. Jangan lewatkan kesempatan ini, ya SohIB! Ayo ikuti program BPI dan kejar impian kuliahmu ke jenjang yang lebih tinggi. Siapa tahu, kamu bisa mewujudkan cita-citamu dan berkelana di luar negeri!