Beasiswa Kominfo Kembali Dibuka untuk Dalam dan Luar Negeri, Yuk Daftar!

Beasiswa Kominfo Kembali Dibuka untuk Dalam dan Luar Negeri, Yuk Daftar!

Beasiswa Kominfo 2023 | Sumber: beasiswa.kominfo.go.id

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali membuka Program Beasiswa S2 untuk masyarakat Indonesia yang berminat untuk melanjutkan studi magisternya di bidang yang relevan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi, baik di dalam maupun luar negeri. Pendaftaran telah dibuka sejak 22 Februari 2023 dan akan ditutup pada 25 Maret 2023.

Dilansir dari siaran pers Kominfo, Sekretaris Badan penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo, Haryati, mengatakan bahwa Program Beasiswa Tahun 2023 diharapkan dapat menjaring lebih banyak orang dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Btw, program beasiswa pendidikan ini sudah ada sejak tahun 2007, lo! Bahkan, sudah lebih dari 2.500 orang yang dibantu pendidikan lanjutan magisternya, baik di universitas dalam maupun luar negeri.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di berbagai kelompok masyarakat (PNS, anggota TNI/POLRI, masyarakat umum non-PNS, hingga pelaku startup lokal yang bekerja di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

SohIB penasaran dengan syarat, cakupan pembiayaan, dan detail lainnya? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Tahapan Pendaftaran Beasiswa Kominfo 2023 Secara Umum

Tahapan pendaftaran Beasiswa Kominfo 2023
Tahapan pendaftaran Beasiswa Kominfo 2023 | Sumber: beasiswa.kominfo.go.id
  1. Pendaftaran: buka laman beasiswa.kominfo.go.id dan lakukan pendaftaran diri dengan membuat akun terlebih dahulu. Siapkan NIK KTP/NIP, e-mail, dan nomor handphone yang masih aktif;
  2. Pilih beasiswa: setelah kamu sudah berhasil mendaftarkan akun, pilihlah tipe beasiswa yang akan kamu tuju. Terdapat dua opsi, yakni Beasiswa Dalam Negeri dan Beasiswa Luar Negeri. Klik tombol ‘Daftar Beasiswa’ untuk melanjutkan proses pendaftaran;
  3. Seleksi: tipe beasiswa yang dipilih mempunyai tahapan seleksi yang berbeda. Data pendaftaran beasiswa akan dilakukan seleksi oleh tim beasiswa;
  4. Awardee: jika lolos seleksi, SohIB secara otomatis akan menjadi awardee beasiswa. So, jangan lupa untuk melengkapi data sesuai dengan beasiswa yang berhasil kamu dapatkan.
Sistem Pendidikan di Berbagai Negara, Apa Saja?

Cakupan Beasiswa yang Di-cover

Sejauh ini, Kominfo sendiri belum mengonfirmasi apa saja rincian pembiayaan pendidikan yang akan didapatkan oleh pelamar. Namun, pada salah satu rilisnya menyebutkan bahwa Kementerian Kominfo akan menanggung biaya pendidikan yang besarnya sesuai dengan SPP yang telah ditetapkan, sesuai Perguruan Tinggi masing-masing (pada masa studi normal).

Kemudian, ada juga Bantuan Operasional Studi sebesar Rp1,5 juta per bulan yang akan diterima peserta beasiswa. Untuk pembiayaan lainnya, pemerintah pusat/daerah/satuan kerja asal penerima-lah yang akan memberikan biaya-biaya lain sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Kamu bisa mengeceknya secara berkala untuk pemberitahuan lebih lanjutnya.

Beasiswa Kominfo 2023 Dalam Negeri

Daftar mitra universitas dalam negeri Beasiswa Kominfo 2023
Daftar mitra universitas dalam negeri Beasiswa Kominfo 2023 | Sumber: beasiswa.kominfo.go.id

Persyaratan Umum Beasiswa S2 Dalam Negeri Kementerian Kominfo 2023

  1. Masa kerja minimum 2 tahun;
  2. Belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan S2 dari lembaga lain;
  3. Persyaratan lainnya mengikuti persyaratan masing-masing Perguruan Tinggi yang dipilih;
  4. Pendaftar beasiswa hanya diperkenankan untuk mendaftar pada kelas reguler;
  5. Outline rencana tugas akhir maksimal 1 halaman (judul, latar belakang, tujuan dan manfaat yang sesuai dengan program Transformasi Digitalisasi Nasional).​

Sebenarnya, masih ada dua kategori persyaratan yang khusus ditujukan untuk masyarakat umum dan golongan ASN/TNI/POLRI. Namun, agar lebih jelasnya, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi program beasiswa ini, ya!

Mitra Beasiswa S2 Dalam Negeri Kementerian Kominfo 2023

Hingga sekarang, 9 universitas di Indonesia dengan program studi khususnya telah tergabung sebagai mitra resmi program pendidikan ini. Apa saja?

Institut Teknologi Bandung

Magister Teknik Elektro Opsi Layanan Teknologi Informasi (LTI), dengan fokus area Transformasi Layanan Digital bagi PNS dan Masyarakat Umum dan Rekayasa dan Manajemen Keamanan Informasi (RMKI), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI – ITB) dengan fokus area Pengembangan Enterprise Architecture bagi PNS.

Institut Teknologi Sepuluh November

Magister Teknik Elektro Konsentrasi Telematika (Pengelola TIK Pemerintahan), Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan fokus area Implementasi Big Data dan Artificial Intelligence (AI) bagi PNS dan Masyarakat Umum.

Universitas Sebelas Maret

Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Universitas Airlangga

Magister Media dan Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Universitas Andalas

Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Universitas Hasanuddin

Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Universitas Sumatera Utara

Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Universitas Indonesia

Magister Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dengan fokus area Tata kelola TIK bagi PNS dan Start-up Digital bagi Masyarakat.

Magister Manajemen Keamanan Jaringan Informasi (MKJI), Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, dengan fokus area Pengembangan Cyber Security bagi PNS.

Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Universitas Gadjah Mada

Magister Teknologi Informasi (MTI), Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan fokus area Pengembangan Sistem untuk Smart City dan Smart Government bagi PNS dan Masyarakat Umum.

Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (MKIK), minat studi Transformasi Digital Sektor Publik, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan fokus area Pengembangan Kebijakan Publik untuk Teknologi Digital bagi PNS dan Masyarakat Umum.

Master of Arts in Digital Transformation and Competitiveness (MA in DTC), Departemen llmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan fokus area pengembangan strategi dan kebijakan peningkatan daya saing nasional dalam sektor ekonomi digital bagi PNS dan profesional.

Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.Beasiswa Kominfo 2023 Luar Negeri

Berprofesi Sebagai PNS, Ini Sederet Keuntungannya!

Beasiswa Kominfo 2023 Luar Negeri

Mitra universitas luar negeri Beasiswa Kominfo 2023
Mitra universitas luar negeri Beasiswa Kominfo 2023 | Sumber: beasiswa.kominfo.go.id

Persyaratan Umum Beasiswa S2 Luar Negeri Kementerian Kominfo 2023

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Berlatar belakang pekerjaan di sektor teknologi informasi dan komunikasi dan pelaku rintisan (start-up) lokal (bagi pelamar dari masyarakat umum, termasuk penyandang disabilitas);
  3. Berusia maksimal 45 tahun pada saat pendaftaran;
  4. Belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang menerima beasiswa lain dan/atau sedang mengikuti program pendidikan S2 baik atas biaya sendiri maupun dari lembaga lain;
  5. Mendapatkan izin pejabat yang berwenang;
  6. Telah memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun;
  7. Akan kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan;
  8. Lulusan Sarjana (S1) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (dari skala 4,0);
  9. Memiliki sertifikat TOEFL ITP dengan skor paling sedikit 530 atau TOEFL iBT 90 atau IELTS 6,5 (Bagi pelamar yang belum memiliki sertifikat TOEFL iBT/IELTS, dapat menyerahkan sertifikat TOEFL ITP untuk seleksi internal beasiswa Kementerian Kominfo. Pelamar tetap harus memenuhi persyaratan Bahasa Inggris yang ditetapkan Mitra Perguruan Tinggi);
  10. Pelamar wajib mendaftar ke perguruan tinggi untuk penerimaan bulan Agustus/September 2023 atau Januari/Februari Tahun 2024; dan
  11. Memenuhi persyaratan khusus dari perguruan tinggi yang dituju.

Senada dengan beasiswa dalam negerinya, masih ada dua kategori persyaratan yang khusus ditujukan untuk masyarakat umum dan golongan ASN/TNI/POLRI. Oleh sebab itu, pastikan SohIB untuk mengunjungi laman Beasiswa Kominfo untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Mitra Beasiswa S2 Luar Negeri Kementerian Kominfo 2023 dan Syarat Khususnya

Program pembiayaan pendidikan bergengsi ini telah bekerja sama dengan 5 universitas ternama dari 5 negara yang berbeda. Simak tulisan di bawah baik-baik, ya!

Republik Rakyat Tiongkok – Tsinghua University

  1. Pelamar beasiswa wajib mendaftar dan mengikuti tahap seleksi beasiswa ke Kementerian Kominfo terlebih dahulu, bersamaan dengan menyiapkan berkas persyaratan khusus perguruan tinggi;
  2. Persyaratan khusus, dokumen yang harus diunggah dan sistem aplikasi daring Tsinghua dapat dilihat pada laman ini hingga bulan Maret 2023;
  3. Biaya pendaftaran akan ditanggung oleh Kementerian Kominfo bagi pendaftar yang telah dinyatakan menjadi penerima beasiswa Kementerian Kominfo Tahun 2023.

India – International Institute of Information Technology Bangalore

Pelamar wajib mengikuti tes daring yang diselenggarakan oleh IIITB dan akan difasilitasi oleh Kementerian Kominfo pada bulan Mei 2023 (Jadwal akan diinformasikan kemudian) dengan ragam tes sebagai berikut:

  1. Kemampuan Bahasa Inggris;
  2. Kompetensi umum (sejenis TPA);
  3. Wawancara daring dengan Admissions Team IIITB.

Hungaria – Eötvös Loránd University

Pelamar beasiswa wajib mendaftar ke perguruan tinggi secara mandiri untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) bersamaan dengan pendaftaran beasiswa ke Kementerian Kominfo. Batas waktu pendaftaran ke Eötvös Loránd University pada tanggal 10 April 2023. Masing-masing pelamar wajib mengikuti ujian seleksi masuk yang diselenggarakan oleh ELTE.

Belanda – University of Twente

Pelamar beasiswa wajib mendaftar ke perguruan tinggi secara mandiri untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) bersamaan dengan pendaftaran beasiswa ke Kementerian Kominfo. Batas waktu pendaftaran ke Twente University pada tanggal 1 Mei 2023 untuk permulaan intake September 2023, dan 1 Oktober 2023 untuk permulaan intake Februari 2024.

Jepang – The University of Electro Communications (UEC)​

Pelamar beasiswa wajib mendaftar dan mengikuti tahap seleksi beasiswa ke Kementerian Kominfo terlebih dahulu, bersamaan dengan menyiapkan berkas persyaratan khusus perguruan tinggi. Masing-masing pelamar diwajibkan untuk menyusun proposal penelitian untuk mendaftar pada perguruan tinggi UEC.

5 Universitas Tertua di Dunia, Sudah Tahu?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)