Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan 5 Bahan Alami Ini!

Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan 5 Bahan Alami Ini!

Makanan dan minuman berbahan alami saat ini menjadi lifestyle bagi banyak orang | Sumber: Unsplash (Lisa Hobbs)

Pada suatu waktu di musim hujan, kita bisa sesekali terserang penyakit flu. Namun, di masa yang lain, meski kita sedang bermain hujan-hujanan, tubuh seolah kebal dan tetap sehat. Nah, tahukah kamu, apabila sistem imunitas dalam tubuh berperan besar dalam kondisi ini, lo, SohIB!

Sistem daya tahan tubuh atau yang biasa disebut imunitas, adalah suatu mekanisme yang dilakukan oleh tubuh untuk melindunginya dari serangan organisme dan kuman penyebab penyakit. Pada situasi yang normal, sistem tersebut bisa bekerja dengan maksimal saat tubuh diserang kuman, virus, atau sejenisnya bagaikan alarm yang berbunyi. Akan tetapi, bila imunitas sedang turun, bisa jadi hal-hal yang sepele pun dapat memicu masalah.

Maka dari itu, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa orang lebih memilih cara yang tradisional dan natural sebagai jalan ninja melindungi jasmaninya. Kali ini, kita akan membahas mengenai 5 bahan alami yang bisa SohIB coba untuk mengoptimalkan mekanisme pertahanan tubuh! Here we go!

Baca juga: 7 Makanan Memperlancar ASI yang Mudah Ditemukan di Indonesia

Bawang putih

https://unsplash.com/photos/qvLuYkT3Wj0 Photo by Sanjay Dosajh on Unsplash
Bawang putih sangat mudah ditemui di Indonesia sebagai salah satu penyedap masakan | Sumber: Unsplash (Sanjay Dosajh)

Siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini? Bila kita pergi ke dapur dan diminta untuk menunjuk satu bahan masakan yang paling kita kenal, tentu bawang putih menjadi yang paling mudah untuk dipilih. Selain memberikan efek sedap dan harum pada makanan, ternyata tanaman dengan nama ilmiah Allium Sativum ini mempunyai segudang manfaat, lo! Apa saja?

Selain kaya akan antioksidan dan mencegah kanker hati, bawang putih adalah penangkal radikal bebas yang hebat! Selain itu, darah tinggi dan kolesterol dapat menurun berkat zat allicin yang mampu menghambat enzim penyebab momok menakutkan tersebut. 

Jahe

https://unsplash.com/photos/1q4IIdEnIWA Photo by Mockup Graphics on Unsplash
Jahe dikenal sebagai tanaman yang ketika dibuat minuman, bisa menghangatkan tubuh | Sumber: Unsplash (Mockup Graphics)

Jahe sebagai tanaman antiradang dan antibakteri memang bukan hal baru. Selama ini terkenal dengan efeknya yang menghangatkan tubuh, jahe bisa membantu mencegah stres, melawan penyakit berat seperti kanker ovarium dan mengurangi resiko penyakit jantung dan paru-paru.

Oiya, para penyanyi kelas atas pun juga rajin mengonsumsi bahan alami yang satu ini agar tenggorokan lebih lega dan suara yang dihasilkan lebih jernih. Saat ini, tersedia banyak minuman serbuk instan hingga permen jahe yang memudahkan kita untuk membawanya ke mana-mana. Praktis banget gitu!

Baca juga: Cara Mengolah Makanan Yang Sehat, Sudah Tahu?

Kunyit

https://unsplash.com/photos/vuDXJ60mJOA Photo by Chinh Le Duc on Unsplash
Kunyit memiliki warna oranye cerah, bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami | Sumber: Unsplash (Chinh Le Duc)

Kunyit adalah tanaman dengan rasa yang manis-manis unik apabila dijadikan minuman jamu yang dicampur dengan madu. Namun, si kuning yang satu ini juga punya banyak manfaat yang tidak bisa kita abaikan, lo, SohIB!

Kunyit sangat efektif untuk menangkal bakteri dan racun yang jahat, pereda nyeri saat sedang haid, dan tentunya bisa melawan berbagai infeksi pada daerah kewanitaan, sariawan, hingga kulit.

Tanaman tersebut bersifat antioksidan dan memiliki vitamin, kalsium, hingga fosfor. Jangan lupakan juga manfaat kurkuminnya untuk imunomodulator alias zat yang memodifikasi respon sistem kekebalan tubuh agar meningkatkan antibodi.

Mengkudu

https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-etnis-memilih-ginseng-di-pasar-jalanan-5709265/
Mengkudu memang memiliki aroma bau, tetapi kaya manfaat | Sumber: Unsplash (Iman Santoso)

Siapapun yang berani makan buah mengkudu secara langsung, pasti dia orang keren! Yup, mau bagaimana lagi, buah berwarna hijau ini memang mengeluarkan bau yang tidak sedap! Oleh karena itu, tidak banyak yang tertarik mengonsumsi mengkudu, padahal terdapat banyak kebaikan dari buah ini yang sangat bermanfaat bagi jasmani!

Mengkudu dapat mengaktifkan jenis-jenis reseptor pada sel kekebalan tubuh dan menekan zat tertentu penyebab alergi dan gangguan pada pernapasan. Tak hanya itu saja, bahan natural ini juga baik dalam mengontrol gula darah dan melawan sel-sel tumor. Tertarik mencoba?

Ginseng

https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-etnis-memilih-ginseng-di-pasar-jalanan-5709265/
Ginseng sering dicampurkan dalam kopi kesehatan | Sumber: Unsplash (Sam Lion)

Bila membahas seputar ginseng, kira-kira SohIB terpikirkan apa? Yes, bahan herbal ini memang identik dengan negara-negara Asia, terutama bagian timur seperti China, Jepang, dan Korea.

Ginseng memiliki banyak khasiat baik seperti seperti anti peradangan, anti flu, meningkatkan imunitas tubuh, dan masih banyak lagi. Tanaman berwarna coklat muda ini apabila diolah dengan kopi akan menghasilkan cita rasa yang khas dan enak. Apakah SohIB sudah pernah mencicipinya?

Demikian pembahasan tentang berbagai bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bagaimana menurut kamu? Adakah bahan lainnya yang bisa SohIB gunakan?

Baca juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Wajah, Kamu Pernah?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)