Awas! Kenali Tanda-tanda Burnout Dalam Kerja

Awas! Kenali Tanda-tanda Burnout Dalam Kerja

Faktor burnout bisa dari mana saja, lo! | Sumber: Unsplash (Hernan Sanchez)

“Mau ngerjain tugas hari ini rasanya capek banget. Cuma mau staycation ala-ala.”

Akhir-akhir ini, istilah burnout mulai diperbincangkan di berbagai kalangan, khususnya generasi milenial dan generasi Z. Burnout merujuk pada perasaan yang sangat letih, malas melakukan aktivitas, putus asa hingga kehilangan motivasi. Siapapun bisa mengalaminya, termasuk pelajar, pekerja, hingga ibu rumah tangga.

Penyebabnya bisa banyak hal, dari stres yang akut, masalah yang tidak bisa teratasi, beban terlalu berat, hingga kejenuhan yang teramat sangat. Karena bisa berkepanjangan, SohIB harus berhati-hati, lo, apabila sudah berada di titik ini.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai tanda-tanda burnout dalam kerja. Dengan mengetahui bersama ciri-cirinya, kita bisa segera mencari cara untuk keluar dari kondisi tersebut. Yuk, simak artikelnya bersama-sama!

Emosi Menjadi Labil

https://unsplash.com/photos/y8OPPvo_5mU Photo by Abbie Bernet on Unsplash
Emosi yang kurang stabil bisa jadi disebabkan oleh burnout | Sumber: Unsplash (Abbie Bernet)

Apa-apa bawaannya pengen marah dan ngunyah orang! Waduh, mood-nya lagi jelek banget, nih! Mood yang berubah-ubah dengan cepat bisa jadi disebabkan oleh burnout yang belum diatasi dengan baik. Tentunya hal seperti ini tidak boleh dipelihara ya, guys. Selain tidak baik untuk diri kita, tentunya bisa membuat komunikasi dengan orang sekitar menjadi terganggu.

Baca juga: Persiapkan Hal Ini Sebelum Jadi Jurnalis!

Mudah Sakit

SohIB pasti sudah sering mendengar bila kelelahan secara emosi dapat menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit, atau ‘merasa’ sakit. Yup, situasi ini dinamakan psikosomatis, yakni kondisi penyakit fisik yang diakibatkan oleh pikiran kita. Tahu nggak SohIB, psikosomatis bisa menjadikan kita sakit lambung, dada nyeri, bahkan juga kelumpuhan, lo!

Lelah Terus-Menerus

https://unsplash.com/photos/CwIU33KGToc Photo by Vladislav Muslakov on Unsplash
Lelah bisa menjadi salah satu efek dari burnout | Sumber: Unsplash (Vladislav Muslakov)

Rasa capek memang normal dialami oleh semua orang. Bahkan, setelah berolahraga, badan bisa terasa sangat lelah hingga perlu istirahat, bukan? Akan tetapi, pada situasi burnout, seseorang akan menghadapi kehilangan energi berkepanjangan pada sisi emosionalnya juga.

Dalam kondisi yang lebih tidak terkendali, burnout bisa menyebabkan kita kehilangan semangat. Ih, serem juga, ya?

Baca juga: Tertarik Bekerja Di Startup? Ini 5 Keuntungannya!

Hilang Motivasi Hingga Kebingungan Untuk Menyelesaikannya

Suatu perubahan akan terjadi apabila kita memiliki dorongan yang membantu untuk mencapai titik tersebut. Namun, bila sedang mengalami stres yang over, hal tersebut bisa menimbulkan hilangnya stimulus dalam diri. Nggak heran, situasi ini juga akan membuat kamu sulit konsentrasi dan menyelesaikan pekerjaan.

Banyak dari kita yang terkadang kurang aware dengan beberapa gejala burnout. Bahkan, nggak heran justru orang-orang sekitar yang lebih dahulu menyadarkan kita. Oleh sebab itu, edukasi mengenai kondisi ini sangatlah penting agar pencegahan bisa dilakukan lebih dini. Yuk, kenali diri kita sendiri sebelum efek buruknya akan memengaruhi kita

Baca juga: Temukan Versi Terbaik Dirimu dengan 3 Langkah Ini!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)