Intip Cara Seru Atasi Public Speaking Anxiety

Intip Cara Seru Atasi Public Speaking Anxiety

Public Speaking | Sumber: Unsplash.com @priscilladupreez

Ngomong di depan publik atau dikenal dengan istilah gaulnya public speaking merupakan aktivitas yang biasa dilakukan siapa saja untuk memberikan argumen, mempresentasikan sesuatu, dan mengemukakan opini kepada khalayak. Public speaking kini telah menjadi salah satu soft skill yang dibutuhkan di ranah dunia kerja.

Para ahli berpendapat bahwa berbicara di depan khalayak yang bagus artinya mampu menyampaikan pendapat secara baik dan lugas, sehingga mengurangi kesalahpahaman pada pihak lawan bicara. Namun, percaya atau tidak, kecemasan public speaking sering kali terjadi lo, terutama di hadapan publik.

Perasaan gemetar, gugup, takut salah ucap, dan minder menjadi secuil faktor yang menciutkan keberanian ngomong depan publik. Suasana lokasi yang menegangkan juga dapat dikatakan sebagai pemicu terjadinya public speaking anxiety. Contohnya seperti di depan kelas, di hadapan penguji, bahkan public place.

Public speaking anxiety | unsplash.com @joicekelly

Tekanan internal dan eksternal yang bertubi-tubi makin bikin drop aja, nih! Namun, ahli mengungkapkan bahwa public speaking anxiety terbangun karena persepsi diri sendiri yang direkayasa seolah-olah menyeramkan, padahal tidak sama sekali. Nah, supaya lebih pede saat public speaking, intip cara seru mengatasi public speaking anxiety yuk, SohIB!

Tidak terpaku menjadi Perfeksionis

Paham banget kalo SohIB pengen presentasi selancar dan sesempurna mungkin dari awal hingga akhir. Namun, faktanya, menginginkan presentasi berjalan lancar tanpa hambatan malah bikin grogi, cemas, dan takut buat public speaking, lo! Penting untuk ditekankan bahwa nggak semua harus berjalan mulus layaknya nyetir di tol. So, ngelakuin kesalahan atau nggak perfect sama sekali bukan berarti gagal ya, SohIB.

It’s okay to be Nervous

Terbata-bata ngomong di depan publik karena grogi itu hal yang wajar. Bahkan, orang yang profesional sekali pun dengan padatnya “jam terbang”, untuk public speaking juga masih ngerasa deg-degan lo, SohIB!

Gejala cemas seperti ini adalah wajar. Namun, tetaplah untuk bersikap tenang dan berusaha menyingkirkan negative thinking yang stuck in your mind.

Menenangkan kecemasan | pexels.com @SHVETSproduction

Berikan Sanjungan Positif kepada Diri Sendiri

Setiap orang butuh diberikan kata-kata yang memotivasi, terlebih kepada diri sendiri. Hl ini dilakukan sebagai salah satu cara supaya untuk meningkatkan kepercayaan diri. Cobalah menarik nafas sejenak dan berikan afirmasi ke diri sendiri, seperti “semua akan baik-baik saja”, “aku dah ngelakuin yang terbaik”, “Jungkook akan bangga ngeliat aku”, dan sebagainya.

Jadikan tiap kalimat positif ini sebagai penyemangat supaya SohIB makin pede public speaking.

Rileks itu Penting!

Sebelum naik ke atas panggung, SohIB bisa melakukan beberapa aktivitas agar pikiran menjadi tenang saat showtime. Kamu bisa mendengarkan lagu kesukaanmu, menonton video yang menghibur, ngobrolin hal seru bersama teman, dan sebagainya. Intinya lakukan apapun yang membuat SohIB nyaman.

Secara nggak langsung, saraf yang sedari tadi menegang menjadi lebih santai. Penampilan pun akan maksimal dan tetap tenang saat sudah di atas panggung.

Positive affirmation | unsplash.com @sydneyrae

Wah, ternyata se-simple itu ya, SohIB? Memang harus mengubah persepsi diri dulu sebelum memberikan penampilan terbaik kita on the stage. Selayaknya bayi, cobalah perlahan-lahan atasi rasa anxiety menjadi rasa happy dan bahagia.

Pada tanggal 16 Februari 2023, SohIB Berkelas hadir dengan mengangkat topik Public Speaking: Seni Memikat Audiens bersama kak Quliah Alfendah. SohIB yang ketinggalan kelasnya bisa tetap menyimak pembahasannya melalui YouTube IndonesiaBaikID dan rangkuman pembahasan di Instagram @id_sohib.