ASN Badan Layanan Umum (BLU): Pulihkan Ekonomi, Berbakti untuk Negeri

ASN Badan Layanan Umum (BLU): Pulihkan Ekonomi, Berbakti untuk Negeri

Berbakti untuk Negeri | suarasurabaya.net

#SobatHebatIndonesiaBaik

#JadiKontributorJadiInspirator

#BerbagiMenginspirasi

SohIBBerkompetisiArtikel

#Makin Tahu Indonesia

Dalam sebuah acara Festival Transformasi tahun 2021 di Jakarta, mengutip antaranews.com Menteri Keuangan Sri Mulyani pernah mengatakan, “Transformasi pelayanan publik bukanlah suatu kegiatan satu tahun dan selesai namun dia merupakan sebuah sikap untuk terus menerus mau dan mampu berubah sesuai tantangan yang kita hadapi’’(Faidlatul, Astrid; 2021)

Pernyataan Menkeu Sri Mulyani tentang pentingnya transformasi pelayanan publik di atas merupakan tantangan hari ini dan masa mendatang bagi ASN Indonesia khususnya di lingkungan instansi BLU agar mampu bersaing dengan sektor bisnis lain baik BUMN maupun swasta. BLU harus mampu beradaptasi, bergerak, dan mengantisipasi perubahan yang serba cepat di era disrupsi sekarang ini dimana perubahan besar terjadi begitu cepat karena inovasi dan teknologi.

Seorang Perawat ASN di Rumah Sakit BLU sedang menyiapkan obat pasien covid 19 | IG Rumah Sakit Paru Dr. H. A. Rotinsulu Bandung (Rosida Vitaloka)

Sebagai instansi yang berbeda dengan instansi pemerintah lainnya dimana BLU memiliki fleksibilitas dalam mengelola keuangan seperti penggunaan langsung Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tanpa harus disetorkan dulu ke kas negara, BLU diharapkan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dan cepat kepada masyarakat. Dengan fleksibilitas tersebut BLU diharapkan bertumbuh menjadi instansi yang luwes dan mampu menjawab tantangan global dimana kekakuan birokrasi sudah tidak relevan di era pelayanan publik yang menuntut kecepatan dan transparansi.

Berdasarkan data PPK BLU pemerintah saat ini setidaknya memiliki 252 satuan kerja BLU yang tersebar di seluruh Indonesia meliputi BLU rumpun Pendidikan, BLU rumpun Kesehatan (rumah sakit, balai Kesehatan), dan BLU kawasan dan/atau penyediaan barang/jasa lainnya. Sebagai ujung tombak pelayanan publik yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat BLU wajib hadir menjadi representasi pemerintah dalam memberikan pelayanan publik yang bersifat modern, maju, dan unggul baik secara internal maupun eskternal.

Melalui value SPEED (Sinergi, Profesional, Efektif, Efisien, dan Digital) BLU menjadi lembaga wirausaha pemerintah yang memiliki potensi dan kontribusi yang tidak kecil dalam pemulihan ekonomi nasional.  Mengutip data PPK BLU dalam laman instagram @ppkblu kinerja keuangan BLU sampai dengan triwulan III tahun 2021 telah mencapai PNPB sebesar Rp92,73 triliun yang terdiri dari Rp12,97 triliun dari PNBP BLU Kesehatan, Rp12,84 triliun dari PNBP BLU Pendidikan, dan Rp66,92 triliun dari PNBP BLU Lainnya. Capaian PNBP BLU sampai dengan triwulan III tahun 2021 mencapai 158,06%. Data tersebut menjadi bukti bahwa BLU mampu hadir dalam upaya melayani masyarakat dan ikut menggerakan pemulihan ekonomi nasional.  Pada triwulan I tahun 2022, PNBP BLU sudah mencapai Rp24,34 triliun yang terdiri dari Rp3,26 triliun PNBP BLU Kesehatan, Rp3,1 triliun dari PNBP BLU Pendidikan, dan Rp17,97 triliun dari PNBP BLU lainnya.

BLU Expo 2021 Sinergi BLU Pulihkan Ekonomi | kemenkeu.go.id

Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum pada Instansi Pemerintah, yaitu memberikan layanan kepada masyarakat tanpa mengutamakan mencari keuntungan dengan mengutamakan prinsip efisiensi dan produktivitas menjadikan instansi BLU sebagai instansi pemerintah yang ikut berperan dalam memulihkan perekonomian nasional. Mengutip kemenkeu.go.id (2021), sebagaimana dikatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani, kebijakan pemerintah dalam program PEN tidak terlepas dari peran serta 252 BLU yang dengan fleksibilitasnya dapat lebih agile dan responsif menghadapi dinamika pandemi terutama dalam layanan kesehatan dan pendidikan serta mendukung UMKM untuk tetap survive.

Dari aspek layanan kesehatan misalnya, hampir 90% rumah sakit BLU menjadi rumah sakit rujukan covid 19 dan melayani 34 juta pasien covid 19 yang 80%-nya merupakan pasien BPJS. BLU juga turut hadir dalam memberikan dukungan bantuan modal kepada 4,48 juta masyarakat pelaku usaha Mikro dengan penyaluran modal mencapai Rp14,7 triliun melalui BLU Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Kemudian sebanyak 1,15 juta pelaku UMKM dan Koperasi mendapatkan penyaluran modal sebesar Rp13,3 triliun lewat Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB). Lalu ada juga 28 ribu kelompok tani hutan yang mendapatkan penyaluran modal sebesar Rp1,5 triliun melalui Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), serta kepada hampir 18,8 ribu kelompok usaha kelautan/perikanan disalurkan sebanyak Rp742,7 miliar melalui Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan/LPMUKP (kemenkeu.go.id, 2021).

ASN Ber-AKHLAK dengan SPEED Tinggi

Pada Juli tahun 2021 Presiden Joko Widodo telah meluncurkan  core value “ASN BerAKHLAK” dan employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa”. ASN BerAKHLAK merupakan singkatan dari 1) Berorientasi Pelayanan (berkomitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat), 2) Akuntabel (bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan), 3) Kompeten (terus belajar dan mengembangkan kapabilitas), 4) Harmonis (saling peduli dan menghargai perbedaan), 5) Loyal (berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara) 6) Adaptif (terus berinovasi dan antusias dalam menggerakan ataupun menghadapi perubahan), dan 7) Kolaboratif (membangun kerja sama yang dinamis).

Untuk menunjang kualitas pelayanan publik BLU yang bertransformasi dan berdaya saing global dalam memacu pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi dukungan sdm berkualitas dan unggul adalah harga mati. ASN BLU sebagai ujung tombak pelayanan publik harus menjadi penggerak perubahan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Melalui core value ASN Ber-AKHLAK dan SPEED (Sinergi, Profesional, Efektif, Efisien, dan Digital), ASN di lingkungan instansi BLU diharapkan memiliki jiwa melayani, membantu dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat demi akselerasi pemulihan negeri setelah pandemi. Recover Together, Recover Stronger.***(HH)