Analisis SWOT untuk Mengenali Diri Lebih Dekat

Analisis SWOT untuk Mengenali Diri Lebih Dekat

SWOT nggak hanya digunakan untuk kepentingan bisnis semata | Sumber: Unsplash (Anna Kolosyuk)

Bagi yang pernah belajar ekonomi bisnis mungkin pernah mendengar yang namanya analisis SWOT. metode ini biasanya digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memetakan potensi perusahaannya ke dalam empat poin, yakni Strength (kekuatan), Weakness (kekurangan), Opportunities (peluang), dan Threat (ancaman).

Dengan demikian, SWOT diharapkan mampu membantu pebisnis memahami lebih dalam mengenai perusahaan dan bisa mengantisipasi atau menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi di masa depan.

Namun, tahukah kamu bahwa analisis SWOT sebenarnya nggak hanya digunakan untuk tujuan bisnis semata, lo! SohIB juga bisa menggunakannya untuk mengenali diri sendiri secara lebih terperinci.

Misalnya, saat ini kamu sedang mempersiapkan diri untuk berkarier setelah lulus nanti. Nah, dengan memetakan diri berdasarkan 4 unsur tadi, kita jadi lebih tahu potensi apa saja yang ada, bagaimana cara mengembangkannya, hingga cara ‘memperlakukan’ kekurangan diri yang ada pada kita. Terlebih lagi, interview kerja biasanya sering menanyakan tentang weakness pelamarnya, lo! Untuk itu, yuk, simak ulasannya mengenai SWOT sebagai sarana mengenali diri kita!

Lingkungan Kerja Kamu Toxic? Check 5 Tanda Ini!

Tentukan Tujuanmu!

Akan jauh lebih mudah apabila SohIB tahu terlebih dahulu tujuan membuat SWOT. Nantinya, apa yang kamu isi bisa menjadi lebih terstruktur dan mendetail. Menuliskan ‘tentang diri’ itu gampang-gampang susah. Mudah karena objeknya adalah kita sendiri, sulit karena bisa saja menjadi terlalu luas cangkupannya dan tidak terarah.

SohIB nggak papa banget untuk memiliki beberapa SWOT yang disesuaikan dengan tujuannya, contohnya SWOT lulus UN, SWOT bekerja sebagai ahli IT, dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dalam mengembangkan diri dan memperbaiki yang masih kurang.

Mulai Menganalisis!

Ajukan pertanyaan pada diri sendiri sampai kamu menemukan jawabannya | Sumber: Unsplash (Kaleidico)

Jika kamu sudah melakukan persiapan di poin pertama, tanpa perlu berpanjang lebar, langsung eksekusi SWOT-mu!

Strength (Kekuatan)

Seperti namanya, strength bisa dikatakan sebagai kelebihan yang SohIB punyai dan bisa kamu jadikan kekuatan yang memberikan manfaat serta positif. Kamu bisa mengasahnya dari berbagai pengalaman seperti organisasi, magang, upsklling, pendidikan formal, dan lainnya.

Buat uraian skill apa yang kamu sukai, kuasai, atau ingin pelajari? Kira-kira di titik mana kamu bisa dengan percaya diri menggunakan keahlian tersebut sebagai ‘pegangan hidup’ atau dikatakan expertist? Berapa nilai yang harus dicapai agar lulus UN? Bagaimana pendapat orang tentang diri kita? Luaskan pandanganmu, tapi batasi fokusnya hanya untuk kepentingan yang sedang kamu analisis.

Weakness (Kekurangan)

Mungkin dibandingkan dengan mencari kelebihan diri, menemukan kekurangan menjadi sangat mudah dilakukan. Siapa sih, yang nggak bisa mengkritisi diri sendiri? Namun, pada SWOT ini, SohIB menuliskan weakness untuk menyadari bahwa manusia tidak ada yang sempurna, tetapi harus selalu berusaha. Orang yang justru tidak tahu apa kekurangannya malah berbahaya lo, guys. Mereka jadi mudah puas, sulit mendengarkan masukan, suka menyalahkan orang lain,  dan sombong.

Tanyakan pada hatimu, apa yang membuatmu takut, situasi apa yang paling menegangkan, kondisi seperti apa yang mudah menurunkan semangat dan masih banyak lagi.

5 Pekerjaan Digital Marketing Selain Digital Marketer

Opportunities (Peluang)

Ingat, setiap kesulitan selalu ada kemudahan! Opportunities dapat kita sebutkan sebagai problem solver dari kelemahan yang sudah kamu jabarkan tadi. Nggak hanya itu saja, di poin kelebihan diri, ‘peluang’ akan membantu kita untuk mewujudkan cita-cita atau menegaskan bagaimana mempertajam kekuatan yang ada dalam diri kita. Berikan pertanyaan sekaligus jawabannya dalam unsur opportunities ini:

  • Aku sering nge-down: aku perlu mendengarkan podcast tentang motivasi setiap pagi agar mood membaik.
  • Keahlianku adalah pelajaran Biologi dan senang membantu orang: Okay, aku rasa menjadi dokter adalah passion-ku!
  • Aku nggak tahu apa skill yang aku punya: Wah, perlu ikut SohIB Berkelas nih, agar ada peningkatan keahlian di 2022!
  • Petakan peluang pekerjaan yang potensial.
  • Ukur seberapa banyak atau kuat circle pertemananmu untuk support dengan impian.

Threat (Ancaman)

Apa bedanya dengan weakness, ya? Meskipun sama-sama poin yang menjurus ke negatif, ancaman di sini berarti efek yang dapat kamu terima karena tidak menemukan solusi untuk mengatasi kekurangan diri. Threat ini bisa juga berasal dari faktor eksternal menghambat SohIB mencapai tujuan SWOT tadi. Begini kira-kira permisalan renungannya:

  1. Ingin menjadi dokter, tetapi malas belajar, apa yang akan terjadi?
  2. Mau masuk perguruan tinggi Z, tetapi persaingannya sangat ketat.
  3. Sulit konsentrasi belajar di rumah karena terlalu bising.
  4. Melamar kerja di lintas bidang semakin sulit digapai.

Dengan menggunakan analisis SWOT, rupanya bisa sedetil itu ya, manfaatnya untuk memahami diri kita? Bagaimana menurutmu, apakah benar-benar bermanfaat? Buatlah dengan serius dan dengarkan ‘hasil’ dari SWOT yang SohIB buat. Sebenarnya, bila dipikirkan kembali, setiap individu ternyata mampu menjadi pemberi solusi bagi dirinya, lo! Hanya saja, mungkin baru kita sadari sekarang atau sebelumnya lebih sering bergantung dengan orang lain. Mulai sekarang, apakah kamu sudah makinsiap menjadi pribadi yang lebih positif dan sukses?

Giveaway, Ini Keuntungannya untuk Marketing!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)