Mau Jadi Anak Kost, Hindari Sifat Ini!

Mau Jadi Anak Kost, Hindari Sifat Ini!

Bersepakat untuk ngekos bareng nggak gampang | Sumber: Unsplash (Super Snapper)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Masa perkuliahan memiliki banyak pengaruh bagi kehidupan seseorang, apalagi yang berkuliah di luar kota atau merantau. Jauh dari orang tua serta mulai hidup sendiri merupakan tantangan dalam memulai langkah baru di perkuliahan.

Bagi perantau, tentu saja mencari tempat tinggal adalah hal yang harus dilewati. Mahasiswa dari kalangan kelas atas biasanya memilih apartemen atau kost mewah sebagai tempat idealnya selama menjalani perkuliahan. Tinggal di rumah saudara sebenarnya dapat menjadi alternatif yang bagus, tetapi untuk mahasiswa kelas menengah ke bawah dan tidak memiliki sanak famili di tempat perantauan, maka ngekos adalah pilihan yang paling sering dilakukan.

Keputusan untuk ngekos sendiri atau bareng teman adalah pilihan yang cukup penting, karena jika salah mengambil langkah bisa membuat kehidupan perkuliahan menjadi kacau. Jika ingin memiliki privasi yang cukup terjaga, maka ngekos sendiri dapat menjadi opsi utama.

Kegiatan apapun dapat kamu lakukan tanpa terganggu oleh kehadiran orang lain asalkan kamu juga tidak mengganggu kenyamanan penghuni lain. Namun, jika ingin tinggal bersama teman, kamu harus mengenali diri sendiri bila tidak ingin menjad teman sekamar yang menyebalkan.

Ngekos bareng teman tentu lebih menghemat pengeluaran. Patungan untuk membayar kos dan keperluan lainnya adalah keputusan bersama yang disepakati di awal. SohIB juga akan lebih jarang mengalami kesepian karena kamu tidak sendirian dalam kost-an. Apalagi jika teman satu kamarmu adalah seorang pelawak tongkrongan, tentunya hari-harimu akan lebih berwarna karena sering terhibur.

Namun, bila SohIB masih punya salah satu dari tiga sifat di bawah ini, hmm, sebaiknya pikirkan kembali deh, impian untuk ngekos bareng teman! Jangan sampai kata-kata "Kosku Surgaku" menjadi "Kosku Nerakaku". Berikut adalah 3 sifat yang harus SohIB perbaiki sebelum memutuskan untuk hidup bersama orang lain di indekos!

1. Kamu Perfeksionis? Pikir Dulu, deh!

Dilasir dari artikel alodokter.com, salah satu potensi buruk dari perfeksionis adalah hubungan dengan orang lain terganggu. Sebabnya, individu yang mempunyai kepribadian ingin terlalu sempurna akan berekspektasi tinggi terhadap orang lain seperti menilai diri mereka sendiri. Mereka akan sulit menerima perbedaan dan kelemahan temannya.

Jika kamu tidak senang dengan barang yang berhamburan, kurang rapi, atau tidak sesuai tempatnya, maka untuk ngekos bareng teman sebaiknya perlu dipikirkan kembali. Setiap orang pastinya memiliki kepribadian dan kebiasaan yang berbeda.

SohIB tidak dapat memaksakan kehendak kepada orang lain. Padahal kalau teman sekamarmu memiliki standar kerapian yang berbeda, tentunya hal ini akan menjadi tekanan batin. Bisa-bisa, setiap masuk ruangan kamu akan mengomel tentang barang yang seharusnya berada di tempat yang kamu mau! Nggak sehat untuk mentalmu dan tentu saja dapat merusak hubungan pertemanan kalian.

2. Memiliki Sifat Pelit

Jika tinggal bareng orang lain, maka akan ada momen di mana barang-barang yang kita punya dibutuhkan oleh orang lain, entah itu peralatan mandi, pakaian, hingga sabun cuci.

Kalau kamu memiliki sifat pelit, maka pertimbangkan kembali keinginan untuk ngekos bareng teman. Terlebih lagi, jika temanmu sudah menganggapmu sebagai sahabat karibnya, ada kemungkinan mereka akan memakai barangmu suatu saat nanti tanpa izin terlebih dahulu.

3. Nggak Enakan

Mempunyai sifat tidak enakan atau bahasa gaulnya adalah people pleaser itu tidak mudah bagi siapapun, lo! Selain membuatmu merasa tidak nyaman untuk menolak, bisa jadi teman sekamarmu juga tidak tahu diri, sehingga seenaknya memanfaatkan dirimu. Memangnya SohIB mau menjadi "pembantu" dalam kost-an?

kamu akan 'terpaksa' melakukan sesuatu, meskipun nggak ingin. Apalagi, jika permintaannya menggunakan dalih “katanya teman”. Dua kata tersebut adalah kunci untuk menggerakkan hati para people pleaser, karena mereka pasti enggan untuk menolak, waduh!

Jika sifat tidak enakan ini dan digabungkan dengan perfeksionis, maka lengkap sudah penderitaan kamu kalau ngekos bareng teman. Lihat piring kotor bekas makan teman, kamu yang people pleaser tidak akan nyaman menyuruhnya untuk segera mencucinya. Di sisi lain, 'gila kesempurnaan' mu yang tidak suka melihat barang-barang kotor dan berantakan pada akhirnya akan mengorbankan diri untuk bertanggung jawab.

Itulah tadi 3 sifat yang harus SohIB atasi bila tetap ingin tinggal bareng teman. Pun apabila kamu tetap ngotot untuk ngekos bersama, pastikan  untuk memilih teman sekamar yang sejalan, sehati, dan bisa saling mentoleransi sifat masing-masing.