Membeli Buku Jangan yang Bajakan, Ini 5 Alasannya!

Membeli Buku Jangan yang Bajakan, Ini 5 Alasannya!

Membaca memiliki banyak manfaat | Sumber: Unsplash (Mikolaj)

Mempunyai hobi membaca itu bagus, sebab manfaatnya banyak sekali. Selain bisa menambah wawasanmu tentang pengetahuan, kegemaran yang satu ini tergolong aktivitas produktif yang mampu mengurangi waktu screen time. Tak ayal, banyak parenting masa kini bahkan lebih mempercayakan kegiatan santai buah hatinya dengan buku daripada menonton video interaktif.

Sayangnya, banyak sekali nih, yang lebih memilih buku bajakannya, alih-alih membeli buku yang asli. Banyak penyebab seseorang melakukan hal ini, seperti biaya yang dikeluarkan lebih murah dan terkadang kualitas gambarnya nyaris mirip dengan yang asli. Padahal, sudah ada undang-undang yang mengatur tentang hak cipta dan penggandaan karya orang lain tanpa izin. Bahkan, pelanggarnya bisa dikenai hukuman pidana, lo!

Sebelum SohIB benar-benar nekat membeli buku bajakan, coba cek dulu 5 alasannya kenapa sebaiknya nggak perlu kamu lakukan!

5 Rekomendasi Buku Terlaris Tentang Self Development, Suka yang Mana?

1. Nggak Menghargai Jerih Payah Penulis

Tahu nggak, kalau seseorang dengan sengaja memperbanyak karya tanpa izin, maka sang penulis buku asli tidak akan mendapatkan royalti atau ‘bayarannya’? Misalkan ya, hanya satu orang yang membeli satu buku, kemudian ia memfoto kopinya dan dijual sebagai buku bajakan. Jika buku tidak asli tersebut lalu terjual ke dua puluh orang, bayangkan berapa banyak kerugian yang harus dialami penulisnya?

Ini rasanya seperti kamu sudah bekerja susah payah, tetapi tidak mendapatkan upah yang semestinya. Padahal, bisa saja SohIB telah mengorbankan banyak hal selama proses menulis, dari waktu, kesehatan, hingga me time. Sedih banget, kan?

2. Membeli Buku Orisinal Punya Sensasi yang Berbeda

membaca buku
Membeli buku fisik memiliki sensasi yang lebih menyenangkan | Sumber: Unsplash (Thought Catalog)

Meskipun saat ini teknologi menyediakan buku elektronik atau e-book sebagai alternatif bacaan yang lebih ramah lingkungan, nyatanya masih banyak orang yang lebih menikmati membeli buku fisiknya daripada versi digitalnya. Sebab, banyak yang merasa ada yang kurang spesia. apabila tidak membaca tanpa menyentuh langsung benda tersebut.

Ada yang mengatakan bahwa bau kertas buku bisa terasa sangat menenangkan. Belum lagi kepuasan ketika melihat lemari lama-kelamaan berisi bacaan-bacaan seru, terutama yang berseri. Berbeda dengan yang sengaja membeli buku bajakan. Bisa jadi, rasanya tidak tenang meskipun masih tetap bisa menikmati karya tulisan tersebut. Bagaimana menurutmu?

3. Cetakannya Belum Tentu Bagus

Namanya juga bajakan, tentu saja tinta yang digunakan berbeda kualitas dengan yang asli. Biarpun beberapa orang mungkin berpikir buku yang didapatnya adalah kw super yang nyaris sama, bila kamu jeli, keduanya tetap saja berbeda. Belum lagi, bisa saja warna cover-nya tampak lebih pudar, warnanya keruh, dan kertas yang digunakan kurang awet. Hmm.. rugi banget!

5 Tips Membeli Barang Bekas Online, Jangan Sampai Tertipu!

4. Membeli Preloved Lebih Baik!

buku preloved
Jual beli buku bekas sekarang sudah punya banyak platform | Sumber: Unsplash (Alexander Grey)

Anak masa kini tidak lagi asing mendengar istilah preloved. Diambil dari bahasa Inggris, istilah ini merujuk pada memindahkan barang yang sudah tidak digunakan kepada orang lain alias diloak. Hal ini bisa menjadi solusi baik bagi kamu yang sedang hemat budget, tetapi tetap berupaya menikmati buku yang orisinal.

Selain harga yang ditawarkan relatif ‘aman’, banyak lo, kolektor buku yang sangat menjaga dengan baik barang koleksinya! Jika SohIB beruntung, kamu bisa mendapatkan barang dengan kualitas nyaris seperti baru!

5. Buku Asli Punya Bonus Cantik

Terkadang, untuk buku-buku tertentu, penerbit dan penulis akan memberikan bonus lucu bagi mereka yang membeli bukunya. Biasa disebut juga dengan merchandise, hadiah yang SohIB dapatkan bisa sangat beragam dan tentunya limited edition. Contohnya adalah komik Hai Miiko! Edisi 35 tahun ini yang menyertakan bonus lanyard lucu dalam paket pembelian.

Jika SohIB sudah membaca artikel di atas ini, apakah kamu masih yakin untuk membeli buku-buku bajakan? Ingat, kesenangan yang didapatkan hanyalah sedikit dan sementara saja. Jangan sampai nih, generasi kita dibiasakan untuk membeli bajakan dan tidak menghargai karya orang lain. Jika memang terlalu mahal, lebih baik bersabar dan menabung sampai bisa mendapatkan buku tersebut. Betul tidak?

Manfaat Menulis Buku Harian, yuk, Jadi Rutinitas!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)