Nusa Dua, Bali, Ini Alasannya Mengapa Jadi Tempat KTT G20!

Nusa Dua, Bali, Ini Alasannya Mengapa Jadi Tempat KTT G20!

Nusa Dua dipilih menjadi tempat acara puncak G20 Indonesia | Sumber: YouTube (Sekretariat Presiden)

Seperti yang telah SohIB ketahui, hari ini (15/11) sampai besok (16/11) negara kita didapuk menjadi tuan rumah bagi salah satu acara besar dunia, Presidensi G20 Indonesia 2022. Dengan event puncaknya, yakni KTT G20, agenda tersebut kini sedang terselenggara di Nusa Dua, Bali.

Sejak lama, Pulau Dewata tersebut memang sudah dikenal banyak turis mancanegara sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Mulai dari obyek wisatanya, budaya, keramahan, hingga makanannya selalu dirindukan para pelancong di tempat ini.

Lantas, apa sih, alasan KTT G20 diselenggarakan di salah satu kawasan di Bali, tepatnya Nusa Dua? Simak fakta menariknya berikut ini, ya!

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Keren Di Bandung, Apa Saja?

1. Nusa Dua Memenuhi Kriteria MICE

cuplikan live KTT G20 di bali
Lokasi penyelenggarakan KTT 20 di Bali hari ini | Sumber: YouTube (Sekretariat Presiden)

Eh, kita sedang tidak membahas tentang “mice” alias tikus, ya! MICE merupakan kepanjangan dari Meeting, Incentives, Conventions, and Exhibitions. Nah, sesuai dengan Permenpar Nomor 5 Tahun 2017, Bali dinilai telah memenuhi syarat dan semua indikator sebagai destinasi penyelenggara kegiatan MICE ini.

Nggak cuma itu saja. diwartakan oleh Tirto.id, Kemenparekraf/ Baparekraf, Rizki Handayani menjelaskan bahwa pulau wisata itu juga sudah sesuai dengan Standar Layanan Acara dari Panitia Nasional G20.

Sebagai informasi, nggak hanya Bali saja yang terpilih menjadi tempat penyelenggaraan G20. Masih ada banyak daerah lain yang tersebar di Indonesia, seperti Yogyakarta, Solo, Manado, Makassar, Jakarta, Bandung, dan lainnya. Namun, kegiatan puncaknya memang terpusat di Nusa dua tersebut.

Dengan diselenggarakannya Presidensi G20 di Indonesia ini, harapannya pariwisata dan perekonomian masyarakat lokal, khususnya di Bali, akan meningkat dan pulih lagi. Terlebih, para peserta perhelatan itu juga merupakan turis potensial. Sangat mungkin untuk kembali lagi menikmati pemandangan eksotis Nusa Dua suatu saat nanti. Bagaimana menurutmu?

2. Surga Dunia di Tanjung Tenggara Bali

Nusa Dua sebenarnya merupakan tanjung yang berada di tenggara pulau Bali dan berjarak sekitar 40 km dari Denpasar, ibu kotanya. Bila SohIB mencari informasinya di Google, pemandangan pantai pasir putihnya sangat bersih dan punya air yang begitu jernih. Berjajar pula puluhan resort di sepanjang obyek wisata ini yang menyuguhkan panorama alam yang tak tertandingi tersebut.

Jangan lupakan juga dengan pelayanan relaksasi spa dan olahraga golf yang digandrungi pengunjung tempat itu. Untuk kamu yang sedang mencari tempat healing, Nusa Dua bisa banget nih, masuk ke dalam list wajib!

Baca juga: Self Reward Itu Penting, Ini Alasannya!

3. Bali Menjadi Destinasi Liburan Terbaik di Dunia

acara besar yang diselenggarakan di bali
Salah satu venue di Bali yang digunakan saat acara G20 2022 | Sumber: (indonesia.travel)

Tahukah SohIB, jika Bali baru saja dinobatkan menjadi tempat liburan paling bahagia di dunia 2022 versi Club Med? Menurut laman perusahaan pariwisata asal Perancis tersebut, Bali memiliki pelayanan spa, pusat kebugaran, dan aktivitas outdoor yang luar biasa bagi siapa pun yang berkunjung dan ingin melepas stres. Wow, bisa dibayangkan betapa indahnya, bukan?

Btw, pulau yang cantik tersebut mengalahkan nominasi negara lainnya yang tak kalah eksotisnya, lo! Sebut saja Budapest (Hungaria), Rio de Janeiro (Brasil), Dubai (Uni Emirat Arab), hingga Las Vegas, Nevada (Amerika Serikat). Bangga!

4. Nusa Dua Hajatan Acara Besar Dunia Tahun Ini

Setelah pandemi COVID-19 mereda, Nusa Dua dipercayai untuk menggelar beberapa perhelatan akbar nan bergengsi tahun ini. Bisa tebak apa saja? 

  • Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR), Mei
  • Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Conference & International Events 2022, Juni
  • Vespa World Day (VWD) 2022, Juni
  • Miss Global’s Coronation Night 2022, Juni
  •  World Tourism Day, September

Sebelumnya, wilayah tersebut juga telah terpilih sebagai lokasi konferensi PBB tentang Perubahan Iklim (2008) dan Miss World (2013).

5. Kawasan Wisata Peduli Lingkungan

Tidak banyak yang tahu bahwa pantai-pantai di Nusa Dua dikenal sangat menjaga lingkungannya, bahkan menjadi tempat liburan pertama di Asia Pasifik yang mendapatkan Green Globe, sertifikat yang diberikan Evaluator Evaluate Communication Evolve untuk tempat rekreasi yang ramah lingkungan.

Traverse.id menuliskan bahwa sejak awal dibangunnya wilayah itu, Nusa Dua menerapkan “eco lagoon”, yakni proses sistem pengolahan limbah air hotel untuk irigasi dan pengairan.Lampu taman dirancang bertenaga panel surya dan menggunakan instalasi bawah tanah untuk listrik, jaringan air, dan teleponnya. Bahkan, pembangunan hotel di sana tidak boleh melebihi tinggi pohon kelapa yang tersebar, lo!

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Terlaris Tentang Self Development, Suka yang Mana?

Setelah membaca artikel di atas, bagaimana menurut SohIB? Apakah semakin penasaran untuk berlibur di sana? Yuk, jangan lupa selama KTT G20 berlangsung, ikuti tayangan live-nya melalui channel ini dan jadilah pemuda cerdas yang berkontribusi untuk bangsa Indonesia! Recover Together, Recover Stronger!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)