5 Alasan Kenapa Kamu Mudah Marah, Kamu Wajib Tahu!

5 Alasan Kenapa Kamu Mudah Marah, Kamu Wajib Tahu!

Kamu mudah marah? | Sumber: Pexels (Andrea Piacquadio)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Kalian pernah ngga sih ada pada suatu kondisi di mana mudah sekali marah? Hal sepele sekali pun bisa saja memicu amarah yang besar pada diri. Memang marah adalah respon kita terhadap sesuatu hal.Namun, belum tentu setiap orang mudah marah lo, SohIB! Ada yang memang lebih suka memendam perasaannya dibandingkan mengungkapkan perasaannya.

Seperti dua sisi koin, marah bisa dianggap sebagai hal yang negatif dan hal yang positif. Marah yang dipandang dari sisi negatif, membuat kita seperti seseorang yang sudah lepas kendali. Bahkan, permasalahan bisa menjadi lebih besar atau situasi menjadi lebih keruh.

Sebaliknya, apabila kita lihat dari yang positif, marah diibaratkan sebagai "sampah". Dalam dunia nyata, manusia memang seharusnya rajin membuang sampah, sehingga kita pun juga berhak "membuang sampah" atau amarah tersebut. Tentunya dengan cara-cara yang baik ya, SohIB!

Oleh sebab itu, yuk, simak 5 alasan mengapa kamu mudah marah di bawah ini!

1. Kurang Tidur

Jam tidur yang kurang dapat membuat kalian mudah marah, lo! | Sumber: Pexels (Andrea Piacquadio)

Melansir dari portal hellosehat.com pola tidur juga bisa menyebabkan perasaan kita mudah marah. Hal ini dikarenakan saat tubuh kekurangan jam tidur, kita akan sukar berkonsentrasi dan berpikir jernih. Emosi yang tidak terkontrol akhirnya akan membuat seseorang jadi lebih mudah marah.

Maka dari itu, menjaga pola tidur yang cukup adalah sebuah keharusan ya, SohIB! Bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk kesehatan mental kita. Yuk, kurangi begadang di malam hari!

2. Hormon Berubah

Perubahan hormon juga bisa menjadi penyebab amarah pada wanita loh! | Sumber: Pexels (Liza Summer)

Hormon yang berubah-ubah memang sering dialami hanya pada perempuan menjelang datang bulan atau premenstrual syndrome (PMS). Hormon ini dipengaruhi oleh estrogen yang disebut-sebut bisa mempengaruhi suasana hati. Pada masa-masa ini, wanita biasanya menjadi lebih mudah marah, tersinggung, dan bahkan sedih. Apakah kamu juga sering mengalaminya?

3. Masalah Pribadi

Amarah juga dapat dipicu oleh masalah pribadi kita | Sumber: Pexels (Liza Summer)

Alasan berikutnya yang dapat memicu amarah kita adalah masalah pribadi. Setiap orang di dunia ini pasti memiliki masalah pribadi baik yang mendapat solusi atau hanya berakhir dipendam oleh diri sendiri. Problem yang menumpuk terkadang bisa membuat kita menjadi frustasi dan mudah 'panas' pada hal-hal yang sebenarnya sepele.

So, untuk SohIB yang merasa mudah marah dan disebabkan oleh hal seperti ini, cobalah untuk menceritakan masalah tersebut pada orang terdekat yang paling dipercaya. Meskipun dengan bercerita belum tentu mendapatkan solusi pada masalah yang dihadapi, setidaknya beban di pundak kita sedikit berkurang.

4. Trauma Masa Lalu

Marah juga bisa berhubungan dengan masa lalu kita | Pexels: (RODNAE Productions)

Trauma masa lalu dapat berupa perasaan tidak dihargai, merasa dicemooh oleh orang-orang sekitar, atau keluarga yang tidak suportif. Kondi seperti ini seringkali membuat kita kesulitan untuk mengekpresikan marah dengan baik.

Ingat dengan sisi positif dari marah? Iya, marah layaknya membuang sampah. Emosi tersebut seharusnya dapat tersalurkan dengan bijak dan baik.

Namun, pada masa lalu, kita mungkin tidak dapat menyalurkan perasaan marah tersebut. Akibatnya, ketika sudah dewasa, perasaan itu meledak tak terkendali. Sadar akan penyebab dari marah kita menjadi hal yang penting juga lo, SohIB! Kita bisa lebih bijak mengendalikan emosi.

5. Merasa Sesuatu Tidak Sesuai

Sesuatu tidak berjalan sesuai dengan keinginan, menimbulkan amarah pada seseorang | Sumber: Pexels ( Andrea Piacquadio)

Alasan terakhir adalah merasa sesuatu tidak berjalan seperti semestinya. Misalkan, kita menghendaki seseorang untuk melakukan A, tetapi orang tersebut justru melakukan hal sebaliknya. Siapa yang ngga marah sih, SohIB?

Nah, hal-hal seperti ini bisa memicu kemarahan seseorang. Terlebih lagi jika orang tersebut mempunyai kepribadian yang perfeksionis. Memang tidak semua orang akan marah jika sesuatu tidak berjalan semestinya. Namun, bukan berarti tidak ada yang terganggu ketika dihadapkan dalam situasi seperti itu.

So, itu dia 5 alasan mengapa kita bisa mudah marah! Mulai dari kurang tidur, masalah hormon, adanya trauma, hingga hal-hal yang tidak sesuai rencana. Dengan mengetahui penyebab kita marah, semoga SohIB bisa lebih mengontrol diri lebih baik, ya! Kita tetap boleh marah kok, asalkan disalurkan dengan lebih bijak dan bertanggung jawab.