Indonesia Mulai Ramai Turis, Ini Alasannya!

Indonesia Mulai Ramai Turis, Ini Alasannya!

Keindahan senja di Indonesia | Sumber: Unsplash (Baehaki Hariri)

Setelah berjibaku dengan pandemi COVID-19, kini kabar baik mulai berdatangan kembali. Salah satunya adalah mulai meningginya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Berdasarkan laporan yang dihimpun dari Indonesia Baik, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan bahwa selama tahun 2022, jumlah turis asing ke negara kita mencapai 5,47 juta kunjungan.

Mengenal Busok, Kucing Ras Indonesia yang Punya Indera Keenam!

Angka ini berselisih sangat jauh dari tahun-tahun pandemi sebelumnya, yakni 1,56 juta (2021) dan 4,05 juta (2020). Nggak tanggung-tanggung, itu artinya pencapaian pengunjung asing tahun 2022 tersebut melonjak tajam hingga 251,28%. Adapun untuk tahun 2019, di mana pandemi COVID-19 belum menjangkiti, wisman yang berkunjung mencapai 16,11 juta orang. Pelan tapi pasti, negara kita semakin pulih pariwisatanya. Sungguh menyenangkan, bukan?

Siapa Wisatawan Asing yang Mendominasi?

Wisatawan asing yang mendominasi ke Indonesia
Wisatawan asing yang mendominasi ke Indonesia | Sumber: Indonesia Baik

Diberitakan oleh Indonesia Baik, pelancong yang bertandang ke Indonesia asal negara tetangga mendominasi di urutan-urutan teratas. Ada Malaysia yang ada di ranking pertama, dengan jumlah sebanyak 1,04 juta orang. Kemudian, di bawahnya ada Timor Leste (703.700 orang), Singapura (666.700 orang), Australia (654.500 orang), India (268.600 orang), dan Amerika Serikat (171.300 orang).

Keunikan Indonesia yang Negara Lain Jarang Miliki

Mengapa Tingkat Pariwisata Indonesia Terus Meningkat?

Tidak diragukan lagi, Indonesia memiliki magnet tersendiri bagi para wisatawan asing yang berlibur ke sini. Bahkan, nggak sedikit yang kembali lagi, sebab rindu atau terlalu cinta dengan negara kita.

Sebuah hasil studi dari Inggris yang bernama money.co.uk, melalui laman Forbes, merilis laporan bertajuk “Natural Beauty Report” pada awal Februari tahun 2022 lalu. Rilis tersebut berisi tentang peringkat panorama dan kondisi alam terindah di dunia. Sebagaimana yang diwartakan oleh Indonesia Baik, dari 50 besar negara yang dianalisa, Indonesia keluar sebagai negara terindah dengan perolehan skor 7,77 dari 10. 

Disebutkan bahwa hasil tersebut diberikan atas dasar di setiap 100.000 kilometer persegi di wilayahnya, ditemukan keindahan alam seperti bentangan pegunungan, gunung berapi, dan hutan tropis. Kemudian di bagian kelautan, kita memiliki 69% varietas terumbu karang dari seluruh dunia. Belum lagi adanya air terjun yang sangat menawan, dan flora-faunanya yang eksotis.

Di sisi budaya, bukan lagi rahasia bahwa Indonesia mempunyai beragam khas-nya yang langka untuk ditemukan di negara lainnya, mulai dari perbedaan sukunya, bahasa, kebiasaan, adat istiadat, hingga makanan lokal. Sebagaimana yang kita mungkin tahu, baru-baru ini, TasteAtlas, sebuah ensiklopedi kuliner terkemuka, telah menyatakan bahwa pisang goreng adalah makanan goreng terenak di dunia.

Namun, hal tersebut tidaklah mengejutkan. Sebab, sebelumnya, makanan khas Tanah Air lainnya juga sudah digemari oleh wisatawan mancanegara. Sebut saja rendang, sate, nasi goreng, soto, bakso, dan masih banyak lagi. Belum lagi, living cost yang dipatok untuk berlibur di sini termasuk terjangkau, lo!

Warga lokal pun disebut-sebut menjadi salah satu penduduk yang sangat ramah di dunia. Selain senang bertegur sapa dan tersenyum, tidaklah sulit untuk meminta bantuan kepada masyarakat setempat. Hal ini dikarenakan sebagian besar dari kita sudah banyak yang bisa berbahasa Inggris (bahasa global). Coba SohIB, kamu sebutkan lagi alasan mengapa orang luar negeri menyukai Indonesia!

Indonesia Tuan Rumah Berbagai Acara Internasional

Kalender event di Indonesia tahun 2023
Kalender event di Indonesia tahun 2023 | Sumber: Indonesia Baik

Tahun 2022 adalah keberkahan bagi kita. Sebabnya, ketika dunia di banyak sektor sedang mulai menggeliat lagi setelah pandemi COVID-19, Indonesia berkesempatan untuk menyelenggarakan event-event kenamaan dunia yang otomatis membantu mendongkrak pariwisata di sini.

Terdapat sederet acara bergengsi yang sudah sukses dijalankan di Tanah Air, seperti MotoGP Mandalika, Asian Paragames 2022, KTT G-20, World Superbike, dan masih banyak lagi. Hampir semuanya mendapatkan sambutan positif dari tamu-tamu undangan. Tak lain dan tak bukan karena keindahan venue yang dipilih, budaya unik kita, hingga makanannya yang menggoyang lidah.

Di tahun 2023 ini, berbagai perhelatan akbar dan kompetisi top dunia sudah menunggu untuk kita dukung dan meriahkan. Beberapa di antaranya adalah Indonesia Open, MotoGP Mandalika, KTT ASEAN, hingga Jakarta E-Prix 2023.

Kalender Event Indonesia di Tahun 2023, Ada Apa Aja?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)