6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Sembari Menunggu Panggilan Kerja!

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Sembari Menunggu Panggilan Kerja!

Ilustrasi dua orang sedang saling berbicara di ruang kerja | Sumber: Unsplash (Amy Hirschi)

Menunggu panggilan kerja tanpa melakukan apa-apa bisa jadi sangat menjemukkan dan dapat memicu stres. Hal ini wajar saja, mengingat diri kita mungkin merasa tertekan dan harap-harap cemas apakah berkas lamaran kerja diterima atau tidak. Padahal, proses penerimaan karyawan terkadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Biasanya, setelah HRD menerima identitas diri yang dikirimkan pelamar, mereka masih harus menyortir kandidat, melakukan interview, tes tertulis (tergantung kebijakan perusahaan), tes kesehatan, dan barulah lolos secara resmi. Tak heran, semua step ini bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan.

Namun, sembari menunggu panggilan dari perusahaan, banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan, lo! Bahkan, tak hanya produktif saja yang akan kamu dapatkan, tetapi juga ada yang menghasilkan penghasilan tambahan. Wah, apa saja, nih? Kita cari tahu, yuk!

Baca juga: 5 Tanda Kamu Mencintai Pekerjaanmu, Selamat!

1. Bertemu dengan Teman

Siapa yang justru makin jarang keluar main selama belum diterima kerja? Memang sih, mengurangi nongkrong di luar bisa banyak faktor, salah satunya adalah hemat kantong, benar tidak? Namun, dalam hal ini, bertemu dengan teman-teman juga bisa kamu lakukan dengan cara virtual.

Perbanyaklah berdiskusi dengan orang-orang yang SohIB kenal agar mendapatkan banyak masukan dan pelajaran yang penting bagi dirimu. Menjalin pertemanan pada manfaat yang lebih luas bisa mempertemukan kamu dengan orang baru, yang mungkin dapat membantumu dalam berkarier nanti. Pilih mereka yang mampu menularkan positive vibes, sehingga SohIB tidak akan merasa minder dan tertekan.

2. Merapikan Media Sosial

Rapikan media sosial agar tampil lebih fresh dan estetik | Sumber: Unsplash (Austin Distel)

Saat ini, recruitment tidak hanya sebatas melihat apa yang tertulis di CV saja. Banyak lo, perekrut yang mencari tahu bagaimana kepribadian kita dari media sosial. Oleh sebab itu, mumpung belum dipanggil oleh perusahaan, ada baiknya SohIB mulai merapikan tampilan medsos kamu. Sembunyikan postingan-postingan yang sekiranya tampak berlebihan atau kurang pantas untuk dilihat. Buatlah image-mu yang baru!

3. Ikut Magang atau Volunteering

Ada sebuah kalimat bijaksana dari Jack Ma, salah satu pengusaha sukses dan kaya raya dari China, “Saat miskin, kurangi waktumu di luar rumah, perbanyaklah kegiatan di luar. Saat kaya, gunakan uangmu untuk keluarga dan orang-orang yang kamu cintai. Itulah yang namanya seni kehidupan.”

Untaian kata di atas kurang lebih dapat memberikan kita pelajaran, bahwa dengan memacu diri untuk terus punya kegiatan produktif saat sedang sempit, justru bisa membuka pintu baru untuk mendapatkan rezeki. 

Di online platform sekarang ini ratusan informasi magang dan sukarelawan banyak disebarkan. Terlebih lagi, yang namanya startup atau perusahaan rintisan sudah ada banyak yang berdiri. Buatlah dirimu makin produktif dengan mengikuti salah satu di antaranya. Selain mendapatkan ilmu penunjang keahlian dan kenalan baru, nggak sedikit yang mendapatkan gaji dari sana. Siapa tahu pula, ada mentor yang melirikmu untuk dijadikan karyawan tetap di perusahaan tersebut!

Baca juga: 4 Manfaat Bergabung dengan Komunitas, Anak Milenial Wajib Ikut!

4. Mencari Portofolio

Senada dengan poin ketiga, mencari portofolio bisa kita lakukan dengan berbagai cara, misalnya ikut internship, volunteering, freelance, atau mengikuti projek-projek berjangka. Karena tujuannya cenderung untuk mencari pengalaman, secara keuangan bisa jadi kamu mendapatkan pemasukan yang cukup atau bahkan kecil. Namun yang harus diingat, itu hanya sementara saja, kok! Beberapa orang juga harus melalui jalan ini untuk menjadi kandidat yang lebih diperhitungkan nantinya. Toh, sebentar lagi kamu akan segera mendapatkan pekerjaan tetap, bukan?

5. Liburan

Siapa sih, yang tidak suka liburan? Salah satu kegiatan menyenangkan ini dapat mengurangi stress yang ditimbulkan selama gap kelulusan dengan mencari pekerjaan. Sesuaikan dengan budget dan buatlah perencanaan yang matang agar tidak menimbulkan masalah baru. Ajaklah sahabat atau anggota keluarga untuk menemanimu apabila sekiranya destinasi yang dituju terlalu jauh. Liburan ini bisa menjadi healing moment bagimu, karena belum tentu saat sudah bekerja nanti, SohIB masih punya waktu luang untuk berwisata seperti ini.

6. Membuat Vlog

Menjadi content creator selain menghasilkan uang, juga bisa berkarya sesuai dengan hobi kita | Sumber: Unsplash (Anastase Maragos)

Bila SohIB membuka TikTok, YouTube, atau Facebook, pasti kamu akan melihat berbagai tayangan dengan konten menarik di sana. Peluang ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, membangun portofolio sendiri, bahkan mungkin menjadi career path-mu! Tentukan vlog seperti apa yang ingin kamu geluti, biasanya tidak jauh-jauh dari hobi dan minatmu.

Nah, ternyata banyak hal kegiatan yang bisa dilakukan sambil menunggu panggilan lamaran kerja, bukan? Manfaatkan waktumu sebaik mungkin sebelum nanti akan lebih sibuk saat sudah terjun ke dunia pekerjaan, ya!

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Mengedit Video di PC atau Laptop, Pilih Mana?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)