Kenali Gejala Afternoon Slump, Bikin Kamu Nggak Semangat!

Kenali Gejala Afternoon Slump, Bikin Kamu Nggak Semangat!

Ilustrasi seseorang sedang mengalami afternoon slump | Sumber: Unsplahs (Ben White)

Pernah nggak sih, SohIB merasakan capek yang teramat sangat menjelang jam makan siang? Padahal pekerjaan di hari itu sebenarnya tidaklah begitu berat, bahkan terbilang santai sekalipun. Hmm, jangan-jangan kamu sedang mengalami kondisi yang bernama Afternoon Slump, nih!

Menurut Halodoc, ‘Afternoon Slump’ adalah situasi di mana terjadi penurunan energi yang umumnya terjadi di siang hari. Meskipun terdengar nggak begitu serius dan bisa tertangani dengan mudah, tetapi jangan sampai diabaikan. Selain dapat mengganggu aktivitas pribadi, keadaan tersebut bisa mempengaruhi performa pekerjaanmu juga.

Penyebabnya bisa banyak hal, seperti kurang olahraga, sedang stres, kurang tidur, konsumsi makanan pemicu darah tinggi, hingga perubahan hormon yang fluktuatif. Yuk, cari tahu bagaimana gejalanya agar segera mendapatkan solusinya!

Baca juga: Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan, Jangan Diulangi!

1. Gangguan Fisik Ringan

Kamu suka menguap terus menerus, mata berair, kepala pusing, hingga badan pegal-pegal? Kemungkinan kamu sedang mengalami afternoon slump ini. Jagalah kondisi tubuh agar tetap fit dengan membiasakan diri pada rutinitas yang menyehatkan, seperti berolahraga, meditasi, tidur yang cukup, dan makan makanan yang bergizi.

2. Tidak Bersemangat dengan yang Dikerjakan

Seseorang bisa saja terkena afternoon slump karena bosan dengan kegiatan yang terus berulang. Tak heran, bukannya merasa semakin mudah menyelesaikan sesuatu, justru kamu malah semakin malas dan sengaja menunda waktu. Situasi tersebut juga membuat kita gampang sekali terdistraksi dengan hal yang baru dan lebih menyenangkan. Waduh!

Untuk mengatasinya, manfaatkan jam istirahatmu dengan sebaik-baiknya, jika bisa tanpa intervensi gadget. Biasanya, perusahaan akan memberikan karyawannya jeda break time yang cukup, bukan?

Nah, daripada SohIB menggunakannya untuk bermain hape yang justru membuat mata semakin lelah, buatlah dirimu tidur siang atau memejamkan mata barang sejenak. Akan lebih baik lagi jika berbincang-bincang dengan rekan kerja yang dapat memotivasi dirimu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Kemudian, lakukan beberapa improvisasi kecil agar tidak bosan lagi, misalnya dengan berjalan-jalan di sekitar kantor, makan cemilan, atau menata meja yang biasa untuk bekerja agar lebih rapi.

3. Mudah Sensitif

Yang biasanya ceria, tiba-tiba wajahnya menjadi mendung. Ketika diajak bercanda sedikit, eh, langsung marah, padahal biasanya tidak begitu! Afternoon slump sekali lagi dapat mengubah seseorang menjadi lebih sensitif dari yang biasanya. Rasanya sulit untuk berpikir positif dan tidak mengetahui apa yang diinginkan saat ini.

Agar kamu segera terbebas dari keadaan tersebut, berikan dirimu sedikit waktu untuk merenung. Jangan pikirkan apapun selama beberapa saat dan biarkan itu kosong, sehingga hati akan lebih terkontrol dan emosi lebih stabil. Bila perlu, nyalakan musik klasik yang dapat membantumu menenangkan pikiran.

Yuk, biasakan diri dengan hal-hal yang tak hanya menyenangkan, tetapi juga menyehatkan! Mulai sekarang, mari menjadi pribadi yang baru dan semoga kita dapat terhindar dari afternoon slump. Namun, apabila suatu saat kamu mengalaminya, jangan panik dan ingat kembali bagaimana cara mengatasinya. Yakin, kamu pasti bisa!

Baca juga: Work Fatigue, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)