Menumbuhkan Minat Sebagai Active Reading

Menumbuhkan Minat Sebagai Active Reading

Baca buku yang kamu sukai | Sumber: Unsplash (Jexo)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKonstributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohibMiniBootcamp

Pernahkah kamu merasa, ketika sudah selesai membaca suatu buku, kemudian hanya terasa berlalu begitu saja? Mungkin hal ini terjadi karena kamu tidak menerapkan teknik membaca yang disebut active reading. Sebenarnya apa sih, yang dimaksud dengan active reading?

Istilah ini merujuk pada cara membaca dengan menghadirkan perasaan terkait agar menyatu dengan buku tersebut, sehingga dapat memunculkan pertanyaan-pertanyaan kritis atas tulisan yang kita baca. Terkadang, kita merasa tidak terkoneksi dengan buku yang dibaca, sehingga memberikan kesan bahwa kegiatan tersebut menjadi hal yang sia-sia.

Dengan menerapkan teknik membaca aktif ini, kita bisa lebih memahami dan memperoleh banyak informasi dari apa yang kita serap. Tidak hanya itu, cara tersebut juga memberikan beberapa manfaat, yaitu peningkatan wawasan kita, melatih diri untuk terbiasa berfikir aktif dan kreatif dalam segala hal, hingga menambah kosakata yang nantinya bisa digunakan ketika akan mengembangkan kemampuan menulis atau berbicara.

Lalu, bagaimana cara menumbuhkan minat active reading ini, ya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Menggaris Bawahi Bagian yang Penting

Ada baiknya ketika SohIB sedang membaca, garis bawahi bagian yang dirasa memiliki poin yang penting untuk memudahkan dalam mengingat. Kita dapat melakukannya dengan bantuan peralatan menulis, seperti stabilo, bolpoin atau sticky note dengan warna yang cerah agar menarik saat dibaca kembali.

2. Tentukan Pertanyaan Sebelum Membaca

Untuk mengetahui isi bacaan yang lebih mendalam pada suatu buku, sebaiknya kita susun terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan topik cerita. Tentu saja,  nantinya akan terjawab setelah kita membaca buku tersebut. Dengan begitu, maka ilmu atau pengetahuan baru akan lebih melekat pada pikiran kita.

3. Luangkan Waktu untuk Membaca

 Membaca sebaiknya dijadikan sebagai budaya. Pastinya, kegiatan yang positif ini harus dibiasakan terlebih dahulu, ya. Ketika kita akan membentuk habit baru, buatlah target membaca setiap hari dengan durasi waktu yang sesuai dengan kebutuhan. Ingat, yang terpenting bukanlah berapa lama kamu melakukannya, tetapi seberapa mampu kamu konsisten.

Okay, itulah tadi tips-tips yang dapat kita terapkan supaya bisa meningkatkan keaktifan membaca. Semoga bermanfaat!