7 Hobi Baru Tanpa Gadget, Bersiap Untuk Ubah Hidupmu!

7 Hobi Baru Tanpa Gadget, Bersiap Untuk Ubah Hidupmu!

Ilustrasi seseorang merasa bahagia di tengah lautan buble sabun | Sumber: Unsplash (Alex Alvarez)

Good morning, SohIB!

Yes, tentunya setiap hari harus diupayakan untuk tetap semangat layaknya menyambut pagi hari yang cerah! Meskipun beberapa dari kita mungkin sedang mengalami kesulitan, yakinlah bahwa hujan pun tidak selamanya membuat kita sakit. Ada yang membawa nuansa segar dengan bau yang membuat nyaman, ada juga yang menghadirkan pelangi setelah hujan usai.

Btw, SohIB milenial mungkin nggak asing lagi ya, dengan kata ‘screen time’? Diambil dari bahasa Inggris, screen time merujuk pada durasi penggunaan gadget pada seseorang, khususnya smartphone. Dengan mengetahui berapa lama kita menghabiskan waktu di depan layar, harapannya kita dapat sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaan tersebut demi kesehatan fisik dan mental. Untungnya, dengan canggihnya teknologi saat ini, kita bisa mengukur lamanya kita berada di smartphone dengan bantuan aplikasi, lo!

Meskipun nggak ada patokan yang pasti berapa jam yang direkomendasikan untuk main gadget (tergantung usia dan aktivitasnya), tetapi penggunaan rata-rata 8 jam adalah saran yang digunakan oleh banyak orang. Hanya saja, untuk meninggalkan handphone, laptop, ataupun PC memang tidaklah semudah membalikkan tangan. Apalagi, hampir semua aktivitas kita saat ini bergantung pada benda-benda tersebut, mulai dari membaca, bekerja, mencari hiburan, bertransaksi, belanja, hingga ngobrol dengan teman.

Nah, untuk mulai ‘puasa’ gadget, tentunya kita memerlukan kegiatan baru yang nggak kalah mengasyikkan dari bermain hape. Tentu saja, banyak yang low budget dan bisa segera kamu lakukan hari ini juga! Wah, apa saja?

Baca juga: Mau Negosiasi Gaji? Kamu Pelamar Wajib Tahu!

1. Journaling

Aktivitas yang satu ini sangat seru, lo! Journaling menggabungkan antara kegiatan yang bertujuan untuk self-healing dengan kreativitas seseorang dalam merangkai dan membuat jurnal dari beragam bahan. Kita bisa memanfaatkan apapun untuk menyusun isi ‘buku diary’, misalnya dari stiker-stiker lucu, kertas struk belanja, hingga tanaman kering.

Eh, ada juga yang memanfaatkan bekas label minuman botol untuk ditempelkan pada jurnal. Kamu bisa mengenang apa yang dirasakan ketika menyesap minuman tersebut suatu saat nanti. Jika SohIB lihat di TikTok, banyak content creator yang membuat konten menarik yang berkenaan dengan journaling ini.

2. Berkebun

Berkebun bisa menjadi self therapy healing untuk kita | Sumber: Unsplash (Filip Urban)

Selama pandemi COVID-19 berlangsung beberapa tahun lalu, lebih banyak orang mulai memiliki hobi berkebun untuk ‘membunuh’ waktu. Nyatanya, kegiatan tersebut memang sangat menyenangkan! Banyak media tanam yang bisa kita pilih dan disesuaikan dengan kondisi rumah. Hidroponik adalah salah satu di antaranya, sebagai solusi bagi mereka yang bertempat tinggal di gedung tinggi atau tidak punya lahan untuk berkebun. Namun, apabila masih pemula, carilah tanaman yang sekiranya tidak menyulitkanmu untuk dirawat, misalnya kaktus dan sukulen.

Gardening bisa dikategorikan sebagai hobi yang menyehatkan karena membuat kita lebih telaten dan sabar hingga tanaman berkembang seperti yang diharapkan. SohIB akan terpacu untuk bangun lebih pagi demi melihat pucuk-pucuk tanamanmu mulai tumbuh dan mendapatkan udara kaya oksigen dari sana.

3. Membaca Buku

Membaca buku bisa dikatakan sebagai hobi nongadget yang klasik, tetapi masih menjadi pilihan banyak orang. Meskipun budaya membaca di negara kita masih belum tinggi, sebagian generasi muda sudah semakin paham lo, dengan manfaat dari aktivitas tersebut dan mulai menerapkannya perlahan-lahan. Membaca buku membuat kita menemukan hal lain daripada ketika berinteraksi dengan orang secara langsung. Pikiran juga lebih fresh dan melatih pikiran agar lebih fokus.

Saat ini, ada alat elektronik yang diciptakan khusus untuk para pembaca tanpa harus membeli bukunya, melainkan dengan cara mengunduhnya dari aplikasi atau toko online. Selain untuk mengurangi resiko penggundulan hutan, kamu akan lebih praktis untuk membawanya ke mana-mana. Namun, media apapun yang SohIB pilih, entah membaca versi cetak maupun digital, lakukan secara konsisten.

4. Berkunjung ke Rumah Teman atau Saudara

Bisa dibilang, gadget menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Bagi yang memiliki waktu lebih longgar, luangkan dirimu untuk mengunjungi teman atau saudara, alih-alih ‘hanya’ berbalas chat. Di masa yang serba instan sekarang, bertemu tatap muka terasa berbeda, ya? Ada perasaan lebih menghargai adanya momen untuk bersama atau sekadar memandang wajah mereka dari dekat. SohIB, kapan terakhir kamu bermain dengan orang-orang tercinta?

Baca juga: Content Pillar untuk Pemasaran, Penting, lo!

5. Bermain Musik

Menyibukkan diri dengan latihan bermain musik dapat menjadi opsi yang menarik untuk menjauhkan kita dari bermain gadget yang berlebihan. Memang sih, tutor-tutor musik dengan mudahnya bisa kamu temukan di platform online seperti YouTube. Namun, SohIB bisa mengakalinya dengan mencari pelatih tatap muka, buku panduan, atau mengunduhnya terlebih dahulu di gadget dan matikan data internet selama latihan berlangsung.

6. Olahraga

Olahraga adalah aktivitas yang menyehatkan dan mendongkrak kebahagiaan | Sumber: Unsplash (Arek Adeoye)

Sebenarnya, olahraga harusnya dimasukkan ke dalam lifestyle, bukan sekadar hobi belaka. Namun, dalam hal ini, karena makna hobi sama dengan kegemaran atau kegiatan yang disukai, maka pilihlah gaya olahraga yang tidak membuatmu malas atau terbebani.

Bila SohIB suka menonton drakor atau dorama, tokoh-tokoh di sana sangat sering berjalan kaki bukan? Nah, jalan kaki adalah salah satu exercise yang gampang dilakukan, gratis, dan bonusnya menjadi lebih sehat. Ubahlah perlahan-lahan kebiasaan ‘sedikit-sedikit naik motor’ dengan berjalan kaki sambil menikmati keindahan sekitar. Lumayan lo, jika kamu sering ke warung tanpa kendaraan, selain hemat BBM, otomatis kita tidak mengurangi banyak waktu untuk stay di depan layar HP.

7. Memasak

Cooking adalah salah satu hobi yang sangat digandrungi anak muda. Terlebih lagi, sekarang sangat mudah untuk mendapatkan ratusan hingga ribuan resep dari berbagai makanan di belahan dunia dengan akses internet atau buku.

Tulislah resep yang cocok untukmu di buku atau kertas, alih-alih mengetiknya pada notes di smartphone. Ajaklah saudara atau teman untuk ikut bergabung memasak agar bisa sambil bercengkrama. Semoga hasilnya enak, ya!

Bermain gadget sebenarnya bukan ide yang buruk, selama kita bisa mengontrol durasi penggunaan dan konten yang ditonton. Namun, ada baiknya juga bagi SohIB untuk dapat menikmati hal lain di sekitar kita. Dengan melihat dan mendengar lebih dekat, kepekaan akan terus terasah. Sangatlah indah untuk dapat melihat pepohonan rimbun bergoyang di hadapan kita daripada menontonnya dari ‘layar kecil’ itu bukan?

Baca juga: 5 Ciri Seseorang Lemah Mental, Segera Sadari!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)