5C, Life Skill Penting untuk Pemuda Indonesia. Capai Generasi Emas 2045!

5C, Life Skill Penting untuk Pemuda Indonesia. Capai Generasi Emas 2045!

Menjadi generasi emas Indonesia memerlukan beberapa skill untuk meraihnya | Sumber: Unsplash (S. H. Gue)

Seperti yang SohIB ketahui, Indonesia saat ini sedang menjadi tuan rumah bagi salah satu acara penting dunia, yakni Presidensi G20 Indonesia. Momentum bersejarah yang hanya ada 20 tahun sekali ini tentunya menjadi waktu yang baik di mana kita sebagai pihak penyelenggara bisa unjuk gigi memperkenalkan budaya, kearifan lokal, dan potensi negara yang dimiliki.

Tentu saja, kita pun akan mendapatkan beragam informasi penting yang berkaitan dengan ekonomi global dan potensi yang dihadapi nantinya.

Nah, acara G20 ini bukan hanya ‘pembicaraan’ antarkepala negara saja, lo! Peran pemuda dalam mengambil peran di berbagai isu dunia, seperti lingkungan dan ekonomi pun juga masuk dalam pembahasan. Terlebih lagi, di era yang serba digital saat ini, generasi milenial dan z terbukti mampu menghasilkan banyak karya bermanfaat sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Coba SohIB hitung, ada berapa banyak social movement, startup, hingga organisasi yang berdiri di tangan pemuda dalam membantu mengatasi masalah-masalah dunia? Ada puluhan, ratusan, bahkan ribuan!

Sesuai dengan tajuk Presidensi G20 Indonesia 2022, “Recover Together, Recover Stronger,” harapannya seluruh lintas generasi bisa saling bahu-membahu dan mendukung untuk pulih bersama, serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan! 

Dirilis pada siaran persnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyatakan bahwa sebagai penerus masa depan bangsa, pemuda-pemudi Indonesia diharapkan punya 5 keahlian penting ini dalam upaya menuju generasi Indonesia Emas 2045. Wow, apa saja, ya?

6 Soft Skills yang Wajib Dikuasai Sebelum Usia 30

1. Critical Thinking

Mampu berpikir kritis dan analitis membantu kita untuk bisa menjadi sumber daya yang unggul dan mampu bersaing di dunia profesi dan kreatif. Untuk menjawab permasalahan sosial di sekitar kita misalnya, perlu ada pemahaman konsep, yang kemudian berlanjut ke gagasan-gagasan segar agar dikembangkan.

Sebagai contoh, sampah plastik sudah menjadi problem lama yang terus-menerus mengganggu kehidupan laut dan sekitar. Padahal, plastik menjadi kemasan bagi hampir di semua lini (makanan, peralatan rumah tangga, atau minuman) dan memang tahan air dan tidak mudah rusak. Nah, dari sini banyak komunitas dan gerakan sosial yang kemudian ikut menyuarakan pengurangan penggunaan plastik dan menggantinya dengan yang mudah didaur ulang. Bahkan, saat ini SohIB mudah sekali menemukan plastik berbahan dasar singkong sebagai penggantinya, bukan?

2. Creativity and Innovation

Dua kata ini terdengar generasi muda banget nggak, sih? Yup, kreativitas dan inovasi seolah tidak bisa terpisahkan satu sama lain, dan kabar baiknya, didukung pula oleh banyak platform media sosial yang semakin berkembang.

Di keseharian kita, penerapan poin ini tentunya nggak sulit untuk ditemukan. SohIB tahu salah satu perusahaan ojek online pertama di Indonesia berlogo hijau yang kini sudah menjadi unicorn? Gojek didirikan oleh Nadiem Makarim saat usianya masih 25 tahun.

Ia mendapatkan inspirasinya ketika melihat betapa masih langkanya transportasi ojek dibandingkan dengan transportasi lainnya. Sulit didapatkan pula karena tidak semua titik lokasi punya pengkolan ojek atau punya nomor telepon khusus. Padahal, Nadiem muda sering memanfaatkan jasa mereka untuk pergi kerja setiap hari. Keresahan ini tumbuh menjadi inovasi, di mana kini kita bisa ikut merasakan mudahnya bepergian dalam kota, memesan makanan, hingga servis lainnya.

Analisis SWOT untuk Mengenali Diri Lebih Dekat

3. Communication Skill

sekumpulan mahasiswa sedang saling berdiskusi
Keterampilan berkomunikasi tidak hanya sekadar berbicara, tetapi juga mendengarkan | Sumber: Unsplash (Antenna)

Keahlian berkomunikasi menjadi bagian penting sebagai skill wajib yang dimiliki setiap orang. Kita semua pasti bisa berkomunikasi, tetapi hanya sebagian saja yang mungkin punya kualifikasi sebagai good communicator. Berapa banyak persoalan di tengah manusia terjadi hanya karena salah paham? Bisa jadi, hal tersebut disebabkan karena penyampaian pesan yang kurang jelas.

Communication skill bisa membantu kita untuk maju dan meningkat dalam bidang apa pun. SohIB dapat menjadi perantara yang baik antara dua pihak, menyampaikan pendapat demi kemajuan perusahaan, menyampaikan kendala-kendala yang terjadi, dan masih banyak lagi.

Itulah mengapa, kelas-kelas pelatihan berbicara masa kini hampir selalu penuh kursinya. Sebab, generasi muda makin memahami urgensinya dalam karier dan bisa berkontribusi terhadap lingkungannya. Bagaimana menurutmu?

4. Collaboration

Seseorang mungkin bisa sendiri untuk melakukan sesuatu. Namun, untuk memberikan dampak yang lebih besar, berkolaborasi akan menciptakan lebih banyak perubahan, pondasi yang lebih kokoh. Oleh sebab itu, bisa menjalin kerja sama dengan orang lain dan beradaptasi secara tim menjadi keahlian yang dibutuhkan oleh generasi emas masa kini dan mendatang.

5. Confidence

Ketika kita punya rasa percaya diri, keyakinan ini bisa tumbuh menjadi rasa gigih untuk mencapai sesuatu yang diharapkannya, setinggi mungkin. Semangat pemuda dan kebangkitannya memang menjadi tonggak harapan bagi bangsa Indonesia sejak lama. Banyak gerakan mahasiswa misalnya, yang mampu meruntuhkan kekuasaan yang meresahkan masyarakat.

Punya confidence akan membuat kita selalu termotivasi dan bertanggung jawab atas dirinya. Tentunya, percaya diri di sini bukan berarti over PD dan justru melakukan hal-hal yang kurang pantas lo, SohIB!

Seluruh kemampuan di atas dapat kita pupuk dari sekarang. Mulailah membiasakan diri dengan aktivitas yang nggak hanya menyenangkan, tetapi juga mampu menunjang keahlianmu, ya! Semoga, momentum G20 ini bisa menjadi semangat bagi SohIB semua dan siap menjadi generasi penerus yang gemilang.

7 Bentuk Investasi pada Diri Sendiri, Siap Jadi Pribadi yang Hebat dan Berdaya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)