5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO (Part II)

5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO (Part II)

Batik adalah salah satu World Heritage yang diakui oleh UNESCO | Sumber: Unsplash (Camille Bismonte)

Indonesia telah dikenal dunia sebagai negara yang memiliki kaya akan keberagaman budayanya. Bahkan, ada banyak sekali warisan Indonesia yang telah terdaftar resmi di The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization atau UNESCO, lo!

Setelah sebelumnya kita telah membahas berbagai situs di negara kita yang telah diakui dunia sebagai World Heritage, kali ini, kita akan kembali melanjutkan 5 warisan budaya Indonesia lainnya dari UNESCO. Apa saja hayo, kira-kira?

Baca juga: 5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

Angklung

Alat musik khas Sunda ini bersuara sangat merdu, lo, SohIB! Terbuat dari bambu dengan susunan tertentu, instrumen musik tradisional tersebut telah masuk dalam list UNESCO lebih dari 10 tahun yang lalu.

Cara memainkan angklung tidak sesulit yang kamu bayangkan, kok. Alat ini perlu kita goyang-goyangkan agar susunan bambunya saling berbenturan dan menghasilkan nada. Banyak wisatawan asing yang sangat tertarik mempelajari angklung, sehingga tak heran bila warisan budaya yang satu ini sangat populer di mancanegara. Apakah kamu sudah pernah memainkannya?

Tari Saman

Saat pembukaan Asian Games 2018, terdapat sebuah tarian dengan gerakan yang sangat cepat, tetapi tetap beraturan, kompak, dan indah. Banyak orang yang mengira performa tersebut adalah Tari Saman, padahal yang benar adalah Tarian Ratoh Jaroe.

Namun, sebenarnya Tari Saman sendiri memang memiliki kemiripan dengan ‘saudaranya’ ini, yakni dari segi kecepatan saat berpindah gerakan dan berasal dari satu daerah, Aceh.

Telah menjadi bagian dari World Heritage UNESCO sejak tahun 2011, kebudayaan ini biasanya ditampilkan oleh sekelompok laki-laki dengan jumlah ganjil di upacara keagamaan hingga perayaan kenegaraan. Mereka menggunakan gaya tepuk tangan dan serangkaian gerakan unik lainnya, seperti surang-saring, kirep, guncang, dan lingang.

Baca juga: 8 Pahlawan Indonesia yang Diabadikan dalam Uang Kertas, Siapa Saja?

Batik

Tentu saja, batik sangatlah ikonik bagi masyarakat Indonesia! Kain bercorak dengan makna tertentu tersebut telah resmi menjadi Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO sejak 2009 lalu, lo!

Saat ini, batik sudah banyak digunakan oleh berbagai usia (dulunya identik dengan pakaian perayaan formal atau orang yang lebih tua). Apalagi, perkembangan fashion terkini di kawula muda sangat pesat dan banyak batik yang dimodifikasi menjadi busana sehari-hari.

Di masa lampau, para wanita dari pulau Jawa menjadi pembuat batik sebagai mata pencaharian mereka. Terdapat banyak jenis kain bermotif ini berdasarkan corak, asal daerah, hingga tekniknya. Apa kamu bisa menyebutkannya satu persatu?

Gamelan

Jika SohIB sedang menyaksikan pertunjukkan wayang kulit atau upacara keraton, mungkin kamu akan disajikan alunan lagu Jawa yang dimainkan oleh beberapa orang secara kompak. Yang sedang mereka tabuhkan ini namanya gamelan, SohIB!

Gamelan adalah seperangkat alat musik yang terdiri dari bonang, gangsa, gong, gendang, dan saron yang dimainkan secara bersama-sama. Biasanya, instrumen ini akan disandingkan dengan sinden yang menyanyikan lagu daerah. Musik ensembel tersebut sudah resmi masuk ke UNESCO sejak tahun 2014. 

Keris

Ketika SohIB sedang mengenakan pakaian adat dari Jawa, biasanya kamu akan diberikan sebuah aksesoris berbentuk pedang dan tajam di ujung sisi (bisa seperti belati atau bergelombang) untuk disematkan di belakang punggung. Pusaka ini namanya adalah keris.

Keris adalah senjata tradisional dari Jawa yang sudah masuk World Heritage sejak tahun 2008. Beberapa daerah menganggap pisau tersebut sangatlah sakral, sehingga biasanya hanya digunakan pada acara tertentu dan diwariskan secara turun temurun ke generasi selanjutnya. Dahulu, warisan budaya itu dipakai sebagai alat pertahanan diri di jaman perang dan duel. Namun, saat ini pemanfaatannya hanya sebatas untuk simbolik dan aksesoris.

Baca juga: 5 Vaksin COVID-19 yang Paling Sering Digunakan di Indonesia, Apa Saja?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)