5 Penemuan Teknologi Paling Canggih, Keren Banget, Loh!

5 Penemuan Teknologi Paling Canggih, Keren Banget, Loh!

Seorang wanita menjalankan mesin | Unsplash(thisisengineering)

Inovasi teknologi terus berkembang setiap hari dan tidak pernah tertidur. Ilmuwan terus-menerus mencari ide dari setiap permasalahan yang muncul dan berakhir dengan penemuan teknologi baru.

Beberapa penemuan teknologi tersebut yang biasanya hanya ada di film-film Sci-Fi (Science Fiction) dan Imajinasi kita. Namun, kini telah muncul di depan mata! SohIB pasti penasaran apa saja penemuan teknologi yang telah menjadi kenyataan? Yuk, mari kita simak!

1. Kecerdasan Buatan yang Mampu Membuat Seni Abstrak

Ilustrasi seni abstrak | Unsplash(pawel_czerwinski)

Dalam sejarah umat manusia, pembuatan karya seni melibatkan intuisi dan kreativitas manusia untuk membuat sebuah karya. Akan tetapi, Kecerdasan buatan tidak mempunyai intuisi maupun kreativitas seperti manusia karena pada dasarnya kecerdasan buatan bekerja menggunakan logika dan beroperasi dengan perintah yang telah ditetapkan, tetapi bisa membuat karya seni? Sangat hebat bukan, SohIB!

2. Robot yang Mampu Berinteraksi Sosial dengan Manusia

Robot Sophia | Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Dulu kita selalu membayangkan bahwa suatu saat kita bakal berinteraksi langsung dengan robot yang mampu diajak berdiskusi seperti di film Sci-Fi. Hari ini, hal tersebut telah menjadi kenyataan karena dibuatnya robot bernama sophia yang mampu berinteraksi maupun meniru gerak tubuh manusia. Sophia diciptakan oleh Hanson robotics perusahaan yang berbasis di Hongkong. Pada oktober 2017, Sophia menjadi robot pertama yang mendapatkan kewarganegaraan Arab Saudi. Semoga Sophia bisa banyak menolong manusia pada masa yang akan datang!

3. Metaverse

Pria menggunakan Virtual Reality Headset | Unsplash(ukblacktech)

Apakah SohIB pernah menonton anime yang berjudul Sword Art Online (SAO)? Jika sudah, maka kamu tidak asing dengan yang namanya metaverse! karena anime buatan Jepang tersebut memuat cerita bagaimana bertahan hidup di dunia metaverse. Menurut CNBC, metaverse merupakan dunia virtual 3D yang dihuni oleh avatar dari pengguna sungguhan. Apabila SohIB berada di metaverse maka tidak perlu lagi berada pada ruang fisik yang sama dengan orang lain dan hanya perlu “login” ke dunia metaverse. Keberadaan metaverse ini telah banyak digunakan di berbagai aspek seperti sosial gaming virtual 3D maupun konser dengan artis favorite kita.

4. Komputer Kuantum

Penemuan teknologi komputer kuantum merupakan pengaplikasian dari teori kuantum. Di mana dahulu penulisan informasi komputer terbatas pada kode biner 1 dan 0 yang dikenal sebagai bits dan kini teknologi komputer kuantum memungkingkan 1 dan 0 dipakai bersamaan yang istilahnya disebut sebagai "qubits". Jadi apa bedanya, dong? Intinya pengaplikasian komputer kuantum dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sulit dan mustahil untuk dilakukan. Di mana jikalau kita menggunakan hanya komputer biasa untuk computing dengan data yang sangat banyak bisa menghabiskan waktu hingga 10.000 tahun maka dengan teknologi komputer kuantum dengan hitungan menit maka computing selesai.

5. Nanoteknologi

Ilustrasi nano | Sumber: Wallpaperaccess

Nanoteknologi merupakan bidang yang mempelajari bagaimana merekayasa sebuah material, struktur fungsional, maupun peranti dalam skala nanometer. Nanoteknologi digunakan di bidang kesehatan yang berguna untuk memperbaiki jaringan atau organ tubuh yang rusak yang nantinya disuntikan ke dalam tubuh. Teknologi ini pertama kali dikenalkan oleh Richard Feynman pada 29 Desember 1959 di California Institute of Technology.

Nah, itulah beberapa penemuan teknologi yang berkembang dewasa ini. Penemuan teknologi ini tentulah sangat berharga. Kemajuan teknologi ini bila dimanfaatkan dengan baik tentu akan mendatangkan manfaat yang besar bagi kehidupan umat manusia.