5 Peluang Pekerjaan untuk Sahabat Disabilitas

5 Peluang Pekerjaan untuk Sahabat Disabilitas

5 Peluang Pekerjaan untuk Sahabat Disabilitas

Setiap orang berhak memperoleh pekerjaan yang layak, termasuk bagi para penyandang disabilitas. Hal ini telah tertulis di dalam Pasal 5 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang berbunyi “Setiap tenaga kerja memiliki kesempatan yang sama tanpa diskriminasi untuk memperoleh pekerjaan”. Dalam Pasal 5 penjelasan diskriminasi tersebut berupa jenis kelamin, suku, ras, agama, dan aliran politik sesuai dengan minat dan kemampuan tenaga kerja yang bersangkutan, termasuk perlakuan yang sama terhadap para penyandang cacat. 

Para penyandang disabilitas atau difabel mungkin memiliki keterbatasan dalam sesuatu. Namun, hal tersebut bukanlah penghalang untuk para sahabat difabel sukses dalam dunia kerja. Terdapat berbagai macam jenis disabilitas, seperti penglihatan, pergerakan, pemikiran, pendengaran, mental, dan hubungan sosial.

Berikut lima pekerjaan yang cocok untuk sahabat disabilitas:

1.  Penulis

Penulis
Penulis (Sumber: tangselpos.id)

Bagi sahabat disabilitas yang mempunyai hobi menulis, kamu dapat menuangkan ide-ide mu ke dalam berbagai bentuk tulisan. Terdapat berbagai jenis tulisan yang dapat kamu tuangkan dan menghasilkan cuan, seperti menulis artikel/berita, novel, puisi, menulis buku akademik, dan sebagainya. Jika kamu memiliki ide seputar dunia sosial media, kamu juga dapat menuangkan ide kamu ke dalam bentuk konten atau yang biasa disebut dengan content writer. Selain terdapat beberapa perusahaan yang ramah disabilitas, kamu juga dapat memulainya dengan mengerjakan project freelance dari rumah. 

2.  Staff Admin

Staff Admin
Staff Admin (Sumber: jogjatraining.com)

Menjadi staff administrasi tidak memerlukan kriteria secara khusus. Lingkup pekerjaannya berupa mengorganisir dan memantau tugas administratif seperti menyusun dokumen, jadwal meeting, akomodasi kantor agar sesuai dengan tujuan perusahaan. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang membuka posisi staff admin untuk para penyandang disabilitas. Jadi, jangan khawatir ya.

3.  Desainer grafis

Designer Grafis
Designer Grafis (Sumber: cnnindonesia.com)

Siapa yang berlimpah ide kreatif dan senang untuk memvisualkannya? Yap, pekerjaan sebagai desainer grafis menjadi salah satu pekerjaan yang ramah disabilitas. Berbagai perusahaan, organisasi mengandalkan desainer grafis untuk merancang, memformat, dan mengembangkan materi. Seorang desainer bekerja dengan berbagai aplikasi perangkat lunak kreatif, bisa bekerja secara individu maupun tim. 

4.  Atlet

Atlet Disabilitas
Atlet Disabilitas (Sumber: liputan6.com)

Bagi kamu yang senang menggeluti bidang olahraga, atlet bisa menjadi pilihan profesimu di masa depan. Dengan memfokuskan diri pada satu tujuan kamu dapat menjadi atlet profesional. Terdapat berbagai bidang olahraga yang dapat kamu geluti, seperti olahraga lari, renang, panah, bulu tangkis, dan sebagainya. Saat ini, Indonesia telah memiliki banyak atlet disabilitas yang menjuarai berbagai perlombaan dalam skala yang besar. Jadi, tentu saja ada kesempatan bagi kamu juga!

5.  Bidang Musik

Putri Ariani, Penyanyi Disabilitas (Sumber: jiwamudaindo.com)

Putri Ariani, Penyanyi Disabilitas
Putri Ariani, Penyanyi Disabilitas (Sumber: jiwamudaindo.com)

Berkarir dalam bidang musik juga merupakan salah satu pilihan jenjang karir yang dapat dipilih sahabat disabilitas, lho! Jika sahabat disabilitas memiliki minat dan bakat dalam bidang musik, kamu dapat mencoba memulai karir sebagai seorang penyanyi atau pemain alat musik. Putri Ariani merupakan seorang penyandang disabilitas yang berhasil meraih juara satu dalam kompetisi American Got Talent tahun 2014.

Itulah kelima pekerjaan yang cocok bagi para penyandang disabilitas. Kemudian, banyaknya perusahaan yang membuka akses bagi para penyandang disabilitas dan era teknologi yang cepat menjadi salah satu kesempatan yang dapat digunakan untuk para sahabat disabilitas meraih kesuksesan. Tetap semangat dan terus berjuang, ya SohIB!

Mari berkontribusi bagi Indonesia dan sebarkan berita positif bagi sesama. Ayo jadi bagian dalam gerakan Indonesia Baik dengan bergabung bersama Komunitas Sobat Hebat Indonesia Baik (SohIB) di sini. Ikuti juga Instagram @Indonesiabaik.id dan @id_sohib untuk informasi lengkap lainnya.