5 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Kita, Nomor 3 Belum Banyak yang Tahu

5 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Kita, Nomor 3 Belum Banyak yang Tahu

Manfaat vitamin C yang sangat banyak | Sumber: Unsplash (engin akyurt)

Sudahkah SohIB rajin mengkonsumsi vitamin C? Tergolong sebagai vitamin anti oksidan, asam askorbat ini sudah lama dikenal memiliki manfaat sebagai penangkal radiasi dan anti flu. Vitamin C adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh manusia karena tubuh kita tidak dapat memproduksi zat ini sendiri. Buah-buahan yang mengandung vitamin C antara lain yaitu jeruk, lemon, pepaya, cabai, kiwi, dan stroberi. Yang mana nih, favorit kamu?

Nah SohIB, tahukah kamu, bahwa kekurangan vitamin C bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti mudah sakit, mimisan, permukaan kulit yang kasar, hingga gusi berdarah? Berikut ini adalah rangkaian kebaikan dari asam askorbat alias vitamin C selain memperkuat sistem kekebalan tubuh. Yuk, kita simak bersama!

Baca juga: 3 Langkah Pertama Hidup Hemat dengan Smart

Tingkatkan Fungsi Otak dengan Vitamin C!

Melansir dari laman Alodokter, vitamin diperlukan otak agar dapat berkembang sempurna dan berfungsi dengan baik. Dengan sifat antioksidannya, zat ini bisa membantu kita agar terhindar dari penyakit alzheimer.

Bagi SohIB yang sedang dalam masa sekolah, jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin C karena bermanfaat untuk meningkatkan daya konsentrasi dan kemampuan kognitif kita.

Terhindari dari Resiko Asma

Penyakit asma ini menyerang paru-paru dan membuat pengidapnya merasakan nyeri dada, batuk-batuk, dan kesulitan bernapas karena penyempitan di saluran pernapasan. Karena memiliki sensitivitas lebih bila kita bandingkan dengan orang tanpa asma, otot-otot saluran pernapasan penderitanya dapat menjadi kaku dan menyempit bila terpicu oleh zat tertentu.

Oiya, vitamin C memiliki peran yang baik untuk mengurangi resiko sakit pada pernapasan seperti asma, lo! Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan Nutrients, zat ini mampu meningkatkan fungsi paru-paru, mengurangi kerusakan jaringan di paru-paru, dan mengurangi stres oksidatif.

Merangsang Sintesis Kolagen

https://unsplash.com/photos/EZWTMjwAWls Photo by Kayla Maurais on Unsplash
Keajaiban vitamin C yang sangat baik untuk tubuh | Sumber: Unsplash (Kayla Maurais)

Fungsi yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Apabila membaca kata kolagen, apa yang SohIB pikiran? Eits.. tak hanya sekedar membuat kita awet muda dan lebih cantik, kolagen adalah protein yang memiliki peranan penting pada rambut, kuku, jaringan ikat organ dalam, hingga proses penyembuhan luka, lo!

Vitamin C sendiri mampu meningkatkan produksi kolagen pada tubuh. Itu sebabnya, apabila kita terkena flek hitam akibat sinar matahari yang berlebihan, seseorang dapat menggunakan skincare yang mengandung asam askorbat ini. Tak hanya itu saja, vitamin C memberikan efek mencerahkan pada kulit kita. Tertarik mencoba?

Melawan Kanker

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa vitamin ini mampu membantu mengatasi mual akibat kemoterapi dan membuat pengobatan radiasi menjadi lebih efektif. Dalam riset kesehatan lainnya, vitamin C dapat melawan kanker apabila diberikan dalam dosis yang tinggi dan untuk jenis dan tahap kanker tertentu.

Baca juga: SohIB Berkelas: Content Writing 101: Melakukan Riset dan Membuat Konten Berdasarkan Tren

Vitamin C Bisa Untuk Kebutuhan Diet, lo!

Asam askorbat berhubungan dengan diet, kok bisa? Yap, mengutip dari klikdokter, sebuah studi tahun 2007 dalam The Journal of Nutrition, American Society for Nutrition menemukan fakta bahwa seseorang dengan berat badan berlebih, biasanya memiliki kadar vitamin C yang rendah.

Rupanya, zat ini menjadi elemen penting untuk pembakaran lemak. Saat tubuh sedang berolahraga atau aktivitas fisik lainnya, lemak yang dibakar bisa mencapai 30% lebih banyak dibandingkan mereka yang kekurangan vitamin C. Sedangkan bagi perokok, mereka akan membutuhkan lebih banyak lagi asupan gizi vitamin C karena telah kehilangan banyak zat tersebut akibat kebiasaan buruk ini.

Mengonsumsi vitamin memanglah baik untuk kesehatan kita. Akan tetapi, jangan sampai berlebihan, ya, SohIB! Utamakan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi yang kaya nutrisi, sehingga kebutuhan tubuhmu tetap tercukupi.

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget SohIB baca. So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)