Keunikan Indonesia yang Negara Lain Jarang Miliki

Keunikan Indonesia yang Negara Lain Jarang Miliki

Bendera Indonesia berkibar di tengah langit biru | Sumber: Unsplash (Zoraya Project)

Negara Indonesia secara geografis terdiri dari ribuan pulau dan terletak di dua benua, yakni Asia dan Australia. Diapit oleh Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, Nusantara memiliki ragam budaya dan bahasa yang unik. Tak hanya itu saja, salah satu negara kita juga termasuk memiliki populasi terpadat di dunia, lo!

Masih banyak lagi fakta tentang betapa spesial Indonesia dan banyaknya potensi yang dipunyainya. Yuk, menjelang ulang tahun Tanah Air tercinta, mari kita membahas apa saja sih, keunikan Indonesia yang di negara lain jarang miliki? Check di sini, dong!

Baca juga: 5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

  1. Sudah bukan rahasia lagi bahwa kita memiliki ragam bahasa lokal setelah bahasa nasional kita, yakni bahasa Indonesia. Nah, tahukah kamu bahwa kita  memiliki 710 bahasa yang menjadikannya sebagai yang terbanyak di dunia nomor dua setelah Papua Nugini. Ada yang bisa menyebutkan satu persatu?
  2. Indonesia memiliki populasi penduduk beragama Islam terpadat di dunia, yakni sekitar 84%. 
  3. Rendang, nasi goreng, tempe, dan lumpia masuk dalam daftar makanan terlezat dunia oleh The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).
  4. Orang Indonesia sangat suka kerokan dan mengenal istilah sakit karena ‘masuk angin’.
  5. Tidak akan kenyang rasanya apabila makan tanpa nasi.
  6. Negara kita memiliki street food yang bervariasi dan dari bahan-bahan yang minim. Sebagai contoh, tepung kanji bisa digunakan sebagai bahan dasar makanan cilok, cireng, cilor, dan cimol.
  7. Presiden B.J Habibie yang merupakan presiden ke-3 Republik Indonesia, memegang 46 paten di bidang penerbangan dan aeronautika. Ia adalah ilmuwan jenius yang menjadi pelopor pembuat pesawat di negara kita yang diberi nama Prototipe N250 Gatotkaca.
  8. PT. Sritex Tekstil Solo menjadi produsen pakaian militer terkemuka yang berkualitas dan sudah diekspor ke mancanegara, misalnya, Austria, Inggris, Jerman, Singapura, Australia, Belanda, dan masih banyak lagi.
  9. Indonesia menyimpan flora dan fauna langka di dunia, yakni komodo, burung  Cendrawasih, badak bercula satu, elang jawa, Rafflesia Arnoldi, bunga Edelweiss, buah carica, dan cempedak.
  10. Indonesia memiliki 400 gunung berapi dan banyak di antaranya yang masih aktif hingga sekarang.
  11. Tsunami dari letusan Gunung Krakatau (1883) dan tsunami di Aceh (2004) menjadi 10 bencana alam tsunami terdahsyat di dunia.
  12. Negara kita memiliki lebih dari 700 suku asli beserta dengan bahasa daerahnya masing-masing.
  13. Indonesia menyumbang oksigen yang sangat besar bagi bumi karena mempunyai hutan hujan tropis terbesar nomor tiga di dunia dan tentu saja di Asia.
  14. Perancang menara Kuala Lumpur yang merupakan menara tertinggi ke-6 dunia berasal dari ITB dan warga negara kita, yaitu, Ir. Achmad Moerdijat.
  15. Disebut-sebut sebagai pulau Atlantis yang hilang.
  16. Punya tambang emas terbesar, kini sedang dikelola oleh PT Freeport.
  17. Polygon, Indomie, Tolak Angin, dan Silver Queen adalah sederet brand lokal yang sudah mendunia dan sering dikira berasal dari negara luar.
  18. Sejak pertama kalinya kejuaraan Thomas Cup diselenggarakan di tahun 1948, Indonesia memboyong medali terbanyak hingga kini, yakni berjumlah 14 gelar juara.
  19. Pancasila diapresiasi dunia sebagai ideologi negara terbaik.
  20. Indonesia menduduki peringkat lima sebagai negara dengan startup terbanyak, yakni sekitar 2.324 perusahaan rintisan.

Baca juga: 5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO (Part II)

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)