3 Kata Terpanjang di Bahasa Indonesia, Panjang Banget!

3 Kata Terpanjang di Bahasa Indonesia, Panjang Banget!

Kata terpanjang di bahasa indonesia, ada yang bisa membaca dengan cepat? | Sumber: Unsplash (Sven Brandsma)

Tahukah kamu, ternyata bahasa Indonesia memiliki kata terpanjangnya, lo! Nggak kaleng-kaleng, melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata tersebut bahkan memiliki lebih dari 20 huruf. Ada yang berani membaca dalam satu tarikan napas?

3 Kata Terpanjang di Kamus Bahasa Indonesia

kata terpanjang di indonesia
3 Kata terpanjang dalam sejarah bahasa Indonesia, panjang banget, ya? | Sumber: Indonesiabaik.id

1. Heksakosioiheksekontaheksafobia

Heksakosioiheksekontaheksafobia adalah sejenis ketakutan berlebih pada angka 666. Hal ini berhubungan dengan sebuah kepercayaan bahwa angka kembar tiga tersebut merupakan angka setan yang harus dihindari. Kamu mungkin sudah pernah melihat tayangan horor yang mengaitkan cerita misterinya dengan 666 ini, bukan?

By the way, kata yang super panjang ini adalah gabungan dari bahasa Yunani, bahasa Latin, dan bahasa kuno. Lebih jelasnya lagi, hexakosioi mempunyai arti 600, kemudian hexekonta adalah 60, dan hexa itu 6. Sehingga, jika dijumlahkan menjadi 666 dan Heksakosioiheksekontaheksafobia menjadi sebutannya.

Oiya, kata pertama ini memiliki jumlah huruf sebanyak 31. Hayoo, SohIB bisa melafalkannya dalam tempo yang cepat tidak?

Baca juga: 5 Sisi Positif dari Karakter Wednesday Addams, Si Gadis Aneh dari Serial Netflix “Wednesday”

2. Mempertanggungjawabkan

Kalau kata yang satu ini, tentu kita sudah akrab mendengarnya, ya? Mempertanggungjawabkan menurut KBBI adalah memberikan jawab dan menanggung segala akibatnya (jika ada kesalahan).

Memiliki jumlah 22 huruf, kata tersebut sering dipakai untuk surat perjanjian atau yang berkaitan dengan hukum. Waduh, kesannya jadi berat dan formal sekali, nih!

3. Paraskavedekatriafobia

Satu lagi kata terpanjang di Indonesia dan uniknya, masih berkaitan dengan fobia. Paraskavedekatriafobia bermakna ketakutan berlebih pada hari Jumat tanggal 13.

Bila SohIB ada yang tidak tahu, Friday 13th berkenaan dengan kepercayaan di beberapa negara一Amerika Serikat, Inggris, dan Spanyol一yang menganggap hari tersebut adalah hari sial dan mengandung hal yang tidak baik. Oleh sebab itu, tak jarang pula banyak cerita menyeramkan yang mengangkat tema tentang Jumat tanggal 13 tersebut. Untung saja, jumlah hurufnya ‘hanya’ 20 ya, bukan 13. Kalau iya, bakal makin menyeramkan nggak, sih?

3 Kata Terpanjang di Dunia

scrubble words
Ada kata terpanjang di dunia yang sudah memecahkan rekor saking panjangnya, lo! | Sumber: Unsplash (Glen Carrie)

Selain tiga poin yang sudah kita bahas di atas, masih banyak lo, kosakata lain di dunia yang juga memiliki huruf yang sangat panjang! Bahkan, jauh lebih panjang dari yang bahasa Indonesia. Apa saja?

Baca juga: 4 Negara yang Punya Kebiasaan Kerja Unik

1. Taumata whakatangi hangakoauau o tamatea turi pukakapiki maunga horo nuku pokai whenua kitanatahu

Wait, masa ini juga sebuah kata? Yes, kamu sedang nggak salah baca! Taumata whakatangi hangakoauau o tamatea turi pukakapiki maunga horo nuku pokai whenua kitanatahu adalah nama sebuah bukit di dekat Porangahau, di Selandia Baru. Penduduk setempat biasa menyingkat nama tempat yang indah tersebut menjadi Taumata saja agar lebih mudah diucapkan.

Terdiri dari 85 huruf, Taumata berasal dari bahasa Maori. Melansir dari New Zealand,  kata sepanjang itu apabila diterjemahkan kira-kira seperti ini, “Tempat Tamatea, pria yang berlutut besar, yang meluncur, memanjat, dan menelan gunung, yang dikenal sebagai ‘pemakan tanah’, ia memainkan serulingnya kepada orang yang dicintainya.”

Konon, Tamatea adalah seorang kepala suku dan pejuang yang terkenal. Suatu ketika, ia harus berhadapan dengan suku lain ketika sedang melakukan perjalanan ke Porangahau. Pertempuran tersebut menewaskan saudara laki-laki yang sangat disayangi Tamatea.

Oleh karena kedukaan yang mendalam, ia memutuskan untuk tinggal beberapa hari di lokasi peperangan. Setiap pagi, Tamatea akan pergi ke bukit dan memainkan serulingnya dengan ratapan sedih. 

Oiya, Taumata whakatangi hangakoauau o tamatea turi pukakapiki maunga horo nuku pokai whenua kitanatahu masuk ke dalam Guinness World Records sebagai nama tempat terpanjang di dunia. Ada yang tertarik berkunjung ke sana?

2. Aequeosalinocalcalinoceraceoaluminosocupreovitriolic

Duh, apalagi, nih?

Kata yang super rumit ini diciptakan oleh Edward Strother, di mana menggambarkan sebuah tempat pemandian indah khas Romawi Kuno di Kota Bath, Inggris.

Aequeosalinocalcalinoceraceoaluminosocupreovitriolic adalah kombinasi dari beberapa kata, yakni aqua untuk air, aequeo adalah seimbang, salino–garam, calcalino–kapur, kalsium, ceraceo–lilin, alumino–aluminium, cupreo–tembaga, dan vitriolic yang artinya sedikit asam atau lebih longgar. Berapa banyak huruf yang terkandung di dalamya? Jangan kaget, ya, sebab satu kata ini saja memiliki panjang hingga 52 huruf.

3. Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis

Kata terpanjang terakhir adalah pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis, sebuah penyakit paru-paru yang disebabkan karena hirupan debu silika yang biasanya ditemukan di area gunung berapi. Debu-debu tersebut sangatlah halus dan ketika menempel pada organ vital tersebut, bisa menyebabkan peradangan–mana ketika kita sedang mengeluarkan udara, darah juga ikut masuk ke rongga paru-paru.

SohIB yang tinggal di daerah dekat dengan gunung api yang masih aktif, harus berhati-hati, ya!

Berapa panjang huruf dari pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis? Yup, panjangnya mencapai 45 huruf, guys! Apakah kamu bisa mengejanya pelan-pelan?

So, itulah tadi 3 nama terpanjang di bahasa Indonesia dan juga 3 nama terpanjang di dunia. Bagaimana menurutmu, apakah masih ada yang lebih panjang?

Baca juga: Jumlah Provinsi Indonesia Terus Bertambah, Apa Tujuannya?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)